Laser Titik Quantum Fujitsu Menembakkan Data pada 25Gbps, Bukan Hanya Pamer

Fujitsu baru saja mengumumkan apa yang dilaporkan sebagai laser titik quantum pertama di dunia yang mampu mengirimkan transmisi data 25 gigabits per detik.

Saat ini kita sudah melihat pengiriman paket data metode laser dengan kecepatan 1, 2 terabits per detik melalui medan terbuka (Wi-Fi), hingga kecepatan 15,5Tbps melalui saluran optik, lalu kenapa metode transmisi 25Gbps ini menarik perhatian kita? Ini karena ada berita bahwa IEEE berharap membuat standar ethernet 100Gbps pada 2010 ini dan empat laser nanokristal baru dari Fujitsu akan digabungkan menjadi satu supaya memenuhi standar tersebut.

Ditambah lagi solusi titik quantum perusahaan itu dilaporkan menggunakan daya listrik yang lebih rendah dari pesaingnya, dan juga Fujitsu mempunyai firma-QD Laser-yang mengkampanyekan komersialisasi teknologi tersebut. Kesimpulannya, teknologi baru ini kemungkinan akan mendunia..apabila pihak-pihak yang menggunakannya lebih sukses dari perusahan-perusahaan besar yang menggunakan teknologi fiber optis. Selain itu kita juga akan menikmati pertunjukan kecepatan yang benar-benar serius.

Engadget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: