Amankan Flash Disk dari Virus

Flash disk…Sebuah perangkat penyimpan data bergerak yang sangat praktis. Tapi juga praktis untuk virus beranak pinak!

Begitulah kodrat perangkat mobile macam flash disk atau portable hard disk. Dia bisa sangat bermanfaat buat penggunanya, namun di lain sisi dia juga bisa membawa virus dan program jahat lainnya dari komputer yang terinfeksi ke komputer lain yang tidak berdosa.

Bagaimana virus bisa menumpang tanpa bayar ke flash disk yang imut dan lucu itu?

Salah satunya adalah melalui fasilitas Autorun atau Autoplay Windows. Dengan fasilitas Autorun ini, virus membuat satu file bernama autorun.inf di flash disk, dan nantinya autorun.inf ini akan mengarahkan virus untuk berbuat maksiat di komputer tujuan.

Sebenarnya si file autorun.inf ini hatinya baik, hanya sekarang ini banyak disalahgunakan oleh virus. Ya sudah, terpaksa kita matikan saja si file autorun.inf ini!

Salah satu cara mengamankan flash disk dari virus adalah membuat file autorun.inf tidak bisa dimasuki virus. Memang pada dasarnya Windows akan membuat file autorun.inf secara otomatis tiap flash disk dicolokkan, karena ini berhubungan dengan fitur Autoplay di Windows. Oleh karena itu kita akan buat file autorun.inf tidak bisa diakses oleh virus dengan membuatnya kebal ditulisi atau ditimpah alias read only file.

Gampangnya pakai saja program kecil Panda USB Vaccine. Download lalu luncurkan programnya:

Langkah pertama klik tombol Vaccinate computer, Fungsi ini akan mematikan fungsi Autoplay di Windows. Sebenarnya ini adalah langkah singkat fungsi GPEDIT.MSC yang telah saya singgung pada artikel sebelumnya.

Lalu langkah kedua adalah memilih drive USB flash disk pada bagian Select an USB drive dan akhirnya klik Vaccinate USB.

Dengan Panda USB Vaccine, tiap virus yang berusaha menggunakan file autorun.inf akan gagal menunaikan tugasnya, karena file autorun.inf telah dibuat kebal dari virus. Oleh karena itu setidaknya virus dipersulit memasuki komputer kita.

Sekian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: