[Android] Tips Hemat Baterai Smartphone Android Kisanak Dengan Aplikasi Juice Defender.

Yang namanya Smartphone, rasanya cuma segelintir yang bisa mengklaim baterainya awet.

Liat aja deh para pengguna smartphone, barangkali kisanak juga mengalaminya, kalau kemana-mana charger wajib dibawa, dan rasanya tiap hari itu smartphone di charge melulu!

Kenapa sih smartphone kita ini haus daya sekalih? Yah jawabannya cukup jelas, dengan bejibunnya fitur yang dibenamkan pada sebuah smartphone, maka tak pelak lagi kebutuhan daya pun meningkat. Tapi secara garis besar, ada beberapa fitur yang memang memerlukan daya yang cukup besar, seperti GPS, bluetooth, Wi-Fi dan Wi-Fi tetheringnya, dan juga paket data yang selalu ON.

Bagaimana supaya baterai smartphone bisa lebih awet?

Jawaban sederhananya ya matikan saja semua fitur pendukung smartphone, dan sisakan fitur wireless GSM/CDMA nya saja! Saya jamin itu baterai bakal awet sehari penuh. Tapi apalah arti sebuah smartphone kalau fitur unggulannya tidak diaktifkan. Betul betul betul?

Untungnya Android punya banyak aplikasi penghemat baterai yang cukup mumpuni. Salah satu diantaranya adalah Juice Defender.

Bagaimana cara kerja Juice Defender? Setelah terinstal dan diaktifkan, setelan standar Juice Defender akan mengatur fitur-fitur wireless smartphone secara penuh. Contohnya fitur paket data akan dimatikan dan dinyalakan secara otomatis dalam rentang waktu 15 menit.

Penggunaanya pun mudah. Cukup download versi free nya. Instal, dan aktifkan dengan cara tap tombol Enable, dan biarkan preset profile nya di posisi Balanced. Itu saja!

Cukup tap "Enable" dan Juice Defender akan mengatur nafas baterai kisanak.

 

Pada layar ini Juice Defender akan menghitung potensi penghematan baterai.

 

Tentunya ada pengaturan-pengaturan lainnya di menu-menu Juice Defender ini, tapi untuk penggunaan standar, cukuplah hanya men-tap tombol Enable saja.

Dibalik keuntungan yang diperoleh, tentu ada kerugian yang bakal kisanak hadapi, yaitu diantaranya:

1. Koneksi internet yang tidak selalu ON. Karena prinsip kerjanya yang memutus-sambungkan koneksi paket data, maka kisanak tidak akan mendapatkan update dari internet yang instan. Contohnya aplikasi chatting, e-mail, atau Facebook kisanak tidak akan menampilkan update real time.

2. Ada beberapa aplikasi yang akan me-log out kisanak bila koneksi internet terputus, seperti aplikasi Ebuddy atau aplikasi chatting lainnya. Dan seringnya kisanak harus log-in secara manual untuk tersambung kembali.

Nah, untung rugi sudah didapat. Sekarang kisanak silakan mencoba, dan sampaikan apa saja khasiatnya setelah smartphone kisanak minum jamu Juice Defender, di pojok komentar!

Artikel selanjutnya saya akan membahas pengiritan baterai yang lebih canggih dan lebih top markotop. Jadi jangan kemana-mana. Panteng terus saluran Go….!!!! BLOG yang pastinya nggak bikin kisanak jadi GoBLOG 🙂

 

8 Responses

  1. […] [Android] Tips Hemat Baterai Smartphone Android Kisanak Dengan Aplikasi Juice Defender. […]

  2. lebih terasa setelah memakai versi yang berbayar..

    seperti yang sudah disampaikan,JD bikin aplikasi ga berjalan realtime,kalo whats app tiap 15 menit pesan baru masuk..

    tapi sejauh ini puas kok..

    makasih inponya..

  3. kalo pake JD apa nggak perlu di root dulu?

  4. berarti enak tdk pakai juice defender dong gan krn koneksinya tdk terputus?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: