Software Resetter Printer-Perpanjang Umur Printer Kamu

Hola. Selamat Pagi semuanya.

Printer-printer jaman sekarang nih, kebanyakan umurnya nggak lama. Taruh kata maksimum umur printer bila dipakai 10 jam sehari adalah satu tahun pas. Ini pengalaman pribadi kawan saya yang punya printer Epson C90. Setelah satu tahun dipakai untuk warnet, headnya mulai aus dan operasional printer mulai rewel.

Coba bandingkan sama printer tahun 2000 kebawah. Misalnya printer Canon BJC 210. Ada user saya yang beli printer ini-bekas pula-pada tahun 2004. sampai sekarang printer tersebut masih jos gandos!

BJC210

Kalau dari pengamatan saya. Printer jaman dulu itu dibuat dengan ketangguhan yang maksimal dan dari pabriknya diusahakan untuk seawet mungkin. Kecuali print head atau cartridge secara keseluruhan, mesin-mesin printer jaman dulu lebih tangguh dibanding printer-printer sekarang.

Nah, gimana dengan printer masa kini? Kayaknya printer masa kini dibuat dengan perhitungan nilai ekonomis sejak dari pabriknya. Coba deh bayangin. Kalau printer bisa awet sampai bertahun-tahun, apa perputaran penjualan produsen printer nggak jadi seret? Kalau printer awet, ya si pengguna nggak bakalan beli printer baru lagi. Ya toh?!

Oleh karena itu printer masa kini sepertinya sudah dijejali pewaktu (timer) yang secara otomatis akan “merusak” dirinya sendiri. Wow. Tapi itu hanya pendapat saya pribadi lho.

Tapi coba deh rasakan sendiri. coba saja gunakan printer selama beberapa waktu. Selang beberapa lama printer akan mulai menampilkan pesan-pesan error, misalnya pada printer-printer Canon akan ada pesan error pada head atau yang umum adalah pesan error ink waste pad yang membuat printer berhenti bekerja secara total.

Memang sih fungsi ink waste pad sangat krusial. Dia menyerap kelebihan tinta yang keluar dari head dan dibuang ke waste pad sejenis busa padat di dasar printer. Jika waste pad ini sudah jenuh, maka tinta yang terserap akan luber dan berpotensi merusak motherboard printer.Tapi sepanjang pengamatan saya, waste pad ini tidak diawasi oleh secuil sensor apapun. Pesan error ink waste pad hanya dikendalikan oleh timer pada motherboard printer.

Jadi seringkali waste ink pad belum jenuh, timer sudah bekerja dan printer mogok.

—–

Bagaimana mengakali keadaan diatas? Apalagi -misalnya keadaan sudah larut malam dan ada deadline pekerjaan yang harus diselesaikan malam itu juga dan printer dituntut bekerja tanpa kerewelan.

Nah inilah gunanya software resetter.

software resetter berfungsi mengirimkan perintah-perintah ke printer yang sebenarnya bukan untuk konsumsi kalangan umum. Salah satunya adalah untuk me-reset timer/counter ink waste pad seperti penjelasan diatas. Dengan sofware resetter ini, printer dapat bekerja kembali karena counter kembali ke posisi 0.

Tapi ingat! Pada kasus ink waste pad, suatu saat busa penyerap itu ya harus diganti juga. Gejala waste pad sudah jenuh adalah bagian bawah printer suka “ngompol” atau keluar tinta dan mengotori body bawah printer.

Untuk artikel kali ini saya contohkan software resetter untuk printer Canon IP 1300/IP 1700

Jalankan GeneralTool.exe dan jalankan langkah-langkah berikut:

RESETTER

1. Nyalakan printer, tunggu hingga proses startup printer selesai (mekanisme printer sudah berhenti bekerja)

2. Tentukan printer Canon tersebut berada di port USB yang mana dengan memilih di drop down menu USB Port. Kalau nggak yakin, matikan printer lain yang terhubung ke port USB, jadi hanya printer Canon calon korban yang aktif.

3. Centang pilihan EEPROM CLEAR

4. Klik tombol MAIN dan PLATEN pada bagian Clear Waste Ink Counter.

5. Perhatikan printer akan berkedip yang menandakan proses clearing counter sudah berhasil

6. Selesai!

—– Maka printer siap digunakan kembali.

Sebenarnya fungsi software resetter ini masih banyak. Salah satu diantaranya adalah mengubah identifikasi printer menjadi model yang lain. Misalnya Canon IP 1300 menjadi IP 1700 (dan Windows meminta driver IP 1700 juga). Tapi itu diluar jangkauan artikel ini ya.

Wokeh selamat mencoba!

2 Responses

  1. Blog anda OK dan unik Banget!. Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

    Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

    Salam hormat
    http://kombes.Com

  2. I don’t know If I said it already but …Cool site, love the info. I do a lot of research online on a daily basis and for the most part, people lack substance but, I just wanted to make a quick comment to say I’m glad I found your blog. Thanks, 🙂

    A definite great read..Jim Bean

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: