Sistem Infus pada Printer? Bisa !

Selamat sore wahai pembaca setia Go….!!!! BLOG.

Kemarin (9 Desember 2008) saya jalan-jalan ke Harco Mangga Dua seperti biasa membeli hardware pesanan orang. Sekaligus pula saya membeli printer baru untuk warnet dan kemudian diinfus.

Hah! Printer koq diinfus-infus segala?!….

Iya betul para pembaca yang budiman. Jaman sekarang apa sih yang nggak bisa diakali? Termasuk printer pun bisa diakali supaya penggunaan tinta lebih hemat dan cermat.
Sebelumnya saya pusing sekali dengan printer tinta di warnet. Sebentar-sebentar di suntik. Belum lagi jika tintanya nggak keluar…wah.. Pokoke mumet deh !!

Akhirnya saya mau ikut-ikutan orang dengan cara menginfus printer. Apa sih infus printer? Yuk kita telusuri bersama πŸ˜€

CISS: Continuous Ink Supply System

Menginfus Printer ada istilah kerennya yaitu CISS (Continuous Ink Supply System) atau bahasa Indonesianya adalah Sistem Penyediaan Tinta Berkelanjutan. Jadi dengan CISS ini tinta tidak hanya tersedia di tabung cartridge, tapi juga ada di luar printer dan menyediakan kebutuhan tinta melalui selang ke dalam tabung cartridge yang sudah ada. Dengan sistem ini maka level tinta akan selalu terpantau dan kita nggak akan pernah kehabisan tinta.

Untuk merek printer akhirnya saya putuskan menggunakan Canon IP1300 dengan alasan harga dan performa yang seimbang.

ip13001

ip13002

ip13003

ip13004

KEUNTUNGAN
Jadi keuntungan apa saja yang didapat dari CISS ini :
Tentunya dengan CISS kebutuhan printer akan tinta akan dapat selalu terpenuhi dan level tinta dapat terpantau dari luar. Jika salah satu tinta akan habis dapat langsung diisi dari tabung eksternal.

KELEMAHAN
Dengan CISS ini maka cartridge akan mendapat suplai tinta terus menerus. Malah karena tinta yang terus mengalir maka tinta dapat saja mengalir keluar dari head.

PERAWATAN
Merawat printer yang dimodifikasi dengan CISS sebenarnya cukup mudah. yang penting adalah :
1. Usahakan mencetak halaman berwarna satu kali setiap hari. Ini untuk mencegah head buntu atau kotor karena tinta menumpuk di head.

2. Posisi tangki eksternal CISS harus lebih rendah dari printer. Ini akan membuat tinta tidak mengalir terus menerus ke cartridge printer (sesuai dengan prinsip gravitasi)

HARGA
Jadi berapa harga untuk satu paket CISS ini?
Di Harco Mangga Dua saya menemukan satu toko di lantai 3 yang cukup profesional dan harga terjangkau. Untuk printer harganya Rp. 365.000, cartridge tinta hitam kompatibel Rp. 90.000, dan CISS lengkap dengan tinta dan pemasangan adalah Rp. 125.000.

Jadi mau coba CISS? Coba aja! πŸ˜€ πŸ˜€

Catatan :
Dengan modifikasi printer menggunakan CISS maka menyebabkan garansi pabrik tidak berlaku. Tidak semua printer bisa di modifikasi dengan CISS. Printer yang banyak digunakan untuk CISS adalah : Canon IP1300, IP1880, IP1980, Epson C90, T11 dan R230, sedangkan HP jarang penjual CISS yang mau memodifikasinya dengan alasan rumit dan rentan kerusakan.

14 Responses

  1. printer saya 1p300, dan sempet pake tinta infus, tapi selangnya sering macet, jadi waktu ngeprint sering gagal karena catride-nya kehalang sama selang..

  2. sama…awalnya saya juga mengalami masalah serupa. Tapi triknya adalah menaikkan sedikit penahan selang yang berada di depan printer, atau tarik sedikit selang supaya pas dengan gerakan mekanik printer. bila ingin melihat pergerakan mekanik sambil membuka cover, tekan saklar putih di dalam cover yang adanya di sebelah tombol RESUME.

  3. nter jwbn’y dikrim k imel aq y.. Aq pke Canon ip1880, bisa ngga pke CISS kalo cartridge asli’y ud pernah aq suntik??

  4. aku pake epson, tapi lupa lagi tipenya n printer ku juga di infus. lebih murah lebih irit lebih hemat. sebener nya ada gosip kalo epson model ini tuh harus beli catrige nya nggk bisa di suntik tapi aku denger2 dari temen2 di infus aja, n akhirnya aku infus deh lumayan satu warna nya cuma 20rbuan… hheee….

    • Sip sip..justru Epson mah lebih ekonomis. Misal tipe C90 dia cuma ganti cartridge. Headnya misah dengan cartridge jadi lebih murah. Daya tahan head juga lumayan Β± 1 tahun.
      Trims sudah berkunjung ya ^^

  5. saya punya epson stylus TX111 yang di infus
    masih baru
    lampu power warna hijau keadan nyala tapi lampu tinta juga nyala warna merah jadi tak bisa ngeprint
    tolong gimana caranya printer kembali ke norma
    terima kasih

  6. saya punya epson stylus TX111 yang di infus
    masih baru
    lampu power warna hijau keadan nyala tapi lampu tinta juga nyala warna merah jadi tak bisa ngeprint
    tolong gimana caranya printer kembali ke normal
    sudah di coba tapi masih belum bisa.
    terima kasih

    • biasanya permasalahan blinking terjadi karena:
      1. Salah satu cartridge tidak dikenali oleh printer. Pada software akan menampilkan peringatan tersebut.

      2. Cartridge yang digunakan bukan cartridge “auto reset”. Sehingga meter tinta tidak bisa kembali ke keadaan full, alias terbaca “tinta kosong”.

      Menyiasati hal ini ada beberapa cara:
      1. Jika masih garansi kembalikan ke instalatur infus printer
      2. Dengan bantuan instalatur infus printer ganti cartridge dengan yang “auto reset”
      3. Sebelum meter tinta kosong seharusnya bisa di reset menggunakan SSC Service utility,sehingga akan selalu terlihat “tinta penuh”.

      Demikian semoga membantu ^^

  7. Aku punya masalah yg sama dgn bro edi barliano di atas, lampu indikator nyala normal, namun salah satu cartridge (cyan) ada tanda silang (tidak dikenali), pdhl mash baru beli 3 hari ‘n blm kepake sama sekali. Pusing deh, mo direset software SSC takutnya malah tambah parah, soalnya msh baru beli.

  8. mas eko, saya punya printer canon MP258,tinta infusnya gak nyedot ke cartrige alias masuk angin, solusinya gimana mas, kirim ke emai saya aja mas the_neptunuz@yahoo.com, thx

    • Halo Tito. Kalau tinta nggak tersedot ke cartridge, periksa apakah ada udara yang masuk ke sistem infus atau di selangnya.
      Biasanya permasalahan di PLUG yang menghubungkan selang ke cartridge. Pastikan PLUG dan SEAL nya rapat, dan buka penutup tanki supaya udara bisa menekan tinta mengalir.

  9. tx 111 scanernya sering error g ush di beli

  10. maaf,
    saya juga baca dibeberapa blog lain ada yang mengatakn kalo tangki tinta harus diletakkan sejajar dengan printer itu gimana ya yang bener??
    makasih πŸ™‚
    ditunggu balasannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: