Diffuser ‘Dua Tingkat’ Dinyatakan Legal

Dalam kebijakan yang mungkin menyebabkan perubahan besar pada hasil kejuaraan dunia 2009, International Court of Appeal (ICA) telah memutuskan diffuser dari BrawnGP, Toyota dan Williams adalah legal.

brawnGP Rear Diffuser

Keputusan yang dikeluarkan oleh ICA tersebut berarti akan menyebabkan kekacauan besar dari tim-tim selain diatas untuk mengubah diffuser mereka.

Dalam pernyataan singkatnya, FIA menyatakan:

‘International Court of Appeal FIA telah memutuskan menolak sanggahan keberatan atas keputusan bernomor 16 sampai 24 yang diambil oleh panelis steward pada 26 Maret 2009 di GP Australia dan ¬†seterusnya terhadap kejuaraan Formula 1 FIA 2009.

‘Berdasarkan argumentasi yang diperdengarkan dan bukti sebelumnya, pengadilan telah memutuskan bahwa para Stewards telah melakukan hal yang benar dalam memutuskan mobil-mobil yang dipertanyakan apakah sudah sesuai dengan peraturan.

Keputusan ini berarti tim-tim yang dipermasalahkan berhak menyimpan poin yang telah didapat pada dua balap kebelakang dengan Jenson Button dari BrawnGP memimpin klasemen sementara setelah dua kemenangan.

Diffuser ini telah membantu Button menjuarai dua GP pembuka di Australia dan Malaysia, dan Brawn GP memimpin klasemen konstruktor di depan Toyota.

Walaupun Ferrari, Renault, Red Bull dan BMW Sauber telah berargumentasi dengan keras terhadap desain Diffuser yang dipermasalahkan, para hakim berpihak kepada FIA dan stewards yang sebelumnya telah memutuskan komponen tersebut sah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: