Indomog Billing–Freeware Billing System

Selamat pagi.

Perburuan software billing freeware akhirnya sampai pada satu freeware nasional yang bernama MOG Billing. Hingga kini versi terbaru yang tersedia adalah versi 1.0 dan bisa didapat di situsnya.

MOG Billing ini sungguh berbeda dibanding software billing lainnya. Perbedaan paling jelas adalah dari tampilan di client. Di komputer client layar akan tertutup oleh tampilan flash based dan terlihat sangat dinamis. Pada sisi server penggunaannya mirip dengan Billing Explorer. Bahkan kemiripannya hingga ke menu bar. Apakah MOG Billing dibuat oleh tim yang membidani Billing Explorer? Hmm…

 

+ Instalasi

Instalasi Mog Billing ini lebih rumit dibanding billing lainnya. Namun user guide yang disertakan sangat membantu proses instalasi. Tahap pertama di sisi server harus menginstal MySQL untuk database billing nya dan tentu saja jika ada MySQL pasti ada APACHE Web Server. Barulah setelah restart proses instalasi berlanjut ke modul Billing Server-nya. Nampak terlihat jelas bahwa di sisi client sebenarnya tampilan flash mengambil dari web page lokal dari web server APACHE.

 

Tampilan MOG Server

Tampilan MOG Server

+ Hasil Akhir

Secara umum Indomog Billing System dapat menjadi alternatif pilihan. Apalagi statusnya yang berupa freeware. Namun versi 1.0 ini nampak masih sangat sederhana. Salah satu contoh kekurangannya adalah : Bagaimana keluar dari billing di client? 

Billing ini memang lebih secure di sisi client dimana desktop Windows tidak terlihat dan user hanya bisa membuka program yang telah di-set sebelumnya. Namun ini juga membawa akibat negatif karena tidak semua user suka dibatasi akses ke desktop Windows dimana mereka telah terbiasa menggunakannya. Walaupun semua program yang diperlukan bisa di-set di billing client namun hal-hal kecil nampaknya terlewatkan oleh Indomog ini. Misalnya bagaimana jika user ingin mencabut USB flash drive? atau bagaimana jika user ingin menyalin file hasil download ke flash drive? Walaupun bagi user tingkat lanjut hal diatas dapat dengan mudah dilakukan namun tidak demikian halnya dengan pengguna awam.

Menurut Go…. !!!! BLOG Mog Billing System 1.0 ini lebih cocok untuk billing game center. Namun tidak menutup kemungkinan bisa juga digunakan untuk warnet.

Detail lebih lanjut ada di user guide yang disertakan pada installer programnya.

18 Responses

  1. hidup indomog., go software nasional !

  2. bagaimana cara men start up mog billing client, saya sdh coba melalui ms config sdh aktif tapi di start up gak mau aktif juga, tulongg ya bantuin ….

    • bila lewat msconfig tidak aktif bisa menggunakan metode “jadul” yaitu copy-paste shortcut file EXE nya ke :

      C:\Documents and Settings\nama_User\Start Menu\Programs\Startup

      demikian semoga membantu ^^

  3. mantap bro…
    setelah susah nyari billing…akhirnya dapat punya anak bangsa… g komirsil lagi…ini baru anak bangsa

  4. kok gw dah install clientnya tapi pas dijalanin layar putih semua, tolong bro, darurat ini

    • kejadian sama waktu ana pertama instal, mmg kalo waktu pertama di jalanin harus di setting dulu, tertutama setting ip adres server nya, tapi bingung kan di mana letak setingannya….?? kalo layar putih semua memang belum terkonek ke servernya karena blm di set ip servernya….caranya…??? gampang …tungguin aza terus….kurang lebih 1 menit….tar ada gambar kunci inggris di pojok kiri atas..tinggal klik masukin pasword default nya dulu 1234 terus ok…muncul dah bwt setting ip nya…moga bantu..

      • wah sdh sy coba seting ip adres nya tp masih aja putih layar nya ,tak cek di polder nya ada tulisan ficture emfty,di client sy msh ada biling lain dan sdh tak hapus gmn yaa tuluuuuung/tlooong donnng??

  5. Thanks INDO MOG nya sangat membantu …..
    Maju terus anak indonesia

    mau dong bantu dana untuk pengembangannya …

  6. trims semua atas bantuannya ^^

  7. buat yang masih kesulitan silakan konsultasi dengan HELP file-nya. kadang dengan instal-uninstall bisa lancar lagi. jgan lupa karena billing ini berbasis Flash, jadi Flash player harus terinstal dengan baik…

  8. Kayaknya untuk menu personal belum ada😦 sayang…

  9. Billing MOG emang mantap bgt, tp pas aku pake da virus di dlm nya yaitu “ALMANAHE” yg katanya suka ngopi data2 atau bikin gemuk data yang ada. contohnya jika kita copy data & Paste maka dia mencopy data tsb sebanyak 3 atau 4 kali

  10. pak aku udah insstall biling client dan servernya udah tak cba dari sisi clientnya udah idle ke server udah ada tampilan flash playernya tpi mau login kok dak bsa y dipojokan atan suruh msukin id dan passowrd nya ,.,.truz id dan passwornya ap y,.,.tlong pnjelasanya mkci.,,.,.,.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: