Trik Supaya Keyboard Awet

Salamat sore teman-teman semuanya.

Pernah mengalami nggak keyboard yang kita pakai semakin hari semakin pudar cetakan huruf di setiap tombolnya? Lama-lama akhirnya keyboard kita nggak kelihatan lagi huruf-hurufnya. Kata teman-teman ada keyboard di warnet saya yang bertipe “Braille”. Soalnya ada yang harus menebak-nebak posisi huruf karena tidak terbaca di keyboardnya.

Apalagi kalau keyboard yang kelas “ekonomi” berharga dibawah 40 ribuan. Dijamin dalam satu bulan akan mulai memudar cetakan hurufnya. Kan kasian konsumen warnet dan buat kita sendiri juga susah.

Bagaimana mengakali supaya keyboard kita awet? Dalam artian hurufnya tidak cepat memudar?.

Cara yang paling mudah sudah jelas kita harus melapisinya dengan bahan tertentu sehingga jari-jari pengguna tidak bersentuhan langsung dengan huruf di keyboard. Cara melapisinya bisa menggunakan selotip bening atau bahan plastik lainnya. Namun cara ini membutuhkan keterampilan tinggi dan ribet (rumit).

Cara kedua yang sekarang saya gunakan adalah melapisinya dengan cat semprot bening alias clear spray paint.

Sediakan dulu bahan-bahan berikut :

1. Keyboard

2. Cat Semprot Aerosol Bening

ini adalah kelinci percobaan kita. Diletakkan diatas kardus tempat sampah. Jadi kalau gagal bisa langsung dibuang..hehe

sudah pasti ini adalah cat semprotnya. Bukan iklan bukan sihir, tapi memang saya beli sedapatnya aja.

(tangan tidak termasuk dalam paket pembelian, btw itu adalah tangan saya🙂 )

Bagaimana cara melapisi keyboard kita?

Dong…! Masak ngecat semprot aja nggak bisa?! Semprotkan tipis-tipis cat berjarak ± 30 cm dari permukaan yang akan dicat. Lebih baik melakukan pengecatan beberapa lapisan tipis dengan jarak pengecatan 10 menit daripada satu lapisan yang tebal. Kalau saya sendiri mengecat dengan dua kali lapis.

Oke gimana? Pasti bisa kan? Coba deh. Apalagi kalau dilakukannya bulan puasa nanti. Itung-itung ngabuburit!

2 Responses

  1. bro kira2 cat nya masuk ke dalam aman gak?ntar malah keyboard i yang jebluks kwekk..:)

  2. Nggak akan…soale desain keyboard tu kan ngga sampe keliatan sirkuit dalemnya. Bagian bawah tombol ada alas plastik trus ada lubang yang tembus ke bagian bawah kiboard. Ini desain umum keyboard yang memungkinkan tumpahan air (atau kopi) bisa dibuang ke bawah. Jadi (mudah-mudahan) aman….Hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: