Domain gratis, hosting gratis = punya website sendiri !

hello…kitty..😀

Artikel ini sih sebenarnya bisa dibilang “basi” , Soalnya udah banyak yang bisa punya website sendiri. tapi ga pa pa kan kita bahas lagi😀

Kalo mau punya website sendiri sih banyak caranya. Mulai dari yang paling gampang bisa daftar ke Yahoo/Geocities. Jadinya website yang kita punya ada di sub domain-nya si pemberi gratisan. Contohnya : http://websiteku.geocities.com

Tapi kalo punya website dengan alamat yang panjang seperti diatas rasanya nggak enak. Lagipula karena gratisan ada iklan berjejer di samping kanan halaman web kita. Enaknya sih punya alamat seperti : http://www.websiteku.com . wuih ! gengsinya cing !

Tapi mungkin nggak punya website .com gratis ? rasanya nggak mungkin ya. Karena domain .com tu komersil dan kudu bayar tahunan.

Gimana dong kalo pingin punya website gratis tapi alamatnya mendekati .com seperti diatas ?

Gampang deh. Di artikel ini akan kita bahas cara-cara agar kita bisa punya website sendiri dengan domain .co.cc. Misalkan : http://www.websiteku.co.cc.

Penasaran nggak. Darimana sih asalnya domain .co.cc ?

Berdasarkan World Wide Web Country Codes ternyata domain .co.cc dimiliki oleh kepulauan Cocos (dimana sih kepulauan Cocos ?). Yah yang namanya domain nggak lazim pasti kurang laku. Apalagi ini dipunyai oleh sebuah kepulauan yang nggak banyak orang tau. Ada lagi domain yang “nggak sengaja” laku, yaitu domain .tv yang dimiliki oleh Tuvalu (negara atau apa ya ?). Kenapa domain .tv jadi populer ? Karena singkatannya yang sama dengan Televisi (tv) sehingga banyak stasiun TV yang punya domain ini, contohnya RCTI.TV

  • Konsep sebuah website :

Sebuah website bisa “terlihat” dan “muncul” di jagad internet karena adanya dua bagian penting :

  1. Registrar/Domain Registration : Ini bisa dibilang “si pemegang alamat website”. sebuah alamat website harus didaftarkan terlebih dahulu ke registrar ini. Si Registrar kemudian memeriksa apakah alamat website yang mau didaftarkan sudah ada atau belum. JIka belum ada maka proses bisa dilanjutkan.
  2. Hosting : Komputer tempat disimpannya file-file (yang berisi halaman-halaman) website yang sudah didaftarkan.

Tanpa salah satu dari dua komponen penting ini, sebuah website tidak akan bisa diakses di jagat internet. Misalkan anda punya alamat website trus file-file-nya mau disimpen dimana ? Misal anda punya tempat Hosting tapi alamatnya belum didaftarkan juga percuma. Gimana ? Jelas mas ?

Nah pada artikel ini kita akan bahas cara mendaftar domain di www.co.cc dan mendaftar hosting di www.byethost.com. Masih banyak sih penyedia domain plus hosting di internet. Tapi setelah cek sana sini ya di dua tempat ini yang lumayan “enak”.

  • Cara Mendaftar di Domain .co.cc dan hosting di ByetHost.com

1. Daftar domain dulu. Klik Create an account now

Registrasi User

Isi aja formulirnya seperti biasa

2. Selesai isi formulir dan telah terdaftar anda akan masuk ke account anda sendiri.

Buat domain disini

Klik Getting A New Domain untuk mendaftarkan domain baru.

Domain availability

Masukkan alamat website yang mau didaftarkan lalu klik tombol Check availability. Bila alamat yang mau didaftarkan belum ada yang punya maka proses boleh dilanjutkan.

Domain Available

Klik Continue to registration

Domain Received

Klik Setup untuk melanjutkan proses, lalu pada halaman selanjutnya klik radio button Manage DNS.

NS Server Entry

Ini bagian yang paling penting, sebab berhubungan dengan fase ke dua pendaftaran alamat website, yaitu : Registrasi Hosting. Kotak entry Name Server ini ada hubungannya dengan artikel OpenDNS , dimana domain yang telah terdaftar akan dicari lokasi hosting berdasarkan alamat NS (Name Server) nya. Biarkan window entri NS ini terbuka, lalu buka jendela browser satu lagi (bisa juga di tab baru kalo di Mozilla) dan arahkan ke www.byethost.com.

Nah sampai tahap ini bisa dibilang anda punya alamat website .co.cc , hanya belum bisa dijamah di internet karena belum ada tempat hosting.

Bersambung yah di edisi depan dengan lanjutan artikel ini, yaitu mendaftar di penyedia hosting gratisan.

Hidup Gratisan !!!

One Response

  1. […] esetiawan on Cybera-Billing Warnet Open…syaviqs on Cybera-Billing Warnet Open…Domain gratis, hosti… on OPEN DNSesetiawan on PCMAV & ANSAV___Pacaran Aj…ANSI on PCMAV & […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: