Cybera-Billing Warnet Open Source

Selamat siang duhai pembaca…

Senang sekali hari ini saya menemukan software open source yang masuk dalam kategori Billing Warnet yang bernama CYBERA.

Latar belakang diturunkannya artikel ini murni ditujukan untuk mencari software billing yang mumpuni dalam kemampuan dan tidak membanting kantong, dan juga software billing yang saya gunakan sebelumnya kurang memenuhi harapan saya.

Sebagai informasi billing yang saya gunakan menangani 20 komputer-12 komputer untuk warnet dan 8 untuk game center. Nah, billing yang saya cari ini untuk Game Center-nya karena billing yang sebelumnya banyak “bug”.

Setelah berguru sama mbah Google dan men-download buanyak sekali software billing-baik yang freeware/shareware (dan crack-hehehe…) yang berasal dari negri sendiri dan dari luar, ternyata tidak ada satu pun yang benar-benar “memahami” saya. Apalagi untuk Game Center berada di lantai dua yang tidak dijaga oleh operator. Jadi dibutuhkan sistem prepaid atau bayar dulu baru main.

Baik kita mulai dari men-download Cybera Server dan Client dari Source Forge .

1. Instalasi

Proses instalasi berjalan seperti biasanya windows (tinggal klik next-next and so on). Untuk Cybera Server jalankan file cybera-server_1.9.exe, sedangkan untuk cybera client jalankan file cybera-client_1.9.exe.

Bisa dibilang pada komputer client hampir tidak dibutuhkan konfigurasi apapun. Bahkan untuk IP address Cybera Server bisa dicari secara otomatis.

2. Konfigurasi Server

Setelah proses instalasi Cybera Server selesai maka proses konfigurasi awal server akan dilakukan, seperti pengaturan tarif prepaid , password admin dan pengaturan banyaknya client.

Cybera Server Main Viewgambar 1

Karena saya menggunakan Cybera ini untuk Game Center yang berbasis prepaid maka dibawah ini akan saya uraikan pengaturan Cybera Server untuk mode prepaid :

a. Klik Tools-Options, masukkan password admin di kotak kiri bawah.

Option Pagegambar 2

b. Masukkan pengaturan biaya untuk model prepaid di tab Recharges

gambar 3

c. Aktifkan mode mana saja yang ingin ditampilkan di client (lihat gambar 2 pojok kanan atas) :

  1. Mode Cyber Client : ini mode prepaid yang saya pakai di Game Center. Jadi pengguna daftar terlebih dahulu, mendapatkan user name dan password, lalu mengisi “pulsa” atau paket ke account yang telah didaftarkan. Jika pulsa paket telah habis bisa diisi kembali
  2. Mode Cyber Card : Mirip dengan Cyber Client, tapi saat daftar hanya mendapatkan nomor registrasi dan tidak ada password.
  3. Mode Postpaid Self Service : Ini mode pakai komputer dulu bayar belakangan

Untuk tampilan di client pun bisa di-customized sesuai dengan keinginan :

Workstation Pagegambar 4

Pada gambar 4 terdapat setting pengaturan tampilan di client (Message & Logo Files). Anda bisa edit text Introduction hingga text Session Paused. Bahkan logo client pun bisa diubah asalkan formatnya PNG dan resolusi tidak lebih dari 333×333 pixel.

Bagaimana ? Tertarik ? monggo dicoba.

Catatan :

Cybera Server saya pada awalnya selalu hang tiap start up. Setelah saya cek ternyata fitur User Rights Lock down (gambar 4) yang menyebabkan server hang. Karena ketentuan dari fitur User Rights Lock Down adalah di client harus mempunyai hak admin. Jadi ketika server mencoba mengirimkan perintah ke client, client menolak. Server jadi ngambek dan hangky.

47 Responses

  1. this is a very good,bhut were this file?

  2. Just click on the link provided. or if you missed that one out, just follow the link below :
    https://sourceforge.net/project/showfiles.php?group_id=121074

    • kok tampilan client nya gk berurutan, gimana carannya supaya no cliennya berurutan… gw pake 5 klient.

      • masuk ke menu admin di cybera client, disitu ada setelan nama PC dsb. Atau urutkan nama client di Computer Name di System Properties ^^

      • saya pake 15 client, kasusnya sama gk berurutan cleint no 10 sampai no 15 jadi di atas sedangkan cleint no 1 samapai 9 berada di bawah.. setingan no client sudah di rubah tapi tetap client bernomor besar berada di atas..

      • ANONYMOUS
        –hmm..
        Coba di Cybera Client Options pada kotak Server Settings pilih pilihan Automatic Connection to Cybera Server, pada Workstation Settings pastikan nama client sudah benar dan nyalakan komputer client satu per satu sesuai dengan urutan nomor client.
        Menurut saya pengurutan nama client pada Cybera berdasarkan angka yang kecil + digit kecil dibelakangnya dulu (10, 11, 12, 1, 2 dst..)
        Jadi coba ubah kombinasi penomoran client dengan huruf, misalkan PC 01, PC 02 dst..
        Terima kasih semoga dapat membantu ^^

      • ANONYMOUS :
        CTRL+ALT dan klik logo cybera, bila password admin belum diisi, cybera akan langsung menonaktifkan interface billing dan masuk desktop Windows, dari situ ada panel kecil admin Cybera..naah tinggal diulik disitu deh! ^^

      • cara masuk ke menu admin di client gimana Bang.. kalo deactive client sih bisa…

  3. download setting biaya cybera

  4. Setting biaya Cybera? Itu mah kita buat sendiri..Ada di Tools-Options-Recharges. Di kolom Selected Recharges isi Time (waktu). Price (angka tanpa titik koma dan tanpa ‘Rp’). Isi Labelnya dan pilih tipenya apa lalu klik Add.

  5. Cybera Server saya pada awalnya selalu hang tiap start up. Setelah saya cek ternyata fitur User Rights Lock down (gambar 4) yang menyebabkan server hang. Karena ketentuan dari fitur User Rights Lock Down adalah di client harus mempunyai hak admin. Jadi ketika server mencoba mengirimkan perintah ke client, client menolak. Server jadi ngambek dan hangky.
    ———————————————————————————–

    jadi gmana solusinya kang??

  6. @ Omend :
    Matiin aja fitur User Rights Lock Down-nya😀

  7. seharusnya kan fitur yang user rights lock down, di kompi user, contoh, ga bisa buka control panel. ini udah di centang tapi kompi user masih bisa buka control panel. gimana ya biar user ga bisa buka control panel?

    kenapa server hang? aku lom pernah server hang loh… aslinya. padahal kompi server cuma dell p3 800.

  8. update, seudah user rights lock down ga di centang, ga pernah nyambung2 ke client euy…. kumaha ieu teh? binun…

    di centang, tetep user bisa masuk control panel ( padahal udah administrator client nya, biar ga bisa masuk control panel kan seharusnya cybera nulis di registry sebagai administrator). ga di centang, user ga pernah nyambung2 ke server… kumaha nya?

  9. no no…kalau cuma masuk ctrl panel sih kredensial bukan administrator juga bisa. Cuma nantinya kalau masuk lebih dalam lagi dari situ ada yang nggak bisa.

    Nah itulah kendalanya, di satu sisi kita harus set komputer client sebagai Administrator supaya fitur User Rights Lockdownnya bisa digunakan, tapi jika kita set client sebagai administrator nanti komputer itu bisa diobok obok…

    Kalo nggak nyambung ke server sudah dicoba masukkan IP servernya di client? klik kanan di logo Cyberanya trus ada menu setting. selanjutnya ane lupa lagi soalnya nggak pake cybera lagi. hehehe ^^

    tips: jika untuk game center sebaiknya pilih billing yang sangat restriktif. Saya pakai CyberBill Pro yang mengganti shell explorer dengan shell bawaannya. Hasilnya user cuma bisa buka game tanpa bisa kemana-mana….cmiiw

  10. Bisa dipake di vista gak?

  11. Sayangnya tidak kompatibel dengan Vista😦 sumber :
    http://sourceforge.net/projects/cybera/

  12. mas aku dah pake cybera bagus,simple, tapi user suka langgsung matiin kompnya, akibatnya billing yg di server juga ikut ilang (not present). soalnya ope sy sering dikerjain ma orng, dia maen dah 1jm lebih lalu komyadi restart billnya mulai dari awal lagi jadinya dia maen 2jam bayar 1jam.
    tolong dong kasih solusinya mas…
    makasih banyak mas

  13. Sayangnya saya nggak pakai Cybera lagi. Tapi saya masih ingat memakai Cybera tidak menggunakan model Pasca Bayar. Jadi saran saya pakai saja model paket (pra bayar) jadinya user bayar duluan dan main sesuai yang dia bayar. Dan memang fokus Cybera adalah untuk game online dan sistem paket. Salam🙂

  14. Cybera gampang banget dibobol, apalagi kalo client bisa browsing, ga perlu pake apa2 jg uda bobol tinggal nyangkutin proses komputer client.

  15. Betul…Memang diperlukan proteksi ekstra jika pakai billing ini, misalnya disable Task Manager, disable Regedit, Disable Run…etc.
    Untuk game center lebih enak pakai billing yang mengganti shell explorer dengan shell bawaan billingnya. Jadi lebih aman ^^

    • mas eko, saya tertarik tuh, ada referensi billing yg nutupi shell explorer dengan sheel bawaan billingnya?

      saya lagi cari yg gini soalnya.
      makasih sebelumnya.

  16. Ini bisa jalan di Linux gak?

  17. tidak bisa. namun ada banyak program billing untuk Linux misalkan BIOS Baliwae http://linux.or.id/node/2601

  18. cara buat paket di billing cyber server yang udah di instal gimana?apakah harus instal ulang
    bantuin ya
    makasih…………..

  19. boz kalau billing yang ini virus pengaruh gak?

  20. 1. Kurang jelas pertanyaannya ya? bila sistem di instal ulang lebih baik buat backup billing servernya dan setelah instal ulang timpah saja folder billing server dengan yang di-backup.
    2. virus? tetap pengaruh, karena modelnya nggak ganti shell.
    trims

  21. ko’ ga’ nyambung2 ke server……….. .. . . . .. . … !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Gi mana ni………..

  22. Nggak nyambung ke server bisa dikarenakan banyak faktor mas. Diantaranya adalah :
    1. Apakah IP address dan subnetnya sudah sama? Begitu juga dengan Workgroupnya.

    2. Apakah Firewall (Windows 2000 keatas) sudah membolehkan traffic dari Cybera. Biasanya pertama kali client/server dijalankan, Firewall akan menanyakan apakah akan Block atau Unblock cybera.

    Silakan di utak atik lagi ^^

  23. Bisa dipake di vista gak?

    kalo pake vista ini pasti bukan buat game zone. kalo untuk warnet sih saya lebih baik pakai linux.. bisa chat, browsing juga kaya pake vista. dan yg pasti gak bayar.

  24. Currently not supported in Vista.

  25. saya pake cybera, trus saat dilihat laporan penjualannya ada keterangan paid dan no paid, kenapa yah??? padahal semua dah mbayar, saya pake model post padi, jadi kalo dijumlahkan hasil di billing dengan hasil di kasir berbeda, tolong pencerahannya ya bang… trims.

    • Owh Maaf saya terlewat membaca comments di artikel ini🙂
      Untuk model Post Paid saya juga masih bingung. Saya ulangi lagi untuk Cybera ini lebih cocok menggunakan metode Prepaid sehingga pembayaran dilakukan di depan dan data pemasukan juga saya rasa tidak ada masalah.
      Trims!

  26. pengin dowlnload???

  27. mau download gemana???

  28. Begini mas… didalam Cybera Server dibagian tab client di text commandnya keluarnya kok 8.00 PM..bukannya seharusnya bisa dibuat sendiri 10 jam atau 20 jam…padahal dalam penginstalan sudah disetting 20 jam perbulan. terima kasih atas tanggapannya mas..

  29. halo mas. mo nyanya,.. di cybera bisa kita/server ngontrol site2 apa sj yg sedang dibuka oleh client?? bisa nd untuk mengontrol laju-pelannya kecepatan download klien.. agar supaya klien yg lain tidak terganggu (loadingnya nd jadi pelan) akibat proses download klien yang lain.. terima kasih untuk bantuannya.
    hormat saya.

    • lebih enaknya pakai router aja, seperti Mikrotik (www.mikrotik.co.id) atau NetLimiter.. ada di halaman lain Blog ini ^^

  30. dimana saya bisa mendownload cybera server dan client yang cepat dan aman.terima kasih

  31. kak saya punya warnet sendiri billingku pake cybera soale gratis, pasword yang ku masukin ke admin lupa,soale ku mau ubah tarif warnet aku balas ke email ini ya kak
    danang_3mo1_10@yahoo.com tapi juga bales di blog ini

    • hmm.. sya juga sudah nggak pakai Cybera lagi. Jadi saya juga belum tahu jawabannya😦
      Coba dengan CTRL+ALT+klik kotak yang ada logo Cyberanya?

  32. saya mau tanya Gan…pada setting no 4 gambar nya gak bisa besar ya???
    kalo bisa gmana sih cara nya…
    thank’s ya…..

  33. ane dapet dari forum sebelah

    If so, are you under a domain or just in a network like “workgroup” or Mshome?

    If you are under a domain, the user who launches the server must have admins rights on the network.

    If you are in a network like mshome or workgroup, all the workstations must have a user with the same name and the same password that the user you launch the server with.

  34. Wow, wonderful blog layout! How long have you been blogging for?
    you made blogging look easy. The overall look of your website is fantastic, let alone the content!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: