[Android] Memantau Penggunaan Internet Dengan 3G Watchdog

Selamat sore buat para pembaca Go….!!!!BLOG yang budiman.

Buat kisanak para pengguna smartphone Android dengan paket data internet yang selalu aktif, pasti kadangkala bingung, sudah berapakah total pemakaian internetnya? Apalagi bila kisanak berlangganan paket data internet yang ber-kuota pas-pasan dalam satu bulan. Pastinya deg-degan menghitung sisa kuota internetnya. Takutnya kuota sudah terlampaui, dan yang jadi korban pastinya saldo pulsa tersisa kisanak!

Kisanak nggak usah bingung lagi, install saja aplikasi pemantau lalu-lintas paket data internet yang bejibun di Android Market, salah satunya adalah aplikasi 3G Watchdog.

Tapi sebelumnya, saya rasa perlu mengingatkan kembali, bagaimana perhitungan lalu lintas paket data internet yang kita gunakan sebagai berikut:

Jadi begini, taruh kata kisanak sedang browsing di smartphone, setiap halaman yang diakses akan dihitung sebagai lalu lintas download, sedangkan seluruh permintaan ke lalu lintas internet dari smartphone akan dihitung sebagai lalu lintas upload. Misalkan ada halaman web yang dimuat berukuran 10 kb, maka lalu lintas download akan dihitung 10 kb, dan seterusnya.

Tapi yang namanya smartphone dengan paket data internet yang aktif, lalu lintas data nggak melulu berkaitan dengan aktifitas browsing. Sinkronisasi e-mail, aplikasi chatting, aplikasi jejaring sosial dan masih banyak aplikasi lainnya yang juga menggunakan lalu lintas internet yang pastinya juga memakan kuota internet kita.

Nah, supaya gampang menghitung seluruh lalu lintas download dan upload di smartphone Android kisanak. Coba deh download dulu 3G Watchdog versi Free di Android Market, dan install.

Cara pakainya juga gampang. Buka aplikasi 3G Watchdog, dan masuk ke halaman Setting, atur langganan paket data yang kisanak pakai, dan tanggal mulai berlangganan lalu tap OK.

Setelah itu, taruh saja Widget 3G Watchdog di layar depan, dan dengan demikian, kisanak bisa dengan mudah memantau total lalu lintas download dan upload yang telah digunakan.

Sebagai contoh diatas, saya berlangganan paket internet 500 MB per bulan dari XL, dan posisi hari ini, 19 Februari 2012, total pemakaian internet saya sudah 407 MB. Ooops…! Mudah-mudahan bisa nyampe tanggal 24 tuh!

One Response

  1. gan bisa buat all operator gx.. thank

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: