Ganti Kipas Power Supplymu Sendiri

Naaah. Jadi ceritanya CPU saya mendadak manja. Sebentar-sebentar mati, sebentar-sebentar mati. Mati koq sebentar-sebentar…hehe.

Eh selidik punya selidik ternyata kipas exhaust pada power supplynya mati. Sebenarnya sih nggak mati. Cuma mungkin karena panas atau debu jadinya putarannya berat. Lama-lama dia nggak berputar sama sekali.

Naah kebetulan di gudang masih ada satu power supply mati. Tapi kipasnya masih bagus! Ya udah deh. Saya tukar saja kipasnya!

PERINGATAN:

Lakukan langkah-langkah dibawah ini dengan terlebih dahulu MENCABUT suplai tegangan dari power supply, alias lakukan dalam keadaan tidak tersambung dengan PLN dan MAINBOARD. Sebisa mungkin jangan menyentuh komponen elektronik didalam power supply karena walaupun dalam keadaan mati ada beberapa komponen yang masih menyimpan tegangan tinggi. BEWARE!

Gimana caranya? Yuk kita sama-sama mengintip….eh melihat!

1. Buka kedua power supply yang akan ditukar kipasnya. Ada empat baut kecil di sisi lebar power supply. Jika power supply belum pernah dibuka maka ada salah satu baut yang tertutup stiker segel garansi. Buka saja stikernya.

Setelah itu buka kipas yang rusak dengan mengendurkan empat baut seperti contoh dibawah.

90809083777

2. Perhatikan ada dua kabel yang menuju ke kipas. Umumnya berwarna hitam untuk polaritas negatif dan merah untuk polaritas positif seperti gambar dibawah

90809083623

3. Putuskan kedua kabel

90809083824

4. Siapkan kipas pengganti. Pasang kipas pada tempatnya. Kencangkan bautnya. Hati-hati jangan terlalu semangat mengencangkan bautnya. Karena rumah baut kipas ini gampang “dol” alias malah jadi longgar nantinya. Secukupnya saja.

5. Sambung kabel kipas yang terputus dengan kabel yang berasal dari papan sirkuit sesuai warnanya. JANGAN terbalik. Kalau kamu punya keahlian elektronik, terutama menyolder. Sangat saya sarankan pada persambungan disolder saja. Kelupas kulit kabel secukupnya, lapisi timah pada tiap ujung kabel lalu panaskan kedua ujung yang akan disambung seperti gambar dibawah.

90809084492

90809084601

6. Terakhir…. ini yang WAJIB. Lindungi persambungan kabel dengan solatip elektrik

90809085979

7. Sudah beres? Ya sudah tutup lagi casing power supplynya! Pasang ke komputer dan nyalakan!

Sudah muter kan? oke to mantep to…ha ha ha…

Mas Go….!!!! BLOG Writer… koq gambare burem-burem cih?

GBW : Iya nih. pake kamera HP ecek-ecek soalnya. Ada yang mau menyumbangkan kamera mega pixels nggak buat GBW? hihihi.

Serius lo.

17 Responses

  1. mas komputer aq suka restar pas waktu maghrib. kenapa ya ..apa dia tau kalo maghrib waktunya sholat…

    serius /…

    • ichichichi…. ;))
      Itu selalu tiap hari pas magrib?
      Kalau memang tiap hari kemungkinan besar ada pirus euy?
      Eta pan pernah ada juga pirus yang nanyain “sudah solat belum..?”. Mirip mirip gejalanya.

      ATAU
      pas magrib, sore listrik spanning/turun jadi kompi ga kuat ngangkat. udah rada maleman listrik naek lagi. Coba ganti stabiliser, atau power supplynyah.
      oke ^^

    • sama seperti kom saya.

  2. om compi ku kluar tulisann check signal cable,… semula aku check satu2, dan akhirnya terlihat bahwa keyboardnya tidak nyala, akhirnya aku ganti dengan yang laiin, tetapi setelah 5 kali penggantian keyboard yang berbeda kompi ku tetep eror, apa mungkin mainboardnya kna,..?
    mohon bantuannya,…..

    • Check Signal Cable itu berarti sinyal dari CPU tidak ada. Berarti permasalahan di CPU.
      Permasalahan CPU yang paling ringan ya paling dudukan memori kendor, atau tegangan turun.. bawa saja ke tukang serpis oke ^^ v

  3. kang, kalo kipasnya dibersihin, bisa hidup lagi?
    atau memang hrs ganti kipas?
    kalo ga ada kipas pengganti, gmn?

    • Kemungkinan besar kipas macet karena debu. Bisa juga dibersihkan, atau semprot sumbu kipas dengan cairan penetran macam WD 40. Kalau setelah disemprot masih gak muter ya harus diganti. Kipas pengganti bisa nyomot dari kipas ekstra casing koq ^^

  4. kang,numpang tanya?kalo nyomot kipas dr Ekstra casing voltacenya beda ngaruh gak ya??misalnya yg sebelumnya 10 vol di ganti yg 12 vol…

    Thx

    • kipas ekstra casing kan udah 12 volt gan? rata2 kipas di komputer udah 12 volt semua. Kalo memang 10 volt sih gak apa dikasih 12 volt. paling lebih panas doang🙂

  5. gan mau tanya.kan kmputer ane hbs d clean tpi kok kpas suplay jd g hdup.dan uda ane tes kbl hjau n htam tetp g nyala?KNPA TUH

  6. gan numpang tanya.cara membuat hirenboot gmn ya.biar saya ngga harus gondol2 CD toom. ngga apa2 ngga awet juga.

  7. mas kenapa sblum mati lampu kmpter saya baik” saja, tpi pas sya ngdupin dri mati lampu, mlah power supleynya berisik bner,, itu kenapa yha ??

  8. mas kalo mau ganti kipasnya
    trus mau beli di toko itu kipasnya ada tipenya sendiri atau sama semua…??? (untuk kipas power supply aja)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: