Bersih bersih Windows Kamu? So Harus laa!

Selamat pagi semuanya. Maaf ya baru ngisi blog lagi. Habis saya baru sembuh dari sakit nihūüėÄ ..rada muriang batuk pilek gitu deh!

Oke untuk artikel kali ini saya pilihkan yang singkat-singkat saja yaitu Bersih-bersih Windows.

Memangnya si Windows perlu dibersihkan ya? Ya iya lah, masa ya iya dong!

Tiap kita beraktifitas dengan Windows atau membuka program, dia akan menghasilkan file temporary atau file sementara untuk mendukung aktifitasnya. Nah setelah program tersebut ditutup secara otomatis file temporary ini akan dihapus.

Namun adakalanya program tertentu mendadak nge-hang atau tidak bereaksi terhadap input dari user. Nah otomatis kita harus menutup paksa program tersebut menggunakan Task Manager. Sayangnya dengan menutup paksa file temporary tidak dapat dihapus secara otomatis alias ngendon di hard disk kita.

Begitu pula saat kita browsing internet saat browser memuat halaman yang kita tuju, maka sebagian isi atau content dari situs tujuan akan disimpan di harddisk untuk mempercepat pemuatan halaman bila suatu saat kita mengujungi situs tersebut. Aktifitas ini juga bisa disebut temporary files, atau lebih tepatnya temporary internet files.

Apa lagi ya? O itu, saat kita membuka dokumen-dokumen di harddisk maka secara otomatis sejarah (history) dokumen yang pernah dibuka-buka akan terekam di My Recent Documents atau di menu File tiap-tiap program. Dengan metode ini maka kita nggak perlu repot-repot mencari dimana lokasi si file berada. Cukup dengan melihat di My Recent Documents maka program yang pernah dibuka akan tampil disitu. Tapi tentunya proses mengingat history  ini juga memakan tempat di hardisk. Jadi termasuk temporary files juga.

Ada lagi di Windows XP yang namanya PREFETCH file. Tapi prefetch ini kalau bisa jangan dihapus. Sebab pada Windows XP saat membuka program dia akan membuat file prefetch (.pf) juga. File ini fungsinya mempercepat waktu buka (loading) program. Bila file prefetch ini dihapus maka waktu buka program akan lebih lama, dan Windows pun harus membuat file .pf lagi.

 

Jadi gimana cara menghapus file-file sementara ini?

Cara paling gampang adalah menggunakan fungsi SEARCH di Windows :

search-tmp

Masukkan *.tmp, *.bak pada kotak All or part of the file name seperti diatas. Dengan cara ini maka si Windows akan mencari file dengan akhiran .tmp dan .bak dengan nama file bebas (ditandai dengan karakter *).

Bila sudah ketemu ya tinggal di-select all file yang ditemukan dari hasil pencarian lalu hapus deh! (Shift+DEL biar langsung dihapus. Nggak mampir ke Recycle Bin dulu)

 

Naah, cara diatas adalah cara manual menggunakan fungsi Search di Windows. Untuk fungsi penghapusan file sampah yang lebih baik gunakan program-program gratisan seperti CleanUP :

cleanup21

Untuk memilih file sampah apa saja yang mau dihapus klik saja tombol Options :

cleanup1Kalau sudah siap, kembali ke jendela utama CleanUp lalu klik tombol CleanUP!

Jika anda pertama kali menggunakan program Cleanup maka setelah klik tombol CleanUp, dia akan menawarkan fungsi simulasi pembersihan (klik yes di kotak dialog yang muncul). Fungsi ini akan mensimulasikan kerja CleanUP namun tidak ada file yang dihapus. Periksa satu-satu output yang muncul di kotak CleanUp! Report dan pastikan tidak ada file penting yang terhapus.

Jika semua sudah okey klik tombol CleanUp! sekali lagi dan klik “NO” dan tunggu hingga proses selesai. Biasanya setelah proses bersih-bersih selesai si CleanUp akan minta logoff atau restart komputer.

Sampai disini kegiatan bersih-bersih kita sudah selesai!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: