Tips-Tips Mencegah PC kena virus

Nah lo… Judul diatas mengena banget kan? Gimana caranya mencegah PC kesayangan kamu kena virus yang nakal. 

Tapi artikel yang ini bukan membahas instalasi dan penggunaan anti virus lo ya. Artikel kali ini dimaksudkan sebagai pencegahan supaya komputer bisa lebih aman lagi.

Langsung aja kita menuju tips #1. O iya sebelumnya saya menulis artikel ini untuk pengguna Windows XP Professional :

 

1. Disable Autorun untuk semua drive.

Seperti yang kita tahu, saat ini virus sudah sangat biasa memanfaatkan fasilitas Autorun pada Windows.  Sebenarnya sih fasilitas Autorun ini sangat bermanfaat bagi pengguna Windows. Misalkan kita mau menginstal software dari CD, kita tinggal memasukkan CD ke drive-nya lalu sesaat kemudian muncul menu instalasi tanpa kita harus susah payah mencari file instalasi di Windows Explorer. 

Tapi ya itu, sekarang virus juga ikut memanfaatkan fasilitas ini. Jadi hanya dengan memasukkan removable media ke drive-nya, macam USB Flashdisk atau CD secara otomatis Windows akan membaca apakah ada fasilitas Autorun yang dimasukkan ke drive tersebut kemudian membukanya secara otomatis. Dengan kata lain virus akan otomatis diaktifkan saat kita memasukkan removable disks ke PC.

Pada Windows fasilitas Autorun dapat terlihat dengan adanya file Autorun.inf di root removable media.

 

Autorun.Inf

Autorun.Inf

Jika ada file Autorun.inf maka Windows akan membaca isi file tersebut lalu akan membuka program yang diperintahkan oleh Autorun.inf tersebut. Berbahaya kan? 

Bagaimana menonaktifkan fasilitas Autorun.inf ini? Gunakan GPEDIT. Klik Start-Run-ketikkan ‘gpedit.msc’ (tanpa tanda kutip) lalu Enter/OK

 

GPEdit

GPEdit

Expand Computer Configuration, expand Administrative Templates, expand System, lalu di jendela sebelah kanan klik dua kali Turn off Autoplay :

 

enable turn off autoplay for all drives

enable turn off autoplay for all drives

Klik pilihan Enabled lalu pilih pilihan All drives pada pilihan Turn off Autoplay on, lalu klik OK

Selain di menu hirarki Computer Configuration, pada menu hirarki User Configuration juga ada yang persis sama. Lakukan langkah yang sama seperti diatas. Selesai.

Catatan : 

Dengan menonaktifkan fitur Autoplay maka setiap CD atau removable media lain yang mempunyai fitur Autoplay (dengan Autorun.inf) tidak akan bisa berjalan. Artinya jika ingin menginstal program dari CD harus mencari file installernya lewat Windows Explorer.

 

2. Menonaktifkan fungsi skrip Visual Basic (.vbs)

Virus sekarang juga banyak yang menggunakan skrip dari visual basic. Artinya, bekerjasama dengan Autorun.inf sebuah virus akan dengan otomatis menjalankan serangkaian perintah merusak sistem melalui sebuah script yang dibuat dengan Visual Basic. Memang cukup sederhana tapi lumayan mengganggu.

Kembali kita bisa menonaktifkan fasilitas visual basic script (.vbs) ini dengan mudah menggunakan Windows Explorer.

Buka Windows Explorer lalu klik Tools-Folder Options-lalu klik tab File Types.

 


Cari File Types .vbs

Cari Extensions VBS lalu klik Delete. Klik YES pada pilihan yang muncul.

Dengan cara ini maka skrip vbs yang muncul dari virus tidak akan aktif.

Catatan :

Bila ternyata anda sendiri yang membuat skrip Visual Basic, maka dengan cara ini sudah pasti skrip bikinan anda tidak akan jalan.

 

Oke gimana? Tentunya dengan cara ini virus semakin kita buat susah masuk ke sistem kita.

8 Responses

  1. Tips GO….!!!!! BLOG yg ga’ GOBLOG🙂

  2. Ok…Banget dach…!!!

  3. Trims banget dèch…!!!

  4. […] Downadup Removal Tool dari Symantec 4. Bila masih ragu, update anti virus anda dan scan lagi 5. Disable fitur autorun di semua removable media (PENTING!) Oke […]

  5. […] port-nya, program USB Secure akan muncul secara otomatis. Namun bila fitur autorun dinonaktifkan (untuk menghindari virus yang menggunakan autorun ini), maka untuk membuka proteksi USB Secure cukup dengan menjalankan file USB Secure.exe yang […]

  6. nice artikel

  7. […] Fungsi ini akan mematikan fungsi Autoplay di Windows. Sebenarnya ini adalah langkah singkat fungsi GPEDIT.MSC yang telah saya singgung pada artikel […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: