Defrag Harddisk dengan JKDefrag

Hai hai…

Buat kamu yang dari lahir sudah pakai Microsoft Windows sudah pasti kenal yang namanya Disk Defragmenter. Apa sih Disk Defragmenter itu? Inilah definisinya yang diterjemahkan oleh Go….!!!! BLOG dari WiseGeek.com :

Seiring waktu dan pemakaian, file-file dan folder di harddisk komputer kita akan terpisah-pisah atau terpencar. Ini bisa menyebabkan sistem melambat dan akan mengalami kesulitan pemrosesan. Mendefragmentasi komputer secara umum dapat mempersingkat waktu pengambilan data dan meningkatkan performa keseluruhan.

Contohnya, sebuah program komputer harus membaca bermacam-macam file di harddisk setiap saat kita akan membukanya. Jika tiap file itu terpencar di tiap sisi yang berlawanan di harddisk, maka komputer akan bekerja ekstra keras dan memerlukan lebih banyak waktu untuk membaca file yang diperlukan. Pada beberapa kasus, defragmentasi yang parah akan menyebabkan sebuah program akan berhenti bekerja seluruhnya.

Defragmenting, juga sering disebut “defragging,” mengatur kembali harddisk kita dengan menaruh kepingan data yang terkait secara bersama sehingga file-file akan teratur dan menjadi berdampingan. Hasilnya, sistem dapat membaca file-file dengan lebih efisien. Dengan mengatur file dan folder secara efisien, defragmenting akan meninggalkan sisa ruang kosong di harddisk dalam satu kepingan besar. Ini akan menyebabkan file baru yang akan disimpan nantinya menjadi urut, lalu akan mengecilkan kemungkinan akan terdefragmentasi lagi di masa depan.

Ketika kapasitas harddisk terus bertambah, mendefragmentasi komputer secara teratur bahkan bisa membantu memperpanjang usia pakainya. Walaupun beberapa ahli komputer menyatakan bahwa sistem operasi masa kini cukup efisien dan dapat menghilangkan perlunya defragmenting, tapi secara umum disarankan bagi pengguna komputer untuk mendefrag sistem mereka secara teratur.

Semua sistem komputer datang dengan beberapa jenis alat pendefragment. Kalo di Windows biasanya ada di dalam “System Tools”.

Tapi yang namanya tools bawaan biasanya kerjanya lebih lambat dari program dari pihak ketiga.

Adakah program defragment yang bagus di luar sana, na, na, na….?! (pake gema)

Ada dong bos! Mau yang beli ada, mau yang gratis juga ada! Nih kenalken : JKDefrag

Donlot dulu di Box.Net widget saya (JkDefrag-3.34.zip) lalu unzip deh. Mau donlot dari situsnya juga bisa 😀

Cara pakainya ? Gampang !

Tinggal jalankan aja jkdefrag.exe-nya. Langsung jalan! Otomatis romantis. Tanpa basa basi nasi basi! JK Defrag akan mendefrag drive pertama (C:) dulu baru drive lainnya belakangan.

Ada beberapa file lain seperti jkdefragcmd.exe untuk menjalankan JKDefrag lewat command prompt, atau jkdefragscreensaver.exe untuk menjalankan JKDefrag secara otomatis saat screen saver berjalan.

Tips dari situsnya JKDefrag :

  1. Bersihkan file sampah dari harddisk sebelum menjalankan JKDefrag. Bisa pakai Disk Cleanup bawaan Windows atau program gratisan lainnya
  2. Restart dulu sebelum pakai JKDefrag. Ini akan melepaskan file yang sedang digunakan. Bisa juga menjalankan JKDefrag dalam Safe Mode untuk mendefrag lebih banyak file
  3. Hentikan virus scanner sebelum menjalankan JKDefrag, soalnya virus scanner membuat defragmentasi berjalan sangat lambat
  4. Pindahkan swap file ke volume yang lain, restart, defrag, dan pindahkan kembali swap filenya.  Kalau nggak punya harddisk kedua buat saja sementara ukuran swap file yang kecil. Contohnya 100Mb.
  5. Jika ada aplikasi (contohnya database) yang mencegah file tertentu dari terdefragmentasi, hentikan dulu aplikasi tersebut, jalankan JKDefrag hanya untuk direktori data tertentu saja, lalu jalankan kembali aplikasinya.
  6. Kompres file yang nggak terpakai dengan menggunakan packager seperti 7-zip (atau winzip). File yang terkompres tidak hanya mengambil ruang harddisk yang lebih kecil, tapi juga terdefragment lebih cepat daripada file-file individu. Catatan : Ini nggak berlaku buat kompresi NTFS Windows, yang sebenarnya membuat defragmentasi berjalan lebih lambat.
  7. Beli harddisk paling besar yang bisa kamu beli. Berinvestasi di harddisk lebih besar memberikan perbandingan kecepatan per dollar (rupiah) lebih banyak daripada berinvestasi di CPU yang lebih cepat atau memori yang lebih banyak.
  8. Partisi pertama pada sebuah harddisk adalah yang paling cepat dari partisi lainnya.  Coba menggunakan partisi lainnya hanya untuk penyimpanan data besar
  9. Jika kamu punya dua harddisk (dengan kecepatan yang sama), tempatkan pagefile di partisi pertama di harddisk kedua.

Gimana? Mangga dicoba ah!

2 Responses

  1. hehehe… setelah nemu artikel ini jadi inget deh defrag nich kompie. udah lama kagak di defrag.

    thanks atas infonya.

    proud2ride

  2. mhehehehe…pasti lama tu ngedefragnya 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: