Edit Registri Windows Melalui RegEditPE

Pada situasi tertentu, melakukan perubahan pada registri Windows tidak bila dilakukan didalam lingkungan Windows sendiri.

Dalam kondisi Windows yang sehat dan standar, registri bisa diakses melalui perintah Regedit pada Start Menu-Run. Namun ada kalanya, Windows akan menolak akses ke registri. Hal ini bisa terjadi karena:

1. Ada pembatasan hak user tertentu (Windows User Privilege), yang berarti hanya Administrator yang berhak memasuki registri.

2. Ada pemblokiran akses registri oleh software, atau melalui Administrator Tools Windows.

3. Windows terkontaminasi virus, sehingga akses ke registri terblokir.

 

Verbodden Registry

Dari 3 penyebab utama akses registri terblokir, virus masih merupakan penyebab utama sulitnya memasuki registri. Apabila hal ini yang menjadi penyebabnya. Maka kecil kemungkinan kita akan bisa memasuki registri, karena sifat alami virus yang akan memblokir akses registri, dan juga akan menutup kembali jalan masuk registri, bila virus masih menetap di sistem, dan jalan masuk registri telah terbuka-misalnya oleh anti virus-.

Bila tidak ada jalan lain untuk memasuki registri, maka jalan lain yang bisa ditempuh adalah akses registri dari luar lingkungan Windows, atau menggunakan sistem operasi lain untuk memasuki registri windows.

Pada artikel kali ini saya akan mengetengahkan cara akses registri melalui sistem operasi lain, yaitu menggunakan BartPE dan RegEditPE sebagai senjata utamanya.

Langkah mengakses registri Windows melalui RegEditPE.

1. Buatlah terlebih dahulu CD atau Flash disk booting BartPE dengan mengikuti artikel sebelumnya di Blog ini.

2. Siapkan RegEditPE di dalam flash disk (bila menggunakan CD booting BartPE), atau simpan RegEditPE di dalam flash disk yang akan digunakan sebagai booting BartPE.

3. Boot komputer melalui CD BartPE atau Flashdisk BartPE, dan tunggu hingga BartPE selesai loading, lingkungan grafis BartPE mirip dengan Windows XP yang biasa kita gunakan.

4. Jalankan A43 File Manager dan arahkan ke folder tempat penyimpanan RegEditPE

A43 File Manager- Windows Explorernya BartPE

5. Jalankan RegEditPE.exe

6. Pada titik ini telah ada dua registri inti; 1. Registri milik BartPE sendiri, 2. Registri Windows yang akan kita masuki.

Pada langkah pertama RegEditPE, anda diminta memilih file registri tujuan yang akan dimasuki. File registri ini terletak pada file NTUSER.DAT yang terletak di C:\Documents and Settings\Administrator

7. RegEditPE akan memuat registri yang ada pada Windows tujuan

8. Siap mengubah registri Windows melalui RegEditPE!

Catatan:

Pada jendela RegEditPE, akan ada dua hirarki dengan nama yang sama, untuk entri registri milik Windows tujuan, dinamai dengan awalan REMOTE, jadi misalkan pada hirarki /HKEY_LOCAL_MACHINE akan ada dua hirarki ganda:

/HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE (registri milik BartPE)

dan

/HKEY_LOCAL_MACHINE/_REMOTE_SOFTWARE (registri milik Windows tujuan)

Pastikan anda bekerja di hirarki registri yang benar!

Setelah selesai bekerja dengan registri, tutup saja jendela RegEditPE, maka perubahan di registri akan segera disimpan di NTUSER.DAT. restart dan anda dapat booting Windows seperti biasa.

ilustrasi gambar: Situs resmi RegEditPE, BartPE, Google.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: