Gelisah (GeLi baSah) Blokade Situs Porno

Pagi…

Gimana nih ? sudah dengar belum pemerintah mau blok situs porno masuk Indonesia ?

Ada yang bilang “sudah terlambat”, ada juga yang pesimis, ada yang optimis, ada yang kelimis dan lain-lain.

Kata pak Menkominfo M. Nuh mengenai persyaratan situs yang termasuk situs porno adalah (diambil dari Detik.Com) :

“Caranya gampang. Pokoknya kalau ada situs yang mensyaratkan pengaksesnya berusia 17 atau 18 tahun, maka sudah pasti itu (situs) porno,”

Opini Simbah :

Blokade situs porno bisa dibilang seperti perseteruan antara virus dan antivirus. Virus selalu berhasil merusak duluan sebelum antivirusnya muncul.

Ada berapa situs porno di Indonesia saja ? saya nggak punya data pasti, tapi apakah ada software/firewall yang mampu mem-blok seluruh situs porno ? belum termasuk Blog porno yang juga banyak jumlahnya.

Kalau seperti kata Pak M. Nuh bahwa situs yang mensyaratkan pengunjungnya berusia 17 atau 18 tahun adalah sudah pasti situs porno, berarti situs kesehatan dan/atau situs mengenai kesehatan wanita, reproduksi wanita dan sejenisnya juga termasuk wilayah porno. Saya rasa Pak M.Nuh terlalu ngegampangin soal situs porno ini.

Ada lagi berita bahwa akan ada razia warnet-warnet terkait blokade situs porno. Menurut saya RAZIA ini TIDAK BERDASAR, NGAWUR bin mengada-ada.

Apa metode yang akan digunakan dalam razia ini ? browsing ke situs porno satu-satu lalu memeriksa apakah ada yang “tembus” atau tidak ? inilah contoh stupidity of Law Enforcer kita. Mudah-mudahan berita ini tidak benar dan tidak dilaksakan.

Coba pikir mas. Kalau mau blokade, ya blokade di Hulu atau pasang software blokade di Back Bone koneksi ! tancep di ujung paling depan koneksi internet Indonesia. Jangan razia warnet !

Sebenarnya masalah blokade ini sudah saya terapkan di warnet dengan menggunakan dua lapis perlindungan.

Perlindungan pertama adalah modem LinkSys WAG354Gyang mempunyai fitur Access Restrictions seperti gambar dibawah :

LinkSys Access Restriction

Pada modem Linksys WAG354G mempunyai Access Restriction atau Web Blocking dengan dua metode, yang pertama adalah Website Blocking by Addres, dimana pemakai hanya perlu memasukkan alamat web yang ingin diblok. Tapi terbatas hanya empat alamat yang dapat dimasukkan.

Yang kedua  adalah Website Blocking by Keyword, dimana apabila ada user yang memasukkan kata kunci di google atau di address bar yang masuk dalam daftar blok maka akan di-blok hubungan dengan web tersebut.

Perlindungan kedua adalah menggunakan OpenDNS seperti yang telah dibahas di sini

Setiap request data ke OpenDNS akan disaring terlebih dahulu dan dicocokkan dengan blocking list internal-nya seperti contoh dibawah :

Block List OpenDNS

KESIMPULAN :

Apakah dengan dua lapis pengamanan ini sama sekali situs porno tidak dapat diakses ?

NGGAK SEMUDAH ITU, BOS !

Tetap saja ada yang tembus. Seperti yang saya bilang di paragraf awal : bahwa situs porno itu buanyaaak sedangkan block list terbatas, walaupun periodically updated. Jadi saling kejar-kejaran gitu…

  • Bagaimana dengan pasang software blocking di tiap komputer ?

Saya tidak memasang software seperti itu karena privacy pelanggan juga tetap harus dijaga, jangan sampai pelanggan merasa terkungkung dengan segala software blocking.

Kalau blocking-nya di “luar” warnet kan saya jadi nggak banyak ditanya dan nggak banyak yang nesu…hehehehe…

Coba deh pemerintah jangan kesusu (terburu-buru-red) menyusun kebijakan,  dipikirkan dulu bagaimana baiknya.

Tapi di indonesia sih mending. daripada di RRC. disana gampang banget maen bloking. yang terakhir malah YouTube  di-blok.

Ada bagusnya juga wacana blokir situs porno ini, sebab memang nyata pengaruh situs-situs porno, terutama generasi muda.

….Tapi VCD-DVD porno juga ‘abisin atuuuuuh….

salam porno…eh salam hangat….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: