Go….!!!! BLOG Writer Lagi Diare…Hu hu hu

Waduuh! sudah lama juga nggak nulis Blog! 

Minggu kemarin saya kena flu ditambah demam dan batuk berdahak. Walah lumayan parah deh! Anakku juga sampe ketularan. Kasihan dia hidungnya mampet dan rewel kalau malam.

 

MRH

MRH

 

 

Eee..flu dan demam hilang, sekarang datang DIARE!

Dua hari lalu saya sekeluarga menginap di rumah orangtua dan malamnya beli gorengan plus cabe rawitnya. Nah! pas pagi-pagi perut terasa berontak dan mulas. Benar saja saya langsung mencret air dan angin melulu. Total di rumah ortu saya BAB 3 kali.

Sorenya kami pulang dan saya sudah harus masuk kerja shift malam di warnet. Yang namanya lagi diare, kerjaan jadi nggak beres dan bolak-balik BAB di warnet. Sontak badan lemes dan pusing karena banyak cairan terbuang. Pada posisi itu saya langsung beli obat NORIT.

 

NORIT

NORIT

Apa itu Norit :

 

Norit : Karbon Aktif Penyerap Racun

Norit hanyalah salah satu nama dagang dari karbon aktif (ada yang menyebutnya arang aktif). Karbon aktif merek Norit ini diproduksi oleh NORIT Pharmaceuticals yang berbasis di Amersfoort, Nederland. Sedangkan merek lain misalnya,InstaCharSuperCharActidoseLiqui-Char, dll.

Bahan baku untuk membuat karbon aktif cukup beragam, antara lain : kayu, batu bara, kulit kacang, atau serbuk gergaji. Bahan baku ini kemudian ‘diaktifkan’ dengan cara kimia, yaitu dengan mencampurnya dengan asam, atau dengan cara mengukusnya menggunakan uap atau gas pada temperatur tinggi. Hasilnya adalah arang berwarna hitam legam, namun tak berbau dan tak berasa.

Jika karbon aktif diperiksa dibawah Scanning Electron Microscopy, akan terlihat pori-pori dalam jumlah yang sangat besar. Pori-pori ini mempunyai ukuran yang bermacam-macam. Pori-pori yang berukuran lebih dari 50 nm disebut macropores, 2 nm – 50 nm mesopores, dan di bawah 2 nm micropores. Jika kita hitung, maka 1 gram karbon aktif mempunyai luas permukaan pori-pori 0,5 sampai 1,5 kilometer persegi. Suatu jumlah yang luar biasa.

Dengan gaya Van der Walls yang dimilikinya, pori-pori yang sangat luas ini mampu menangkap berbagai macam bahan, termasuk bahan beracun. Oleh karena itu karbon aktif dapat digunakan pada kasus overdosis obat, keracunan makanan, atau tertelan bahan beracun. Namun, kemampuannya menangkap racun ini hanya terjadi di lambung dan usus, ketika zat beracun belum terserap dan masuk ke dalam peredaran darah. Sehingga, semakin cepat diberikan, semakin banyak racun yang dapat diserap.

Tidak semua bahan dapat diserap oleh karbon aktif. Beberapa diantaranya yang tidak dapat diserap adalah litium, asam atau basa kuat, logam dan bahan inorganik (misalnya, natrium, besi, timah, arsen, yodium, fluorin, dan asam borat), alkohol (misalnya etanol, metanol, isoprofil alkohol, glikol, dan aseton), dan hidrokarbon (seperti minyak tanah, bensin, oli, dan hidrokarbon tumbuhan seperti minyak pinus). Sehingga, pada kasus keracunan zat-zat ini, karbon aktif tidak boleh diberikan.

 

NAH! Obat ini sudah jadi kepercayaan saya sejak lama jika diare. Jadi saya langsung minum Norit 3 biji dan lanjut bekerja. 

Tidak lupa saya banyak minum untuk mengganti cairan yang hilang. Untuk masalah minuman ini saya percayakan pada Pocari Sweat yang ber-ion.

So, hari ini sudah agak lumayan diare berkurang. Dan ini yang penting saudara-saudara :

Diare tidak boleh dihentikan secara total oleh obat. Diare menandakan bahwa ada racun atau bakteri dalam sistem pencernaan dan sistem tubuh memerintahkan perut untuk membuang bakteri tersebut melalui diare. Biarkan proses ini berjalan alami selama 2-3 hari. Jika diare dihentikan (dimampatkan) maka kuman dan bakteri yang seharusnya dibuang akan ngendon di  usus. Biasanya diare akan berhenti sendiri. Jika lebih dari 3 hari diare masih melanda, segera konsultasi ke dokter. Dan yang terpenting paksakan MAKAN selama diare. Tentunya makan makanan yang “aman” saja ya.

Jadi saat tulisan ini diturunkan saya masih membawa Norit untuk jaga-jaga dan sebotol Pocari Sweat. 

Ngomong-ngomong jadi banyak iklan nih. Harusnya saya dibayar nih!

Note to self : Never eat cabe rawit again…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: