Mempercepat akses web dengan Proxy

Halo..lama tak bersua karena saya kena virus “M” dan virus “B”, yaitu Malas ngisi blog dan Bingung mau isi apaan…hehehe😉

Artikel kali ini membahas mengenai penggunaan Proxy untuk mempercepat akses web. Binatang apa sih proxy itu ?

Singkatnya proxy adalah sebuah komputer (disebut juga Proxy Server) yang berada di tengah tengah komputer pengguna dan modem. Jadi si Proxy ini seperti jembatan antara komputer pengguna dan internet.

Apa kegunaan si Proxy ini ? Gunanya adalah sebagai buffer atau cache konten internet. Sama dengan fungsi cache di prosesor atau memory, Proxy mengambil dan menyimpan konten internet yang pernah dikunjungi. Oleh karena itu setiap konten dari internet tidak perlu mengambil langsung dari web servernya, tapi cukup dengan mengambil dari Proxy Server. Hasil akhirnya adalah surfing yang terasa lebih cepat karena memang kontennya diambil secara “lokal”.

Kegunaan lainnya adalah sebagai “sekat” antara komputer pengguna dan internet. Jadi hanya satu komputer saja (si Proxy) yang terlihat dari internet. Dibelakang proxy akan terlindungi secara total.

Software untuk Proxy banyak bertebaran di internet. Dari yang gratis atau bayar. Coba aja meng-Google dengan keyword “proxy software”.

Kali ini saya akan ketengahkan satu software Proxy yang cukup bagus yang dinamai Proxy+ (baca : ProxyPlus) dan bekerja pada koneksi internet ADSL. Sofwarenya sendiri bisa didapat di Box.Net saya (Pplus_us.zip) dengan model trial untuk 2 user.

1. Konfigurasi Hardware

Hardware yang diperlukan sebenarnya nggak perlu bagus bagus amat. P4 single core dengan kecepatan berapa saja juga cukup. Hanya yang perlu diperhatikan adalah memori dan kapasitas harddisk. Memori >1 GB dan harddisk >20 GB sudah mencukupi. Disesuaikan aja dengan user yang akan terhubung dengan Proxy ini.

Sebagai ilustrasi saya pakai Proxy+ hanya untuk sendiri saja sudah memakan ruang harddisk 130MB PER hari. Jadi kalau punya harddisk 20 GB akan penuh dalam 153 hari. Tapi tentunya ini bergantung sama pemakaian.

Gambar Jaringan Proxy

Gambar diatas adalah skema jaringan untuk Proxy Server. Sediakan dua LAN Card untuk Proxy Server ini. Satu untuk ke Switch dan satu lagi ke Modem DSL. IP Address silakan diatur sendiri.

2. Konfigurasi Software di Server

Instal Proxy+ di komputer server. Prosesnya biasa aja tinggal next-next-next.

Buka administrasi proxy+ melalui browser. Misalnya mau mengatur proxy+ di server maka alamatnya adalah : http://localhost:4400 atau http://127.0.0.1:4400.

cache config

Yang terpenting adalah aktifkan modus cache di menu Cache-General, centang pilihan cache enabled lalu atur direktori yang akan digunakan sebagai cache. Pada kotak cache size isikan limit ruang harddisk yang ingin digunakan sebagai cache. Isikan 0 jika semua ruang harddisk ingin digunakan sebagai cache.

HTTP Cache

Aktifkan juga pilihan HTTP Caching di menu HTTP Cache. Centang pilihan HTTP Caching Enabled dan isikan Max HTTP Object Size dengan 0 jika ingin menggunakan semua ruang harddisk untuk menyimpan objek HTTP.

3. Konfigurasi di Client

Di komputer pengguna hanya perlu mengatur IP gateway arahkan ke IP Proxy Server :

IP Gateway

Lalu atur Proxy Setting di browser. Untuk Mozilla Firefox adanya di menu bar Tools-Options, icon Advanced. Klik Tab Network, lalu klik tombol Settings pada kotak Configure how firefox connects to the internet :

Mozilla FFox

Klik radio button Manual proxy configuration dan isikan IP Proxy Server dan port defaultnya adalah 4480. Klik OK. Selesai.

Bagaimana ? nggak susah kan ? saya tunggu komentar para pembaca yang budiman !

12 Responses

  1. mau ngerti tentang proxy…..
    trus gimana sih mas buat website yang aman itu…?
    thanks…

  2. Aplikasi Proxy menurut saya yang terbaik adalah menggunakan PC yang tugasnya hanya mem-proxy kan saja, dengan OS Linux. Ada OS yang tugasnya sebagai router yaitu Mikrotik (www.mikrotik.co.id) yang juga sekarang saya pakai. Spek hardware yang dibutuhkan juga nggak tinggi (mulai dari Pentium 2). Bandingkan dengan Proxy berbasis Windows.
    Website yang aman ? Ini tentunya diasumsikan si mas punya web hosting sendiri yah? Atau punya web server sendiri :
    – Sudah pasti punya firewall (software atau hardware firewall)
    – Web server yang sudah terbukti handal (IIS 6 atau basis Linux)
    – Kode HTML atau kode web lainnya (ASP, PHP dst) yang “rapi” yang mempunyai kelemahan sesedikit mungkin.

    Pertanyaannya koq canggih bener? sudah pernah mengalami “ketidakamanan” website-kah? Gimana ceritanya? Bagi-bagi dongs ^^

  3. kalau ada komen error resolve dns server gimana ngatasin nya

  4. To Andi : Coba masukkan DNS Server di LAN Properties-TCP/IP Properties. Kalo nggak apal IP DNS masukkan aja DNS Telkom yaitu ; Primary : 202.134.0.155 Secondary : 202.134.2.5

  5. Mo nanya klu untuk mengatur kecepatan brosing user gmn?ak pake CCproxy,thanks

  6. Maaf..saya belum pernah pakai CCProxy…Tapi biasanya sih ada di menu Options atau Settings..jangan lupa menghitung berapa bandwidth yang tersedia dibagi per client. Satuannya juga jangan salah..apakah bps (bit per second) atau Kbps (kilo bit per second) moga membantu ^^

  7. Sore Kang, aku pake pake smart neh, kayaknya dah banyak yang pake jadi lemot abis. biar koneksi n download jadi cepet gimana yah? thanks a lot

  8. Smart menggunakan konsep shared connection. Jaid kalo pas banyak yang pake ya lemot. Tips mempercepat koneksi/download antara lain :
    1. Gunakan browser yang cepat. Google Chrome dan Mozilla Firefox adalah rekomendasi saya. Gunakan juga Firefox Optimization Tool (google) supaya meng-optimalkan browsing.

    2. Untuk download gunakan download manager seperti flashget, Orbit Downloader atau DAP

    3. Sinyal CDMA juga pengaruh

    cmiim ^^

  9. TERIMAKASI INFONYA MAS

  10. aduh…gw ga ngerti nih…bsa ga ya DAP di setting lagi biar tmbah cpt…soalnya tmen gw downloadnya bisa smpe 7mbps…

  11. Wao.. 7 mbps sudah termasuk ruar biasa😮
    Tapi tentunya kecepatan download tergantung koneksi internet yang digunakan yah ^^
    Misalnya 5 koneksi Speedy digabung dengan metode Load Balancing di Mikrotik secara teoritis akan menghasilkan speed 5 Mbps. Apalagi jika download dari situs lokal (indonesia) melalui IIX!
    Jadi dibandingkan dulu koneksi anda dan teman anda Fadil ^^
    Di setiap software Download Manager macam DAP ada pengaturan berapa thread yang akan digunakan DAP untuk mendownload. Standarnya biasanya 4 atau 5 thread. Coba saja naikkan thread ini ke batas maksimalnya.
    Semoga membantu ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: