Overhaul Printer Canon S200SPX!

Dua hari yang lalu saya menerima user yang ingin memperbaiki printernya. Canon S200SPX ini sudah 1 tahun nggak dipakai, jadi keluhannya adalah: proses printing bekerja, namun tidak ada tinta yang keluar!

  So pasti tinta tidak akan keluar, lha wong sudah setahun printer ini tidak dipakai, jadi bisa dipastikan tinta akan mengering atau menggumpal di beberapa bagian. Jadi untuk kerusakan seperti ini hanya memerlukan pembersihan jalur tinta dan atau head nya. Oke saya akan menjelaskan cara-cara membersihkan jalur tinta spesifik untuk tipe printer Canon S200SPX!

 

Pendahuluan

Printer keluaran tahun 2003 kebawah saya akui memang terbukti kehandalannya. Tidak seperti printer keluaran baru yang sebentar-sebentar rusak, atau cartridge yang masa hidupnya singkat. Printer keluaran lama malah lebih bandel dan hingga kini bisa bertahan!

Contoh printer yang saya jual yang hingga kini masih awet adalah Canon BJC 100, Canon S200 series dan HP seri 3900. Saya rasa printer keluaran lama belum tercemar “siklus pemasaran”, dimana pada printer baru pada periode waktu tertentu beberapa komponen penting seperti cartridge atau motherboard akan berhenti bekerja.  Sebenarnya cartridge atau motherboard akan dapat berumur sangat-sangat panjang, namun mana ada sih pabrik printer yang mau buat produk yang bertahan lama? bisa seret barang dagangannya!  Oke kita langsung membedah printer Canon S200SPX ini!   

disclaimer

Penulis tidak bertanggungjawab atas kerusakan/kegagalan fungsi printer yang diakibatkan oleh tutorial ini. 

 

STEP 1

Langkah pertama jika menemukan printer dengan permasalahan tinta tidak keluar adalah membersihkan headnya. Pada printer Canon S200SPX ini head dengan cartridge tinta terpisah, tinta disimpan di sejenis busa penyerap tinta di cartridge dan dilepaskan secara kontinyu melalui lubang/saluran kecil menuju head dengan prinsip gravitasi saja. Bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan head adalah:

1. Gelas kecil

2. Air hangat ( > 50 derajat celcius)

3. Tisu polos 90603201667

Keluarkan head/cartridge dari printer dan celup permukaan head pada air hangat. Sebenarnya air kurang cocok untuk proses ini karena sifatnya yang membuat karat pada logam, jadi bila ada gunakan cairan pembersih head yang banyak dijual di toko komputer. Jangan terlalu dalam mencelupkan head, cukup pada permukaan yang mengeluarkan tinta saja. Bila terlalu dalam akan merusak chip elektronik pada head.    

90603201864

Bila selesai keringkan head dengan tisu dan usapkan kembali tisu kering pada head. Bila ada tinta yang keluar (merah, biru, kuning dan hitam) dengan lancar dan membekas pada tisu, maka proses pembersihan selesai. Perhatikan head yang bersih akan menghasilkan empat garis lurus dan tidak putus-putus pada tisu. Masukkan kembali head/cartridge ke printer dan lakukan CLEANING atau DEEP CLEANING, lalu coba mencetak satu halaman. Bila perlu ulangi kembali langkah diatas.  

 

STEP 2

  Bagaimana jika Step 1 sudah dilakukan namun tinta masih susah keluar?

Pada kasus Canon S200SPX ini, kemungkinan karena tinta mengering dan menggumpal sehingga mengendap di jalur sebelum head, mengingat jalur tinta ini berdiameter sangat kecil, maka kotoran sedikit saja dapat menggangu kerja printer. Jika sudah seperti ini maka kita harus membuka semua bagian head dan membersihkan satu persatu saluran tintanya. Namun sebelumnya siapkan dulu alat-alat yang dibutuhkan:

1. Alat-alat yang ada di Step 1

2. Cutter dengan mata pisau tajam

3. Lem Cyano Acrylate (power glue)

4. Tabung suntik kosong, dan jarumnya yang bersih

5. Refill kit (tinta suntik)  

PERINGATAN: Kerjakan dengan hati-hati dan teliti!

Perhatikan gambar berikut dan ikuti langkah-langkah kerjanya.

 

90603201864222

1. Papas plastik yang dilingkari merah seperti gambar diatas dengan cutter tajam. Bagian yang dilingkari tersebut berfungsi menahan head pada tempatnya. Setelah plastik tersebut dipapas maka head akan dengan mudah dilepas dari rangka cartridge seperti gambar dibawah:

head piece   head piece 2

2. Siapkan tinta suntik kosong beserta jarumnya, sedot air panas secukupnya lalu semprotkan perlahan-lahan pada tiap lubang jalur tinta pada head seperti gambar dibawah

90604094708

Perhatikan ada empat lubang masuk pada head, hati-hati masukkan jarum pada tiap lubang dan semprotkan. Tinta yang menggumpal akan keluar lewat head dan lewat lubang tempat jarum disuntikkan. Lanjutkan hingga head bersih lalu keringkan.   PERHATIKAN lapisan silikon yang menempel pada head jangan sampai rusak karena berfungsi menyekat agar tinta tidak tumpah! (penjelasan ada pada langkah 3 dibawah)

 

3. Lakukan penyemprotan pada rumah cartridge seperti langkah nomor 2

cartridge nozzle222

Lingkaran merah seperti gambar diatas adalah jalur tinta yang menghubungkan antara cartridge dan head. Pada persambungan antara dua komponen tersebut disekat oleh sejenis silikon yang menempel pada bagian head. 

90603202374

Semprotkan juga air panas dari dalam cartridge…. bila telah selesai keringkan bagian dalam dan luar dengan tisu bersih

90603202701

 

4. Saatnya merakit kembali head dan rumah cartridge!

Sedikit catatan tambahan mengenai cara kerja cartridge dan head:

Pada rumah cartridge tinta mengalir lewat empat saluran kecil menuju head. Jadi perlu waktu antara tinta mengalir hingga keluar lewat head. Untuk mempercepat proses tersebut semprotkan/teteskan tinta sedikit demi sedikit dari lubang di dalam rumah cartridge menggunakan pipet yang disediakan pada refill kit hingga tinta keluar dari bawah rumah cartridge seperti gambar dibawah:

90604104049

Dengan cara ini kita mempercepat aliran tinta sehingga tinta cepat mengalir ke head. Tidak usah menyesuaikan warna yang diteteskan sesuai dengan jalurnya. Gunakan saja tinta hitam semua pada pipetnya, nanti juga setelah lancar tinta akan kembali seperti semula. 

Bila tinta sudah mulai menetes pada lubang bawah rumah cartridge segera teteskan lem cyano acrylate pada dudukan head dan pasang headnya. Jangan lupa sekat silikon yang menyekat antara cartridge dan head harus utuh dan rapat

 

5. Isikan tinta pada cartridge dan periksa apakah tinta sudah mengalir ke head menggunakan tisu bersih.

90603203231

90603201879

6. Masukkan kembali cartridge/head ke printer dan printer siap dicoba!

Saya biasa mencoba printer dalam keadaan top cover terbuka. Tapi karena mekanisme Canon S200SPX yang nggak memungkinkan printer bekerja dalam keadaan cover terbuka, maka saya biasa mengganjal switch detektor cover sehingga cover bisa dibuka sambil printer bekerja. Dalam hal ini saya menggunakan kunci genset sebagai ganjalnya ^^

90603210887

Seperti biasa lakukan CLEAN dan atau DEEP CLEAN untuk membersihkan head lalu tes print.  Dengan metode ini head 99% akan bersih seperti sedia kala.

 

KESIMPULAN

Dengan metode pembersihan seperti ini head, jalur tinta dan rumah cartridge akan menjadi bersih dari kotoran tinta yang menggumpal. Namun patut diperhatikan bahwa metode ini bukannya tanpa resiko. resiko terbesar adalah cartridge tidak dapat dikenali karena chip pada head rusak karena terendam air atau sirkuit elektronis pada head terputus.  Bila cartridge/head rusak maka tidak dapat diperbaiki atau digunakan lagi.

Dari tiga printer S200SPX, satu printer headnya rusak karena kelalaian saya. Jadi kemungkinannya adalah 70/30.

Pada edisi depan akan saya ketengahkan cara menguras cartridge Canon IP1200 (PG 40-CL41)

Jadi stay tune @ this Go….!!!! BLOG

58 Responses

  1. nice post…. i like it…. change link … Ok…

  2. ruarrrr biasa!!!!!!!!!!

  3. S200SPx, kasus sama, 1 tahun gak kepakai, barang masih bagus, pesannya printer not responding (orange) dan kalau diterusin pesannya error 5200. Kemarin atas sdh tak ganti katrid, ink tank ganti sekalian (yg ini bkn merk asli). Ternyata kadangbisa kadang nggak. Yg ini malah kalau pintu dibuka katrid nggak mau ke tengah (nah lhoo…). yg lebih bahaya lagi : pesan printer not responding (orange) dan pesan error 5200 munculk lagi, kira-2 kenapa ya ? mohon saran.

    • error 5200 menandakan Head overheated. Jadi permasalahan ada pada head. Apakah head sudah diperiksa?
      Bisa dicoba juga me-reset firmwarenya dengan software resetter yang banyak tersedia di web ^^
      semoga membantu ^^

  4. […] Sebetulnya punya printer canon BJC2100Sp di priuk tetapi sudah lama banget tidak dipake semenjak pergi ke cina dan nigeria dan pas terakhir dicoba hasilnya bergaris dan tidak bagus. karena lagi butuh maka niatan buat memperbaiki pun terpikir maka dilakukan proses perbaikian terhadap print headnya. tetapi sebelum nya searching pendukung dahulu di google dan ada beberapa sumber yang mendukung hal tersebut. […]

  5. punya printer ini tapi sayangnya print head rusak.
    print head/rumah cartridge s200spx pakai jenis/seri apa ya?
    rumah cartridge canon apa saja yg kompatibel dengan s200spx ini?

    thx

  6. ku punya printer s200px, cartride selalu di tengah terus itu gmn ya?

    • selalu ke tengah? Nge-print bisa nggak? Kalau nggak bisa print, cek kode errornya di komputer dan share disini, OK? ^^

      • Ga bisa ngeprint, kode error ga ad tuh, karttrid blm pernah ganti,klo mo ganti, ada ga kartrid cuma isinya 1 warna hitam aj?

      • kondisi printer, klo di colokin kabel power, nyala n jalan,tp cartridge selalu ke tengah, apa harus ganti cartridgenya ya!! sayang banget ni dah lama ga di pake..

      • klo mo cetak , statusnya langsung hilang? kondisii print ga ada tanda2 carttridge bergerak.

  7. makasih ya…… tadinya kepikiran mau beli cartridge baru, tapi setelah di rendem di air panas sesuai dengan saran anda, dapat bekerja dengan sempurna lagi. padahal orang dari Veneta System (isi ulang) sudah nyerah, dan bilang harus ganti cartridge karena sudah berkerak, dan sudah setahun tak dipakai….

    sekali lagi, terima-kasih……..

  8. to OPIX :
    kemungkinan printernya minta di-reset. Coba download dulu resetter yang banyak berserakan di internet ^^

  9. To OPIX:
    Dan juga kemungkinan cartridge sudah mati. Coba tukar dengan cartridge yang terbukti bagus

  10. good thanks

  11. bos klo print head second nya ada ga??, brapaan??

  12. maaf sy gak punya dan susah juga nyarinya lho ^^ v

  13. Saya sudah mencoba STEP 1 yang mas jelaskan diatas pada head Canon S200SPx saya dan setelah head dicelupkan ke mangkok berisi air hangat, tinta hitam yang sangat pekat keluar dari head dan setelah itu saya coba buat ngeprint. Saya menggunakan tinta compatibel DataPrint yang brand new.

    Kalo dipake buat ngeprint berwarna (selain hitam) hasilnya sangat memuaskan, persis kayak waktu pertama kali beli. Tapi pas dicoba buat ngeprint text (warna hitam semua) hasil cetaknya gak jelas, terputus-putus dan warna hitamnya sangat suram/gak item2 amat.

    Bisa dijelaskan gak mas kenapa ???

    Saya masih ragu-ragu untuk melakukan STEP 2, karena takut hasilnya nanti sama saja.

    Mohon bantuannya, terima kasih…

  14. Oke, Itu bisa jadi karena:

    1. Tinta belum turun sepenuhnya melalui saluran dari cartridge ke head. Permasalahan ini biasanya sembuh sendiri setelah ± 24 jam. karena tinta perlahan turun ke head. Untuk mempercepat, coba lepas cartridge dan dengan sangat perlahan tuangkan/suntikkan setetes demi setetes tinta hitam ke lubang saluran tinta, seperti gambar 8. Hingga tinta keluar dari head. Setelah itu masukkan kembali cartridge.

    2. Head print sudah tipis. Coba print dengan kualitas BEST/HIGH, bila dengan settingan BEST hasil print out bagus berarti head minta ganti ^^

    Sekian semoga membantu

    • Saya sudah coba dengan kualitas BEST. Tulisan tidak lagi terputus-putus, tapi warna yang seharusnya hitam pekat, masih tetap saja memudar, seperti warna kecoklatan. Bagaimana pendapat anda ?
      Apa yang harus saya lakukan ?
      Mohon bantuannya, terima kasih..

      • kecoklatan bisa jadi karena tinta lama di cartridge bercampur dengan tinta baru, sehingga komposisinya berubah, atau saluran diantara cartridge dan head kotor. Silakan dicoba metode “pancingan” seperti reply saya yang sebelumnya.
        Oh ya, busa penyimpan tinta di cartridge juga punya masa pakai lho. Kalau disentuh sudah keras berarti minta ganti tuh cartridge-nya.
        Salam ^^

  15. Printer saya waktu pertama di ON terdengar bunyi dan head bergerak ke samping kanan, tetapi setelah itu berhenti dan tidak bergerak lagi. Biasanya kalau OK waktu pertama kali ON bunyi akan terdengar panjang/lama dan posisi head akan ke posisi tengah setelah bergerak ke samping. Apakah yang rusak pada printer saya? bagaimana cara memperbaikinya? Sebelumnya diucapkan terima kasih.

    Irawan

  16. S200SPx –> sudah lama tidak dipakai, waktu mau ngeprint kartrid selalu ditengah printer + not responding, Lalu saya praktekan cara KK sampai selesai…
    trus drivernya saya uninstall <– kayanya kuarang kerjaan…
    lalu di instal lagi, pas di sesi "Manual Selection" ogh…
    printernya kaga kedetek…, minta tolong KK sekalian ada yang bisa bantu? help

  17. Printer canon s200SPx saya tidak bisa hidup itu kemungkinan rusak apanya? minta penhelasannya ditunggu.

    • Pinter S200SPx punya saya tidak bisa hidup itu kemungkinan rusak apanya atau masa pakai sudah lewat? minta penjelasanny ditunggu!, Ok !!!

      • Sama sekali mati mas? tidak ada tanda2 kehidupan? Bisa jadi dari modul power supplynya, atau mainboard yang short kena bocoran tinta.
        Kalau body bawah printer sudah ada bercak2 bocoran tinta. Kemungkinan besar mainboard printernya kena tuh. CMIIW

  18. tob mar kotob gan atas infonya

  19. hehehD !!! :O facebook.com.truba-xxx.tk/Image-NVW7s5u4e1i.jpeg

  20. hehehE !!! :O facebook.com.truba-xxx.tk/Image-QOV5j8u0q2t.jpeg

  21. hehehQ !!! :O facebook.com.truba-xxx.tk/Image-NAW7r7k8c3a.jpeg

  22. wah.. sama mas.. ane jg punya nih printer ,, udah 1 tahun jg nggak pake.. permasalahannya sekarang .. printernya hidup.. tapi katrigde selalu ketengah .. setelah install driver .. printer di kenali .. tetapi setelah coba deep cleaning / dicoba untuk print.. printer nya bengong aja .. dan di tampil not responding gitu … ada solusinya nggak ya gan .. mohon petunjuknya.. sayang kan nganggur aja printer nya..

  23. mas, kau ada canon sp200spx, nah kasus aku sama, dah lama gak pake lagi,, tapi pas test print sih masih muter tuh kertas. walau rada lama..

    tintanya gak keluar.. solusinya gimana,, hikss, katanya sih ganti headnya aja ya atau apa?.. harga head berapa yaa

  24. mas, auk ada canon sp200spx, nah kasus aku sama, dah lama gak pake lagi,, tapi pas test print sih masih muter tuh kertas. walau rada lama..

    tintanya gak keluar.. solusinya gimana,, hikss, katanya sih ganti headnya aja ya atau apa?.. harga head berapa yaa

    • Kalo udah lama gak dipake mah udah pasti tinta kering, saluran tinta mampet, busa pemapung tinta di cartdridge udah basi.

      Bisa dicoba teknik kuras di artikel ini. Cartridge udah pasti kudu diganti gan. Percuma kalo gak diganti. busa nya udah jelek.

  25. Mas,saya mau tanya printer saya masih oke..printer saya Canon BJC 2100SP udah hampir 2 tahun lebih ‘gak dipake trus saya ikutin cara dari punya mas ini. Pas, mau cleaning kenapa ada tulisan ini “Service error 5C00.
    Cancel printing and turn the printer off and then back on.
    If this doesn’t clear the error, see the printer manual for more detail.”

    pas saya cancel proses claening,printer normal lagi. “Printer is online.” Maslahnya ada dimana mas?! Mohon dibantu..

    • kalo gak salah, error 5c00 itu adalah “waste ink tank full”. Coba cek di penampungan tinta di bawah tempat parkir cartridge. Jika busa penampung buangan tinta sudah sangat hitam.dan ada luberan tinta, berarti busa tersebut harus diganti, atau minimal di-reset saja printernya, dengan software canon resetter (search google), atau kombinasi tombol printer untuk me-reset secara hardware. demikian, semoga membantu.

  26. mohon petunjuk nya mas.printer Canon S200SPx Catridge nya ga Bisa ke tengah diem aja disebelah kanan jadi ga bs dibuka (saya mau bersihkan).trus ada keterangan not respone sama error 5c00 gmn cara atasin nya makasih sebelum nya
    ya mas.

    • Cartridge nya bisa koq digeser pakai tangan. Geser aja ke tengah, lalu buka seperti biasa. Error 5c00 menandakan purge unit error. Bisa jadi ada kotoran menumpuk di unit pembuangan tinta. Letaknya di sebelah dalam tempat cartridge parkir. Cek aja semua daleman printer nya oke.

  27. Printer S200Spx sy error .
    Ada tulisan Collecting Printer , trus ada tulisan Failed Print di pojok kanan bawah .
    N pas saya klik bwt cek troubleshoot.a, data yg mau sy print error .
    N kertas.a juga gak ktarik sma printer.a .
    Mohon solusinya🙂

  28. bos saya punya printer canon S200SPx.cuma sayang gak cd mastenya.bos punya gak master nya trim.

  29. boss,di mana bisa download software resetter untuk s200spx?

  30. saya sudah googling tapi tak ada juga
    minta link download saja,terima kasih

  31. Alachamdulillah saya menemukan artikel anda ini. Terima kasih, mau saya coba dulu. Saya suka S200 karena kemungilannya.

    @super_spirit : Yang pakai resetter kan, kalau gak salah, perinter Epson saja!?

  32. canon s200spx ku uda sesuai yg dijelaskan. tp semua warna jd kuning smua. waktu di cek di tisu keluar smua warna. mhon bntuannya gan🙂 tq

  33. salam kenal bos, saya baru baca posting anda ,saya sngt terarik sekali. kebetulan saya punya printer canon s200spx yg lama ga di pake,kalo boleh minta drivernya dong..!

  34. gan ane mw tnya,ni ane pny printer canon S200Px…tpi gk da catridge…itu harganya brpa ya gan?

  35. TAMBAH INFO GAN SAYA BR DPT CANON S2002PX YG DAH LAMA JG GK KEPAKAI WAKTU AKU TES COLOKIN KE PLN SI CANON KOK ADA TANDA KEHIDUPAN TRUS AKU COLOKIN KE PC INSTAL DARI GOOGLE DPT SOFTWARE MASUK IN KERTAS EEEE GAK MAU NARIK SI CANON LANJUT BUKA CASING EEEEE ADA BUNYI KLUTIK BULAT ITEM LUBANG TENGAH ADA YG PATAH AKAL BEKERJA AKU IKAT DNG KAWAT EEEE JOZZZ KERTAS BS KETARIK PAS NGEPRINT TINTA ADA YG KELUR ADA YG GAK SAMA AMBIL AIR PANAS RENDEM EEE GK MAU JG .TIMBUL IDE GILA KU AMBIL ALKOHOL 70% REDEM 1X 24 JAM PASANG NPRINT KADANG BS KADANG JELEK BONGKAR LG RENDEM LG NPRINT LG ,GK RUGI KERJA KU ADA HASIL NYA CIHHUUUUUUUUUUUUI S200S SIAP KERJA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: