USB Polarity Checker. As Easy as ABC

Howdy.

Bagi anda para hobiis komputer atau  yang kerjaannya memang merakit komputer pasti pernah mengalami kebingungan saat akan memasang konektor untuk panel depan USB.

Kalau motherboard atau casing  jaman sekarang sich nggak jadi masalah ya. Soalnya si konektor sudah jadi satu dan pemasangannya nggak bisa dibolak-balik. Lain dengan motherboard dan casing Pentium 4 kebawah. Pasti ada yang konektornya terpisah-pisah dan di motherboardnya nggak ada petunjuk yang jelas antara konektor untuk suplai tegangan +5v, Data +, Data – dan -5V.

Saya pernah salah memasang konektor seperti ini dan akibatnya satu flash disk 128 MB harus saya relakan kepergiannya, karena dengan salah pasang konektor di motherboard, berarti polaritas +5V dan -5V jadi terbalik.

Berkiblat dari situ timbul ide untuk membuat USB Polarity Checker ini. Niatannya adalah bila USB Polarity Checker ini dimasukkan ke port USB, maka jika polaritasnya benar lampu LED akan menyala hijau, dan sebaliknya.

Oke kita lihat dulu bagaimana hasil jadi dari USB Polarity Checker ini :

Diatas adalah hasil jadi dari USB Polarity Checker.

Dan gambar diatas adalah USB Polarity Checker sedang beraksi. Maafkan atas kualitas gambarnya😉

Oke langsung aja menuju cara membuat USB Polarity Checker ini, tapi sediakan dulu bahan-bahan yang diperlukan :

1. Solder, timah dan kemampuan menyolder

2. Casing flash disk yang sudah tidak terpakai berikut dengan kepalanya.

3. LED 3V merah 1 unit

4. LED 3V hijau 1 unit

5. Resistor 220 OHM 1 unit

Dan ini adalah skema sirkuit nya :

Dan ini adalah panduan pemasangan LED yang benar :

Pertama-tama pisahkan papan sirkuit flash disk dengan kepala konektornya menggunakan solder, sehingga yang tersisa adalah casing dan kepala flash disk.

Sediakan papan sirkuit untuk eksperimen (PCB bolong-bolong/matriks) dan potong sesuai ukuran flashdisk. Langsung solderkan antar kaki komponen yang berkaitan di PCB matriks tersebut :

ZOOM in :

Perhatikan bahwa konektor USB punya empat pin, yaitu +5V, + data, – data dan -5V. Pada gambar diatas Resistor 220 OHM tersambung dengan pin +5V. Pin DATA tidak digunakan. Posisi pin USB yang benar adalah seperti dibawah (gambar kepala USB menghadap depan)

Nah, gimana? gampang kan. Tes dulu pada USB port yang memang sudah benar pemasangannya dan pastikan lampu hijau yang menyala. Lalu balikkan konektor USB panel depan di motherboard dan pastikan LED yang merah yang menyala. Untuk hasil akhir yang lebih manis saya serahkan pada pada pembaca yang budiman, bahkan bila perlu lubangi body penutup flashdisk sehingga LED menyembul keluar. Persis seperti buatan saya.

Oke sampai jumpa di lain waktu ^^

10 Responses

  1. ngomong2 tuh kuncinya kunci apaan yah??cara bikin kunci kaya gitu gimana yah?

  2. mas kalo kuncinya di lepas dari USB. jalan ngga USB chekkernya…?

  3. boleh lah (mayan tutorialnya) thx…🙂

  4. murah dan berguna,cerdik!!

  5. congrolation

  6. itu sih cman deteksi bnar salahx sambungan. ada g rangkaian klu seandaix FD salah tengangan langsung terprotect. sehingga tidak mengakibatkan FD menjadi rusak. klu ada itu baru jempollllllll,……!!!!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: