Clone Harddisk dengan XXClone

Hai hai.ketemu lagi nih. Jangan bosen-bosen ya baca Go….!!!! BLOG :D

Pernahkah anda harus menginstal OS (Mindows) di banyak komputer ? Misalkan anda adalah teknisi warnet baru dengan harddisk-harddisk yang masih kosong dan anda harus menginstal Mindows di setiap komputer. Atau buat anda pengguna perorangan yang pingin punya back up data dan OS-nya di harddisk lain.

Cara pertama yang biasa dilakukan tentu saja boot lewat CD (original) Mindows lalu instalasi dilakukan satu persatu. Kalau komputernya ada banyak ? Waktu yang dibutuhkan untuk instalasi Mindows di satu komputer saja ± 40 menit (spesifikasi P4+256 MB memory) belum ditambah dengan software pendukung.

Cara kedua yang paling efektif dan efisien adalah meng-klon tiap harddisk dari harddisk yang sudah terinstal Mindows lengkap dengan software pendukungnya. Dengan cara ini harddisk “tujuan” akan menduplikasi harddisk “asal” dengan rasio 1:1 atau persis sama dengan aslinya.

Software buat kloning-kloningan ada banyak. Mulai dari yang kudu beli seperti Norton Ghost sampai yang gratisan..seperti XXClone yang akan kita bahas berikut ini :

XXClone : Kelebihan dari XXClone ini adalah dapat menduplikasi harddisk saat Mindows sedang dijalankan. Kebanyakan software lain nggak bisa menduplikasi harddisk saat OS yang ingin di-duplikasi sedang dijalankan, karena ada beberapa file yang nggak bisa dicopy. Misalnya pagefile.sys, atau file-file sistem-nya Mindows. Saya sendiri sudah coba berbagai software kloning tapi hanya XXClone yang mampu memenuhi hasrat membara saya…..wih !

Donlot dulu XXClone versi personal 0.58 dari  situsnya lalu unpack dan instal seperti biasa (next-next..bla-bla..)

Pasang harddisk sumber yang sudah terinstal XXClone di Primary Master IDE, sedangkan harddisk tujuan di Secondary Master IDE, harddisk SATA juga bisa kok ! tinggal pasang di port SATA masing-masing.

Perhatian : Ingat dan perhatikan mana harddisk sumber dan tujuan anda. Jangan terbalik yaw !

Jalankan XXClone :

XXCLone Main Window

CONTOH DIBAWAH UNTUK KASUS DUPLIKASI HARDDISK DENGAN MINDOWS 2000/XP

Pemakaian XXClone ini gampang banget. Tinggal pilih mana Source Volume (harddisk sumber), kalau harddisk sumber dipasang di Primary IDE atau SATA 0/1 biasanya ditampilkan [d:0,p:1] file system [SYS] : artinya harddisk sumber ada di Disk 0, partisi 1, file system-nya apa dan [SYS] berarti harddisk sumber sedang dijalankan atau ada Mindowsnya.

Target Volume harus dipilih yang punya entri [d:1,p:1]. Artinya harddisk tujuan ada di Disk 1, partisi 1.

Awas jangan salah nih ! Kalo harddisk sumber anda punya dua partisi (seperti gambar diatas), jangan pilih Target Volume [d:0,p:2], karena XXClone akan menduplikasi isi partisi 1 ke partisi 2, alias kesitu-situ juga dan data di partisi 2 anda akan hilang !.

Kalau nggak yakin dalam pemilihan Source dan Target Volume ini klik aja tombol Diskmgmt yang akan membuka DIsk Management Windows. Atau klik kanan di My Computer lalu pilih Manage-Disk Management. lihat harddisk sumber dan harddisk tujuan anda. Perhatikan pula drive letter nya. Harddisk sumber selalu punya drive letter [C:]

XXClone Advanced Settings

Coba klik juga tab Advanced Settings. Disitu ada beberapa pilihan. Bisa dicoba centang pilihan Use the alternative wallpaper on Target Desktop. Pilihan ini akan menggantikan wallpaper di desktop harddisk tujuan dengan wallpaper bawaan XXClone. Biasanya wallpaper dari harddisk sumber suka nggak kebawa atau path-nya berubah sehingga nggak tampil.

XXClone Cool Tools Tab

Di Tab Cool Tools juga tersedia beberapa tools yang cool, yaitu :

1. Make Bootable : Jika telah selesai menduplikasi harddisk tujuan nggak bisa booting klik saja tombol Make Bootable ini. tapi biasanya XXClone selalu bisa membuat duplikasi harddisk yang persis sama sehingga harddisk tujuan bisa dipake booting sendiri.

2. Duplicate Vol ID : Volume ID (serial number) dari harddisk sumber akan diduplikasi ke tujuan.

3. Add Test Boot : Memodifikasi file Boot.ini di harddisk sumber (untuk mencoba harddisk tujuan)

4. Make QBD : Membuat disket boot

5. Make Batch File : Menyimpan konfigurasi setting XXClone di file batch

6. Restore Points : Sama dengan System Restore di Mindows. Nggak usah dipakai deh.

Kalo semua sudah siap klik tombol START. Lebih baik semua program di background dimatikan dulu seperti antivirus, dan semua aplikasi/service yang nongol di systray.

Selanjutnya ? Saya nggak punya skrinsut lagi nih ! soale sedang nggak perlu kloning-kloning..hehehe..Tapi proses selanjutnya standar aja kok. Ikuti aja dialog box yang muncul.

Setelah selesai matikan komputer, pasang harddisk tujuan ke tempatnya. Booting dan beres !. Pertama kali booting ada window XXClone yang muncul memberitahukan bahwa proses duplikasi selesai.

Berarti nggak sesuai sama EULA-nya Mindows dong ?! satu Mindows koq di duplikasi kemana-mana ?

Cheers ^^

113 Responses

  1. Thanks mas untuk panduannya.
    Kebetulan habis ngedwnload software ini.
    Sudah pernah dipakai buat Clone Linux belum mas.
    Kira-kira bisa nggak ya ?
    Hardisk Linuxnya di pasang di Windows yang ada XXClonennya. Kebetulan punya server Linux juga kalau ada apa-apa biar gampang ada backupnya.
    Thanks

  2. Menurut websitenya ( http://www.xxclone.com) sih nggak bisa y :(
    Hanya bisa untuk Mindows.. cmiiw

  3. Emang bisa buat semua PC yach bro,,,,,,, :)

  4. IBM PC dengan OS Windows tepatnya :D

  5. belum lama saya coba pake backup pke “xxclone”, saya coba ikutin dari tabloid pcplus, namun aneh ternyata drive saya yang D kok semua foldernya pd hilang..dan anehnya folder yg di drive C sama dengan yang didrive D…mohon solusinya apa ada yang salah dengan cara backup saya..lantas solusinya gimana agar seluruh folder saya yang di D, bisa balik semua..
    apakah partisi D saya datanya hilang semua, klo iya gimana cara balikinnya…mohon bantuaanya…bingung banget nihh..

  6. Mr G dan semua :
    Dimohon membaca manual dan petunjuk singkat di Blog ini mengenai penggunaan XXClone. Jangan lupa lihat ke Disk Management dulu sebelum memulai proses klone. Pastikan Source Drive sudah betul (misalkan sumbernya ada di C: ) dan target drivenya sudah betul (misalkan tujuannya ada di harddisk ke dua berarti di D1:P1) dan seterusnya.
    Hati-hati….

  7. mas gmn carax pasang hardisk yang mau dikloning krn aq pkai sata kok g terbaca, pa mungkin aqx yang salah pasang hardisk ya…?tolong lbh rincix mas, maklum aq masih bru dalam hal ini, thankz be4

  8. To Twoto:
    Kalau SATA tinggal colok harddisk ke masing-masing port SATA di mainboard. Nggak ada pindah2 jumper kayak di hardisk IDE.
    Kalo belum terdeteksi coba ke Disk Management. Klik kanan di My computer-Manage-Disk management.
    Jika harddisk ke dua terdeteksi kemungkinannya belum terformat atau dipartisi. Klik kanan di harddisk yang baru maka akan ada pilihan FORMAT atau Create.
    Jika harddisknya baru beli biasanya utiliti Disk Management Windows nggak akan bisa mempartisi hardisk tersebut. Instal program EaseUs Partition Manager : http://www.snapfiles.com/download/dleaseuspartitionman.html untuk memformat dan membuat partisi yang baru di hardisk tersebut.
    Setelah hardisk diformat biasanya akan dikenali di XXClone.
    HATI-HATI dengan operasi Partisi dan format. Jangan salah mengoperasi harddisk. Salah-salah nanti harddisk yang lama yang keformat :D ..alon-alon maas/…

  9. ikut berkunjung ah.
    makasih banyak mas tutorialnya.
    mau coba ah :d

  10. silakan ^^ hati-hati pemilihan drive TARGET dan SOURCE-nya ya.. Jangan tertukar atau salah !!!

  11. gimana caranya biar EULA-nya bisa di ganti sesuai cd masing2 yang original.
    soalnya aq pake original semua

  12. Maksudnya EULA itu product key (serial number) kan?
    Bisa coba lihat artikel saya di :

    http://esetiawan.wordpress.com/2008/12/24/ganti-serial-number-xp-dengan-rockxp/

    Saya sendiri sudah coba namun belum berhasil. Mungkin saya terlewat sesuatu. Silakan dicoba lo softwarenya !

  13. Mas maaf mau tanya,,
    Masalahnya gini mas,aku coba ghost HD SATA to SATA yang kosong 6 PC berhasil,cuman 6 PC lagi sudah ada systemnya cuman sdh kemasukkan berbagai macam virus,yang 6 itu aku coba ghost lagi dengan format patisi to pastisi.anehnya hasilnya jadi kebalik antara source dan tujuan,padahal sebelumnya sdh di posisikan dengan benar.
    Pertanyaannya
    1.Bagaimana ngeghost ke HD yang sudah ada systemnya ( SATA)
    2.Bagaimana ngeghost dari sata ke IDE
    Tolong di jawab ke email aku ya mas,,,sebelumnya thanks banget,,banget,,banget,,,

  14. ^^ Sudah dijawab via e-mail

  15. Mas saya uda coba ikutin langkah2nya..tapi pas saya booting dengan HD yang sudah diclone koq ga bisa masuk windows yah??please…rolong dijawab via email q yah mas..Thanks a lot

  16. ^^Mikel Sudah dijawab via e-mail

  17. kalau saya mau buat file gho (1 hardisk) saat windows jalan dengan xxclone bisa ga. misalnya file gho disimpan di hardisk external dan proses backup dijalankan dengan sistem operasi online. klau ga bsa adakah software lain yang bisa… thx b4..

  18. o sepengetahuan saya ndak bisa. file .gho miliknya Norton Ghost. Jadi coba pakai Norton Ghost for Windows ^^

  19. pernah nyoba xxclone pro edition ga. klo mau backup system jadi 1 file (semacam gho file) kira2 bisa ga.karena klo bentuknya file bisa dibawa dan disimpan kmn2. selain norton ghost ada lagi program yg bisa backup sistem menjadi 1 file. thx b4..

  20. aku belum pernah bos.. :D Jadi PR buat aku aja ya bos..segera tak turunin artikelnya

  21. pernah ngak cloning system di notebook , gimana caranya solanya khan ngak ada slave masternya, aku masuk usb to deteck hardisk , berhasil tapi system tidak masuk gimana solusinya ya…

  22. hmm….saya belum pernah coba sih, tapi sepertinya pakai harddisk USB bisa juga tuh. Jadi source-nya di harddisk USB dan targetnya hardisk notebook, atau sebaliknya. Jangan lupa dilihat di Disk Management untuk target dan sourcenya. Itu juga kalau XXClone mengenali hardisknya.
    Jika system tidak bisa masuk jangan lupa pakai fitur Make Bootable di Xxclone ^^ cmiim…

  23. Mas saya uda coba ikutin langkah2nya..tapi pas saya booting dengan HD yang sudah diclone koq ga bisa masuk windows yah??please…rolong dijawab via email q yah mas..Thanks a lot
    jawabanya boleh lewat email, tapi langsung juga boleh kok mas

    wasalm

  24. mas saya sdh coba dan alhamdulillah sdh bisa, tapi apakah bisa di pake jika motherboardnya beda ya,..?

  25. Sepanjang chipsetnya sama nggak terlalu jadi masalah. Kalau sama sekali berbeda si XP akan bluescreen terus. Repair aja menggunakan CD Windows-nya.

  26. Boss Kalo Clone Di Hardisk yg di Partisi Gimana….?? Wa Dah Coba Kok Gak bisa Mohon pencarahan…!! Thk.

  27. Bisa aja. Misalkan harddisk sumber (SOURCE) ada di harddisk 0 [d0:p1] trus hardisk tujuan juga ada dua partisi atau lebih, taruh TARGET ke [d1:p1]. Hati-hati jgan salah atau terbalik yaw :p

  28. Bisa aja. Misalkan harddisk sumber (SOURCE) ada di harddisk 0 [d0:p1] trus hardisk tujuan juga ada dua partisi atau lebih, taruh TARGET ke [d1:p1]. Hati-hati jgan salah atau terbalik yaw :p oke

  29. broo….esetiawan….boleh tanya gak ya?

    gini bro masalah saya setiap saya mau format computer saya..
    kok setiap di format pasti tebalek ya? C jadi D/ D jadi C
    nah solutionya gmna ya bro? thx be4
    saya pusing nie data gw penting bngt……..

  30. 2 Hendy :
    hmm…berarti ini diluar penggunaan XXClone yah. Bisa dilihat di Disk Management (klik kanan my computer-Manage-Disk Management)
    1. coba dilepas dulu harddisk dan optical drive yang tidak diperlukan (bila ada), jadi hanya tersisa satu harddisk yang bermasalah, dan backup data yang penting.

    2. Hapus semua partisi dari harddisk, dan buat partisi kembali. Jangan lupa untuk partisi pertama adalah PRIMARY Partition, dan partisi yang kedua adalah Extended Partition-Logical Drive. Format kedua partisi.

    3. Dengan cara diatas Primary Partition akan diberi label C, dan Extended Partition akan diberi label D, bila ada harddisk kedua maka otomatis akan dilabeli E dan F (bila ada dua partisi) dan Optical drive akan dilabeli drive G.

    TAPI apabila ada dua harddisk dan masing masing mempunyai PRIMARY partition, maka pengurutan drive letter akan menjadi :
    – C:\ (partisi PRIMARY harddisk pertama)
    – D:\ (partisi PRIMARY harddisk KEDUA)
    – E:\ (partisi Secondary harddisk pertama)
    – F:\ (partisi secondary harddik KEDUA)

    Mungkin permasalahan bro Hendy adalah seperti diatas, jadi ada dua harddisk dengan primary partition. Supaya lebih yakin silakan lihat Disk Management dan perhatikan harddisk pertama dilabeli huruf apa dan seterusnya,
    Terima kasih semoga membantu ^^

  31. Mas.. mau tanya…xxclone itu clonning keseluruhan file yang ada di harddisk seperti data data kita yang ada di folder / folder dan aplikasi yg kita install + os atau hanya mengclone os windowsnya aja?? mohon penjelasannya… bisa lewat email

  32. Mas.. mau tanya…xx clone itu clonning keseluruhan file yang ada di harddisk seperti data data kita yang ada di folder / folder dan aplikasi yg kita install + os atau hanya mengclone os windowsnya aja?? mohon penjelasannya… bisa lewat email

  33. ^ sudah dijawab lewat e-mail

  34. mas Setiawan terima kasih atas sharing ilmunya, semoga barokah dan mendapat pahala yg besar.
    Btw, di warnet tempat saya kerja pake zmartbilling, saya coba mengclone HD yg ada zmartbilling ini, HD bisa booting dikomputer tapi tidak bisa terbaca server. Kenapa ya mas? Adakah cara utk mengatasinya supaya terkoneksi ke server? Terima kasih bantuannya.

    Andy, Sorong Papua.

    • Terima kasih atas doanya bung Andy ^^
      Memang ada beberapa software yang tidak bisa jalan pada HD kloningan, misalnya software virtualisasi seperti DeepFreeze atau Returnil Virtual System.
      Ada beberapa cara supaya Zbilling bisa jalan :
      1. Instal ulang software Zbillingnya
      2. Periksa di firewall apakah Zbilling sudah mendapat “lampu hijau” untuk beroperasi.

      3. Apakah zbilling clientnya bisa dijalankan atau tidak bisa jalan sama sekali?
      4. Apakah IP address/setup jaringan sudah dikonfigurasi ulang untuk setiap client? ^^
      5. Jika Zbiiling bisa dijalankan tapi tidak terdeteksi di server kemungkinan dari konfigurasi jaringan atau Firewall

      sekian. terima kasih sudah berkunjung ^^
      jangan sungkan membahas zbilling ini bila masih ada masalah ya. kita belajar sama sama nich. malah saya baru tahu ada Zbilling ^^ TRIMS

  35. Mas saya uda coba ikutin langkah2nya..tapi pas saya booting dengan HD yang sudah diclone koq ga bisa masuk windows yah??please…rolong dijawab via email q yah mas..Thanks a lot
    jawabanya boleh lewat email, tapi langsung juga boleh kok mas

    Mas, boleh minta email jawabannya juga untuk yg ini? clone ku kadang sukses, tapi ada juga yang booting tapi gak mau masuk Mindows.. Thx mas,,

  36. Ass.wr.wb

    Mas sebelum saya mengetahu adanya program xxclone ini saya udah sering tanya2 ke teman2 saya tp mereka pada ga tau alhasil saya coba pake hdclone sering gagal setelah saya coba googling akhirnya saya menemukan situs mas dan saya coba xxclone yang mas sarankan saya ikuti petunjuk mas dan alhamdulillah berhasil yang pasti hardisk ke-2 kudu di slave ya mas dan jangan lupa di format full dulu baru kebaca deh system partisinya. makasi sekali lagi saya ucapkan semoga amal baik mas di balas oleh Allah SWT.

    akhir kata saya ucapkan terima kasih

    Wass.Wr.Wb

  37. mas tlg banget panduan lengkapnya dari awal sampai hardisk cloningannya dipasang ke cpu lain dan bisa digunakan, ke alamat email saya. makasih banget. saya masih sangat awam.

  38. Ini yang saya cari mas. Saya dah tanya ama para teknisi tapi prosesnya terlalu rumit. Saya mau tanya klo hd ide ke sata ato sebaliknya bisa gak trus tlg panduan praktisnya dari awal sampai final hasilnya bisa digunakan di cpu yang lainnya ke email saya. Matur nuwun

  39. derek ngunduh mas ko2,
    suwun mas koko sak derenge…
    smoga lancar cloning saya Amin..

  40. kang hendy…saya mau coba cloning,tapi saya sebelumnya belum bisa cara cloning,soalnya saya baru mau mulai belajar cloning,saya sudah download file xxclone nya,kalo misalkan saya minta cara pembelajaran cara cloning pake xxclone nya bisa gak kang….???boleh dikirim aja ke email saya..Dadang_88cell@yahoo.co.id…terus saya mau minta bantuan nya juga kang,gini ceritanya: saya format hardisk pake windows xp sp2,pas sudah selesai emang seh windows jalan,komputer jalan normal seh,cuma pas saya colokan kabel Lan kenapa local area conection nya gak konek y,malahan dinetwork conection nya juga gak ada local area nya..pertanyaan nya:
    1.gmn cara kita bikin local area connection nya y?
    2.terus kata orang seh biasanya kalo kabel Lan dicolokan suka langsung konek tapi nyatanya gak otomatis conek,solusinya gmn y kang…

    Saya mohon bantuan nya y kang..soalnya saya baru buka warnet…terima kasih y kang..saya tunggu..

  41. sy udh beberpa x cloning pake xxclone partisi c: brhsil smua tpi g sukses bang. msalhnya boot hrdsk hsil cloningnnya pake xxclone bukn windw n g bisa hapus file atw ubah setingn.gmna solusinya biar sma bgt dgn induknya bg.thnks b4.

    • Jawabannya ada di gambar ke dua mas. Dan jangan lupa hardisk tujuan dan sumber tidak boleh salah. Silakan dibaca komentar-komentar diatas, itu sudah mencakup keseluruhan permasalahan pemakaian XXClone ^^

  42. slm knal lg mas. sy msih krng jlas tntng cara boot target hsil cloningn xxclone mas. sy udh bnar drv srce=C: (d0,p1), targt =F:(d1,p1). waktu slsai clone sy shtdwn n cbut hd sourcenya n boot pke hd targt. tpi bgitu mo masuk dsktop winxp sp3.5 xxclone progrm start. ini g bsa dihapus n jga g bisa diutakatik setingn winxpnya sprti pake deepfreeze gitu.foldr2 drv c: jg dihidden n g bisa dirobah.tlng bgt y mas

    • Ow mas maksudnya setelah booting muncul kotak dialog dari XXClone ya? seharusnya sih kotak dialog itu hanya muncul satu kali, selanjutnya tidak. Saya belum coba untuk versi terbaru XXClone, barangkali ada perubahan dari programnya. Atau bisa juga karena windows XP nya SP3.. kalau sedang santai bolehlah si mas coba cloning dari Windows XP SP 2 dan lihat lancar atau tidak.. bila lancar, barangkali XXClone hanya bisa digunakan hingga XP SP2.
      Dicoba dulu ya mas, ini saya jadikan PR juga. Akan saya update setelah saya tes sendiri dengan SP3. Trims ^^ v

  43. mohon pencerahan,setelah sukses clone HD target.HD tersebut dipergunakan mengganti HD source untuk booting n loading windows sukses pada CPU1.
    Namun ketika HD target dipindahkan ke CPU2 untuk booting sukses tapi untuk loading windows gagal.kenapa ya? mohon solusinya.trims.
    Cpu1(proc:dual core;Mb soket LGA 775)Cpu2(proc:pentium4 2,8;Mb:soket 478)

    • Tentu saja proses loading windows terganggu karena spesifikasi hardware yang berbeda pak. Proses kloning lebih dimaksudkan untuk backup dan duplikasi hardisk untuk hardware yang sama. Terima kasih ^^

  44. mas klo klon HD target pk USB bia gak ya ?

  45. mas, saya sudah berhasil me cloning hardisk….
    cuma di hardis cloninganya msih tampil xxone nya ya….!!!!
    gimana caranya biar supaya ga tampil xxone ny di hardisk cloninganya…!!!!

  46. Mas saya uda coba ikutin langkah2nya..tapi pas saya booting dengan HD yang sudah diclone koq ga bisa masuk windows yah? trus minta file NLTDR (g kebalik y)hehehehe

  47. plizzz help me.. klo bisa, balas lewat email y mas..
    sebelumnya trima kasih

    • Berarti Master Boot Record harddisk tujuan belum terisi Boot operating system. Mengatasi masalah ini sudah saya sampaikan pada komentar-komentar diatas, dan juga pada bagian terakhir artikel ini, yaitu klik tombol MAKE BOOTABLE pada XXClone.
      Harddisk tujuan akan juga memunculkan XXClone, tapi sifatnya hanya sekali muncul saja.
      Salam ^^ v

  48. Wah matur nuwun saya pake ghost gagal mulu.

    Kl ad yang mau maen game n gage 2.0,sega genesis,snes ke blog aku aja http://www.icisen.co.cc

    Thanks

  49. mas mau tanya, kalo hardisk kapasitas nya beda bisa ya di cloning. kebetulan sy hanya punya hd dg IDE (20gb) nah sumber nya dari HD SATA (120gb). HD IDE sy sebelumnya sudah ada Sistem operasinya, apakah mesti diformat semua. mohon pencerahannya

  50. mau tanya mas sya sdah cba cloning dan berhasil hanya setiap kali boot awal mesti ada pilihan winxp atau xxclone gmna cranya menghilangkan pilihan tersebut saya restar tetep aja tampilnnya sperti itu.sya clon pke xpsp2 makasih.

  51. makasi mas

  52. Mas mau tanya, saya mau ganti HD yang lebih besar mau install ulang kayanya cape pindahin data2nya saya coba xxclone tapi kok gagal terus ya???
    HD lama menggunakan IDE yang baru pakai SATA. bisa jawab via email saya mas. sebelumnya trimakasih sekali.

    • Mas Hendro, semua tipe harddisk bisa di-clone menggunakan XXCLone, yang penting harddisknya terbaca di Windows.

      Yang terpenting jangan lupa setting SOURCE dan TARGET. Bila Source ada di D0:P1, maka TARGET nya ada di D1:P1.

      Bila setting Target dan Source sudah betul, tapi tidak bisa boot dengan harddisk yang telah di-clone, Klik Tab Cool Tools lalu klik tombol Make Bootable. Sekali lagi jangan lupa mengatur Source dan Target nya ^^

      • Bisa mas booting, tetapi muncul blue screen muncul pesan apa gitu bawahnya
        Technical Information :
        Stop : 0X0000007B (0XF8B2C524,0CX0000034,0X00000000,0X00000000)
        tadi sudah saya coba “make bootable” tetap saja blue screen.
        maaf nih mas ngerepotin, terima kasih sebelumnya.

  53. Stop : 0X0000007B

    Artinya ada permasalahan di Harddisk mas Hendro. Coba scandisk dulu untuk memastikan harddisk bebas dari error, atau full format dulu ya ^^

  54. Alhamdulillah mas…
    sudah berhasil tetapi yang saya pakai shadow copy menggunakan Hiren’s BootCD, walaupun harus sedikit mengedit boot.ini karena agak error sewaktu pakai xxclone.
    terimakasih Mas sukses slalu

  55. saya pake xxclone, hardisk sumber dan target sudah betul. kemudian saya klik start. tetapi anehnya kok hardisk sumber malahan jadi rusak ya. mohon solusinya

    • bisa diperjelas gan rusaknya bagaimana?

      Bila harddisk sumber (misal D0:P1), seharusnya harddisk target (D1:P1). Tapi contoh diatas harus dipastikan dulu di Disk Management.
      Kalau hasilnya malah harddisk sumber rusak, barangkali sewaktu pemasangan kedua harddisk, colokan power supply harddisk kendor, atau ketarik, sehingga harddisk mati2.

  56. Mas, saya sudah mengclone hardisk dan berhasil.. karena hardisk sumber banyak mengalami perubahan program (karena update dan ada program baru) jika saya mau mengclone lagi apakah bisa langsung ditimpa, atau harus diformat dulu?
    Trims atas bantuannya…

    • Bisa langsung ditimpa mas. Tapi harus hati2, karena semua isi harddisk akan ditimpa dengan yang lebih baru dari sumber, takutnya ada file di my documents atau di lokasi lain ketimpah.

  57. mas saya punya 2 hardis yang masing-masing telah berisi OS, masing-masing telah dipartisi yaitu C dan D, satu hardisk saya OS nya tidak terbaca(starting windowsnya ndak tuntas/hang), rencananya mau saya kloning, tanyanya apakah hardisk yang hang tersebut harus diformat dulu atau langsung bisa dikloning, gimana caranya … kita anggap seluruh isi hardisk sudah diselamatkan dan hardisk tersebut dapat dibaca..

    • harddisk yang hendak di kloning lebih baik di format dulu, dan scandisk secara menyeluruh. Bisa jadi waktu loading windows nggak tuntas karena harddisknya bad sector. Percuma kalau harddisk badsector di kloning. nggak awet juga ^^ v.

  58. Mas numpang tanya…

    saya Rencana mau ngganti hardisk di notebook nich mas…. penuh soalnya, tapi males instal OS nya…..
    kira2 bisa ngk ya… pakek XXClone…? jika ya lanjut <—-/
    untuk Partisi HD Target bisa sama ngk ya mis ( C ) <—-/
    misal ngk ( HD target D & F ) setelah di Clone apakah berubah jadi C ato tetep D tapi sebagai primary…?

    thanks before mas

    Maju terus

    • Cloning so pasti bisa.

      Kalo masalah partisi, XXClone gak bisa melakukan copy partisi. Jadi harddisk target harus di partisi manual.

      Kalo drive letter, akan otomatis menyesuaikan. Misal, ada C: (source) D: Target, hasilnya setelah C: (source) dicopot, harddisk baru akan menjadi C:

  59. bisa gak klo drive asalnya di pindah/copy ke cd/dvd, biar ga usah bongkar pasang hardisk? THX

    • Kalo untuk itu, pakai aja software yang bikin drive image, macam norton ghost. Jadi isi harddisk akan dibuat “image” nya di drive CD. googling aja “free drive imaging program” untuk lebih jelasnya.

  60. mas,,, klo untuk kloning partisi D gak bisa ya ? caranay gimana biar biar hardisk cloningan isinya sama persis dengan hardisk sumber,,, thanks,,, balas lewat email gappa mas,,, masacit85@gmail.com… suwon ya mas…

  61. matur nuwon mas hehehe ^_^

  62. mas.. mau tanya, sy baru mau belajar cara kloning ni. cara utk colokin ke 2 hd di pc gimana ya?. apakah pakai kabel tambahan? trus apa semua program, file dll yg ada di source bisa masuk semua ke hd target? misal microsoft office dll ?.. di tunggu ya mas jawabannya. trm ksh.

    • Kalau hardisk SATA tinggal colok aja ke masing2 port. Tinggal dilihat di disk management, yg mana source, yg mana target. Semua isi hardisk sumber udah pasti tersalin ke tujuan.

  63. BANG,,KLO SAYA SECH DAH SUKSES NGE CLONE NYA,,DAN MEMANG ,,(SELAMAT ANDA TELAH BERHASIL NGE CLONE) ITU SERING MUNCUL PAS KETIKA SAYA PERTAMA MO MASUK WINDOWS NYA.,,,DAN YG ANEHNYA LAGI BANG,,SETIAP DRIVER YG MAU SAYA INSTALL DAN SELESAI ,SETELAH DI RESTART KOK WINDOWS NYA BALIK KE NGGA KE INSTALL DRIVER ,,MOHON BANTUAN NYA BANG,,,,

    • Mestinya si ga ada masalah. Barangkali memang waktu kloning, hardis sumbernya terpasang software proteksi instalasi atau yang semacamnya.

  64. maaf mas saya mau nanya, saya make wins 7 trus udh saya cloning. berhasil. nah pas hdd cloning an saya pindahin ke PC laen kok muncul WINDOWS BOOT MANAGER… Windows failed to start … insert your windows instalation. gmn ya mas. ???

    • Xxclone lebih dimaksudkan untuk clone hard disk dengan pc yang identik
      Jadi kalo hard disk dipakai ke pc yang berbeda, Windows akan error karena perbedaan hardware. Windows 2000 dan yang lebih baru tidak mendukung aktivitas seperti diatas gan. Cmiiw

  65. Assalamu’alaikum mas,,,
    saya dah sukses membagi partisi dengan mini tool partition,trus sy juga dah sukses mengkloning hardis target,,,terimakasih mas,,,tapi sewaktu hardis target saya cabut saya pindahin ke komputer lain kok gk bisa ngeloding ya mas,,,kyk blm ke format,,,,pada hal sewaktu memakai komputer sumber bisa ngeloding,,,apa nya ya mas yang kurang,,,tolong bantuan nya mas,,,,Terimakasih
    Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

  66. sebagai catatan mas,,,,spesifikasi semua komputer saya sama semua,,,

    • Jika hard disk IDE, pastikan nancapnya di port yang sama seperti hard disk sumber. Dengan pengaturan jumper yang sama.
      Bila masih tidak berhasil, coba full format dahulu hard disk target, dan coba clone kembali, dan gunakan fungsi Write master boot to target (cool tools-make bootable)

  67. thanks mas,,,
    mas aku ada masalah lg,,,,setiap aku buka xxclone,,,knapa dia eror y mas,,,this xxclone freeware package was created more than one year ago. if you downoad site ( such as downloaded .com or softpendia.com ) you should visit our web site,,,,kyk gitu mas,,,apadahal aku juga dah download langsung dari http://www.xxclone.com,,,tp tetep gk bisa ketika mo saya jalankan di komputer lain,,,tolongin mas,,,thanks mas

  68. assalamualaikum wr.wb.
    mas bisa gk y klo data yg kita kloning di jadikan file di hard disk targetnya?

  69. xxclone saya berminat belajar gmn ya saya coba lum sukses saya tes di hardis external 1 tera, awal hanya partisi 1 sekarang jadi 3 partisi dan yang pertama ada data data partisi 2 saya clonekan saya bakup dengan sistem tapi hasil gak bisa booting mhon infonya mkash telp.085236900085

  70. um ada ngga cara mengembalikan data,,,soalnya waktu pengcloningan lupa mengcopy data yang ada disk tersebut???? mhon bantuanx email aq rudiansyah1987@gmail.com

  71. ass

    mas saya mau tanya, kenapa pas pengen boot langsung bluescreen, trus restart sendiri. ada tulisan kaya gini 0xc000000e. mohon solusinya. terima kasih

  72. Halaman yang memberikan wawasan dan manfaat yang menarik untuk disimak.
    Saya senang bisa berada dihalaman ini.

    http://goo.gl/OCBZ49

  73. disitus ini kami temukan banyak pelajaran baru, trimakasih sudah berbagi.

    http://goo.gl/QGzwdp

  74. Artikelnya sangat menarik untuk dibaca,
    penuh ilmu pengetahuan.
    Terima kasih pak untuk semua informasinya

    http://goo.gl/RJLhX6

  75. banyak ilmu yang saya dapat dari artikel ini, terimakasih untuk semuanya

    http://goo.gl/9oIPon

  76. terima kasih telah berbagi berita yang telah anda berikan.
    salam sejahtera Indonesia

    http://goo.gl/ZIQeKS

  77. semua artikel yang terdapat di web ini sangat bagus sekali.
    sukses selalu dengan webnya ya

    http://goo.gl/rbpmNx

  78. informasi yang sangat bermanfaat, semoga admin tak jemu untuk terus berikan kami informasi seperti ini.

    http://goo.gl/dNd6RV

  79. Semoga anda selalu sukses, dan terimakasih untuk informasi yang bermanfaatnya sangat membantu

    http://goo.gl/Z88d6f

  80. sukses selalu untuk blognya, semoga dapat memberikan informasi yang lebih actual

    http://goo.gl/UkJBG8

  81. Terima kasih banyak karena telah menyediakan informasi yang sangat menarik dan
    bermanfaat. . .

    http://goo.gl/jM5Ac0

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,082 other followers

%d bloggers like this: