Pangya Tutup ?!

Pangya Tutup ?!

Bagi yang belum tahu apa itu Pangya akan saya jelaskan sedikit :

Pangya adalah game multiplayer online ber genre olahraga. Spesifik yang dimainkan adalah olahraga Golf.

Jadi kita bermain golf dengan lawan main online.

Sebenarnya saya baru dua minggu ini bermain Pangya, tapi baru saja naik satu level saya dengar gosip dari lidah ke lidah bahwa Pangya akan ditutup tanggal 4 April. Segera saja saya lihat website-nya :

Pangya!

Well…what can i say . …Baru saja saya suka sama golf, ternyata akan segera berakhir.

Sebelum saya kenal Pangya, saya sama sekali nggak suka sama golf. Maksud saya, permainan apa sih golf ? cuma mukulin bola dan masukin ke lubang yang kecil nun jauh disana ? wew…sama sekali tidak menarik minat saya.

Tapi setelah mencoba, hal pertama yang paling saya suka adalah lingkungan game-nya yang sangat ceria dengan pemandangan yang menyenangkan hati. Sejak saat itu  saya jatuh hati sama Pangya.

Walaupun resminya tanggal 4 April, tapi sejak tanggal 30 Maret 2008 saya coba masuk ke Pangya sudah tidak bisa.

Apa penyebab Pangya tutup ?

Tidak ada penjelasan resmi dari Game Master-nya ataupun dari bolehgame.com mengenai penutupan Pangya.

Tapi patut dipahami juga bahwa model game online seperti Pangya, Ayodance , RF-Online (Yes, saya juga memainkan game tersebut) adalah download gratis game client-nya, lalu pemasukan untuk developer atau pengelola adalah dari voucher yang mereka jual.

Persis seperti beli pulsa HP, anda beli voucher game untuk membeli items di dalam game.

Jadi ada kemungkinan Pangya ditutup karena kurangnya peminat yang secara langsung berarti kurangnya pemasukan.

Sedih juga nggak ada game yang satu ini. kalo ada duit saya beli deh license-nya dan bisa keep on gaming yaw !!!!

jangan tutup dong !

Jadi kesimpulannya adalah :

Penutupan Pangya sangat saya sesalkan. Padahal game sebagus ini jarang ada. Jangan Ditutup Doong ! (@@)

Gelisah (GeLi baSah) Blokade Situs Porno

Pagi…

Gimana nih ? sudah dengar belum pemerintah mau blok situs porno masuk Indonesia ?

Ada yang bilang “sudah terlambat”, ada juga yang pesimis, ada yang optimis, ada yang kelimis dan lain-lain.

Kata pak Menkominfo M. Nuh mengenai persyaratan situs yang termasuk situs porno adalah (diambil dari Detik.Com) :

“Caranya gampang. Pokoknya kalau ada situs yang mensyaratkan pengaksesnya berusia 17 atau 18 tahun, maka sudah pasti itu (situs) porno,”

Opini Simbah :

Blokade situs porno bisa dibilang seperti perseteruan antara virus dan antivirus. Virus selalu berhasil merusak duluan sebelum antivirusnya muncul.

Ada berapa situs porno di Indonesia saja ? saya nggak punya data pasti, tapi apakah ada software/firewall yang mampu mem-blok seluruh situs porno ? belum termasuk Blog porno yang juga banyak jumlahnya.

Kalau seperti kata Pak M. Nuh bahwa situs yang mensyaratkan pengunjungnya berusia 17 atau 18 tahun adalah sudah pasti situs porno, berarti situs kesehatan dan/atau situs mengenai kesehatan wanita, reproduksi wanita dan sejenisnya juga termasuk wilayah porno. Saya rasa Pak M.Nuh terlalu ngegampangin soal situs porno ini.

Ada lagi berita bahwa akan ada razia warnet-warnet terkait blokade situs porno. Menurut saya RAZIA ini TIDAK BERDASAR, NGAWUR bin mengada-ada.

Apa metode yang akan digunakan dalam razia ini ? browsing ke situs porno satu-satu lalu memeriksa apakah ada yang “tembus” atau tidak ? inilah contoh stupidity of Law Enforcer kita. Mudah-mudahan berita ini tidak benar dan tidak dilaksakan.

Coba pikir mas. Kalau mau blokade, ya blokade di Hulu atau pasang software blokade di Back Bone koneksi ! tancep di ujung paling depan koneksi internet Indonesia. Jangan razia warnet !

Sebenarnya masalah blokade ini sudah saya terapkan di warnet dengan menggunakan dua lapis perlindungan.

Perlindungan pertama adalah modem LinkSys WAG354Gyang mempunyai fitur Access Restrictions seperti gambar dibawah :

LinkSys Access Restriction

Pada modem Linksys WAG354G mempunyai Access Restriction atau Web Blocking dengan dua metode, yang pertama adalah Website Blocking by Addres, dimana pemakai hanya perlu memasukkan alamat web yang ingin diblok. Tapi terbatas hanya empat alamat yang dapat dimasukkan.

Yang kedua  adalah Website Blocking by Keyword, dimana apabila ada user yang memasukkan kata kunci di google atau di address bar yang masuk dalam daftar blok maka akan di-blok hubungan dengan web tersebut.

Perlindungan kedua adalah menggunakan OpenDNS seperti yang telah dibahas di sini

Setiap request data ke OpenDNS akan disaring terlebih dahulu dan dicocokkan dengan blocking list internal-nya seperti contoh dibawah :

Block List OpenDNS

KESIMPULAN :

Apakah dengan dua lapis pengamanan ini sama sekali situs porno tidak dapat diakses ?

NGGAK SEMUDAH ITU, BOS !

Tetap saja ada yang tembus. Seperti yang saya bilang di paragraf awal : bahwa situs porno itu buanyaaak sedangkan block list terbatas, walaupun periodically updated. Jadi saling kejar-kejaran gitu…

  • Bagaimana dengan pasang software blocking di tiap komputer ?

Saya tidak memasang software seperti itu karena privacy pelanggan juga tetap harus dijaga, jangan sampai pelanggan merasa terkungkung dengan segala software blocking.

Kalau blocking-nya di “luar” warnet kan saya jadi nggak banyak ditanya dan nggak banyak yang nesu…hehehehe…

Coba deh pemerintah jangan kesusu (terburu-buru-red) menyusun kebijakan,  dipikirkan dulu bagaimana baiknya.

Tapi di indonesia sih mending. daripada di RRC. disana gampang banget maen bloking. yang terakhir malah YouTube  di-blok.

Ada bagusnya juga wacana blokir situs porno ini, sebab memang nyata pengaruh situs-situs porno, terutama generasi muda.

….Tapi VCD-DVD porno juga ‘abisin atuuuuuh….

salam porno…eh salam hangat….

Season 2008 | Race 2 : Sepang-Malaysia | 23 Maret 2008

Race 2 kali ini hampir seperti kebalikan dari race pembuka di Australia, Kimi Raikkonen memenangi balapan kali ini dengan mudah sementara saingannya Lewis Hamilton mengalami hari yang buruk.

Sementara Kimi dengan mudah menguasai jalannya lomba, Hamilton hanya mampu finis kelima setelah kesalahan pit-stop. Robert Kubica dari BMW menjadi juara kedua yang menjadikan hasil terbaik baginya hingga saat ini di F1.

Kemenangan Kimi kali ini juga menepis rumor krisis di Ferrari setelah hasil yang buruk di Australia, sementara itu rekannya Felipe Massa masih belum lepas dari naas setelah dia spin. Apakah karena tidak digunakannya Traction Control ?

Berikut hasil akhir dari Race 2 : Sepang Malaysia :

01 K. Räikkönen Ferrari 1:03:18.555
02 R. Kubica BMW + 19.570
03 H. Kovalainen McLaren + 38.450
04 J. Trulli Toyota + 45.832
05 L. Hamilton McLaren + 46.548
06 N. Heidfeld BMW + 49.833
07 M. Webber Red Bull + 1:08.130
08 F. Alonso Renault + 1:10.000
09 D. Coulthard Red Bull + 1:16.200
10 J. Button Honda + 1:26.200
11 N. Piquet jr. Renault + 1:32.200
12 G. Fisichella Force India F1 + 1 laps
13 R. Barrichello Honda + 1 laps
14 N. Rosberg Williams + 1 laps
15 A. Davidson Super Aguri + 1 laps
16 T. Sato Super Aguri + 2 laps
17 K. Nakajima Williams + 2 laps
Did not finish
18 S. Vettel Scuderia Toro Rosso + 16 laps
19 F. Massa Ferrari + 26 laps
20 A. Sutil Force India F1 + 50 laps
21 T. Glock Toyota + 54 laps
22 S. Bourdais Scuderia Toro Rosso + 56 laps