Identifikasi Driver Melalui kode Hardware di Mainboard

Mencari driver hardware memang susah-susah gampang. Bila di artikel lalu sudah saya jelaskan mencari driver menggunakan software dan mencari lewat database online. Sekarang saya akan jelaskan cara mencari driver dengan melihat fisik hardware yang bersangkutan.

Halow para pembaca yang budiman. Mudah-mudahan anda semua dalam keadaan yang sehat dan tidak kurang suatu apapun.

Pada artikel yang lalu sudah saya jelaskan mencari driver lewat Hardware Management Windows, dan mencari ID hardwarenya di web.

Bagaimana cara mengetahui hardware apa saja yang terpasang di komputer anda dengan melihat langsung fisiknya di dalam casing?

Mudah saja. Buka sisi samping casing komputer anda dan lihat mainboard yang terpasang. Sebagai contoh, saya berikan diagram umum sebuah mainboard. Pastinya mainboard yang anda punya nggak sama. Tapi umumnya penempatan hardwarenya kurang lebih sama untuk sebagian besar mainboard:

Klik gambar untuk memperbesar

Seperti yang anda lihat pada diagram sebuah mainboard diatas. Pada umumnya driver yang paling banyak dibutuhkan adalah:

1. Driver chipset

2. Driver VGA Onboard

3. Driver Audio Onboard

4. Driver LAN Onboard

Langkah yang paling gampang untuk mencari driver pastilah mencari di situs pembuat mainboard, dan cari tipe mainboard yang anda punya. Misalkan pada contoh mainboard diatas adalah ASUS P5ND2.

Namun ada kalanya kode mainboard, atau merek mainboard tidak jelas. Oleh karena itu, guna keperluan mencari driver harus melihat langsung ke chip di mainboard.

Sebagai contoh kasus, taruh kata anda ingin mencari driver Audio untuk komputer anda, dan anda tidak tahu hardwarenya apa. Berikut langkah-langkah mencari drivernya:

1. Cari chip audio di mainboard anda.

Chip audio pada umumnya terletak di dekat port (colokan) audio ke speaker, atau di sudut belakang-bawah mainboard bila casing komputer diberdirikan. Pada diagram mainboard diatas, audio chip ditandai dengan teks AUDIO ONBOARD CHIP.

2. Tentukan kode manufaktur audio chip nya

Bila letak chip audio sudah ditemukan. Tentukan kode manufaktur audio chip nya. Contohnya seperti dibawah ini:

Klik gambar untuk memperbesar

Seperti gambar diatas. Chip audionya dibuat oleh REALTEK dengan logo kepitingnya yang khas. Tentunya nggak semua pembuat chip menyertakan logo perusahaan. Lalu disebelahnya adalah kode chipnya, yaitu ALC 888. Jelas sudah bahwa chip audionya adalah REALTEK ALC 888.

3. Download di situs resmi produsen chip, atau googling kode chipnya

Langkah selanjutnya setelah kode chip sudah diketahui, tentu saja mencari driver dengan kode chip yang bersangkutan.

Sedikit catatan untuk driver audio: Walaupun chip audio cukup banyak, namun untuk driver pada umumnya terbagi dua, yaitu AC ’97 DRIVER dan HIGH DEFINITION DRIVER.

AC ’97 driver adalah driver untuk chip audio murah meriah dan kualitas suara yang dihasilkan pun sedang. Biasanya chip audio AC ’97 hanya mempunyai 3 port output, yaitu LINE IN, LINE OUT dan MICROPHONE.

Sedangkan High Definition Driver adalah driver untuk chip audio dengan kualitas suara yang lebih baik. Biasanya chip audio High Definition-atau biasa dinamai HD AUDIO mempunyai 6 port output untuk tata suara 5.1 (5 speaker satelit, dan satu subwoofer untuk bass)

Untuk contoh kasus driver Realtek diatas, daripada anda mencari spesifik untuk REALTEK ALC 888. Anda bisa juga mencari driver dengan kata kunci REALTEK HD AUDIO DRIVER, karena driver Realtek HD Audio mendukung semua chip High Definiton Realtek*.

*ALC 888 adalah chip audio High Definiton.

Langkah terakhir adalah memastikan driver yang anda download sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan, dan cobalah install driver tersebut.

Bagaimana dengan hardware yang lain?

Tentu saja langkahnya sama😀

Saya kasih PR deh. Bisakah anda menentukan yang mana kode chip untuk Onboard NIC / LAN dibawah ini?

Klik gambar untuk memperbesar

5 Responses

  1. makasih atas penjelasan,a….bisa bwat belajar nichh….🙂

  2. mohon bantuannya…jika CPU dalam kondisi tersegel,mau buka casingnya aj enggan…apakah ada driver / aplikasi untuk indentifikasi audio itu?txk

  3. […] lalu mengenai identifikasi hardware. Pada 17 Mei 2011 saya sudah menurunkan artikel berjudul “Identifikasi Driver Melalui kode Hardware di Mainboard“, dan pada 30 November 2010 juga sudah menurunkan artikel yang berjudul “Mencari Driver […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: