Google Chrome–Just Another Browser?

Bagi anda para aktivis internet sudah pasti mengenal dan menggunakan browser (atau perambah dalam bahasa Indonesia).

Browser apakah yang anda gunakan? Apakah anda puas menggunakannya?

Berita terbaru dari dunia browser adalah munculnya Google Chrome. Diposisikan untuk bersaing dengan Internet Explorer (dan MIcrosoft khususnya), Chrome yang masih dalam versi beta ini sudah tersedia untuk didownload.

tidak diragukan lagi, browser open source Google ini-yang dikenal dengan nama Chrome akan menantang browser open source lainnya, terlebih lagi dengan Firefox. Bahkan akan menjadi gempuran hebat bagi Firefox, yang telah mengambil pangsa pasar Internet Explorer kurang lebih 18% dalam waktu yang singkat.

Ataukah ini adalah langkah pendahuluan bagi Google untuk mengambil alih Mozilla?, Terlebih lagi Google baru-baru ini memperpanjang pendanaan bagi Mozilla. Pada blog baru-baru ini yang merefleksikan ulang tahun Mozilla yang ke 10 tahun, Mitch Baker mengemukakan bahwa dukungan Google adalah indikator kunci bagi keberhasilan Mozilla : Baker menulis ,”Elemen penting lainnya adalah dukungan finansial yang dinikmati oleh Mozilla. Kami baru saja memperbarui perjanjian kami dengan Google dengan perpanjangan waktu 3 tahun. Perjanjian ini akan berakhir pada November 2011 yang sebelumnya akan berakhir pada November 2008, jadi kami punya kestabilan pemasukan”

Chrome, yang telah diluncurkan versi betanya, adalah browser open source dengan fitur lengkap dan berbeda dari Firefox dalam hal-hal tertentu.

Yang pertama, Chrome mempunyai fitur private browsing yang dikenal dengan Incognito, yang mengijinkan pengguna menggunakan browser dengan privasi penuh. Fitur ini membuat browser tidak merekam jejak situs yang pernah dikunjungi (Firefox sedang bekerja memasukkan fitur ini pada Firefox 3.11, tapi untuk saat ini belum ada)

Google juga mengambil gaya browsing dengan tab yang digunakan oleh Mozilla dan Microsoft, namun dengan tampilan yang berbeda. Tatap muka Chrome menempatkan tab di atas, berbeda dengan browser lain yang mempunyai window yang mengandung tab. Popups dapat ditampilkan pada tab yang berbeda untuk melindungi integritas tiap-tiap proses

Chrome juga mempunyai fitur dukungan multi-proses dan mengandung Javascript Virtual Machine.

Dukungan multi proses disebut-sebut dapat meningkatkan stabilitas browser karena dapat mendukung banyak aplikasi web secara bersamaan dan memisahkan tiap proses pada tab-nya sendiri. Contohnya jika satu aplikasi web crash, maka tidak akan melumpuhkan browser seluruhnya-hanya tab yang lumpuh saja. Pengguna dapat menjalankan sebuah proses di tab satu dan bekerja di tab lainnya. Javascript Virtual Machine V8 didesain untuk kecepatan dan mendukung aplikasi web yang ada saat ini.

Menilai dari tampilannya Google Chrome memang lumayan cantik dan fungsional. Pertama kali saya coba browsing menggunakan Chrome memang terasa cepat. Tapi tentunya semua itu bergantung pada banyak faktor. Silakan anda coba sendiri versi betanya !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: