[Android] Mengecilkan Resolusi Gambar dengan Image Shrink Lite

Yang namanya kamera smartphone jaman sekarang, rasanya nggak ada lagi yang beresolusi 1.3 MP kebawah.

Coba deh tengok kamera smartphone kisanak. Berapakah resolusi yang mampu dihasilkannya? Saya yakin, minimal kamera 1.3 Mega Pixel udah pasti tersemat disitu. Dengan resolusi kamera yang kian besar, kualitas gambar yang dihasilkan juga semakin baik, dan ukuran file image-nya juga semakin besar. Contohnya di Samsung Galaxy Y saya yang berkamera 2 MP (1600 x 1200), ukuran file yang dihasilkan rata-rata 500-600 kb.

Kalau buat koleksi pribadi sih, resolusi gambar yang besar pastinya nggak jadi masalah. Karena resolusi besar akan sangat cocok buat peng-editan gambar di Photoshop, atau buat sekedar koleksi album gambar di komputer. Tapi bila gambar hasil jepretan kamera akan digunakan untuk konsumsi web, gambar yang besar pastinya akan membutuhkan waktu lama untuk di-upload, dan juga untuk ditampilkan di halaman web tersebut.

Contoh lain yang berkaitan dengan ukuran gambar yang nggak begitu jadi masalah adalah seperti file image untuk Blog pribadi kita, atau bahkan untuk album foto di Facebook. Untuk konsumsi publik sih, buat apa kita kasih file image yang besar? Apalagi di Facebook. Secara umum, kualitas gambar dengan resolusi 640 x 480 juga udah cukup baik, dan mempersingkat waktu loading gambar.

Masalahnya, kalau hasil jepretan kamera kita hasilnya besar, gimana caranya untuk mengecilkan resolusi gambar tersebut, supaya ukuran file yang dihasilkan jadi kecil?

Jangan bimbang, jangan ragu. Lagi-lagi ada aplikasi Android yang bisa melakukan tugas tersebut secara otomatis, yaitu Image Shrink Lite.

Cara pakainya juga gampang, download dulu aplikasinya di Android Market, dan instal seperti biasa.

Setelah terinstall, buka aplikasinya, dan tentukan sendiri setting yang sesuai dengan kemauan kisanak seperti pada contoh gambar:

Setting Image Quality di Image Shrink Lite.

Pada menu Image Shrink Lite, kisanak bisa menentukan resolusi gambar yang diinginkan, kualitas gambar, nama file,dan attribut yang menyertai sebuah file image.

Gimana cara mengecilkan gambar dengan Image Shrink Lite? Gampang saja, buka gambar yang diinginkan di Gallery, atau di File Manager, tap menu Share, lalu tap Image Shrink Lite:

..Sejurus kemudian, file image akan dikecilkan, dan selanjutnya Image Shrink Lite akan menawarkan, apakah file yang sudah dikecilkan akan dikirimkan ke e-mail, Facebook, atau aplikasi lainnya yang membutuhkan. File hasil pengecilan kemudian akan disimpan di folder Image Shrink Lite.

Gimana kisanak? Gampang kan?

[Android] Speedometer Vs. GPS, Lebih Aktual Mana?

Kalau bicara masalah kecepatan sebuah kendaraan, selalu ada Speedometer untuk mengukurnya.

Tapi yang jadi masalah, itu si Speedometer akurat apa nggak dalam membaca kecepatan, ya kan? Coba deh kisanak berkunjung ke situs-situs atau forum kendaraan roda dua. Disitu selalu ada perdebatan, apakah motor merek H lebih cepat dari merek Y, speedometer motor H ternyata dilebihkan sekian kilometer dibanding dengan speedometer di motor Y, dan seterusnya, dan seterusnya nggak habis-habis.

Dan memang pembacaan di speedometer sebuah kendaraan nggak selalu akurat. Malah sebenarnya, speedometer di sebuah kendaraan, lebih dimaksudkan untuk peranti keselamatan, yang sebenarnya bertugas memberi kesadaran pada pengemudinya, agar tidak melebihi batas kecepatan yang berlaku. Lagipula, speedometer analog bergantung pada rotasi roda depan, dan gear yang memutar kabel baja yang menuju ke pembaca kecepatan di dashboard, yang sebenarnya mempunyai toleransi kesalahan pembacaan yang tinggi. Begitu juga dengan speedometer digital, yang pembacaan aktualnya bisa di-ulik dengan metode kalibrasi.

Jadi gimana dong cara kita mendapatkan pembacaan kecepatan yang akurat?

Jangan khawatir, kisanak. Lagi-lagi smartphone Android kisanak bisa membantu. Syaratnya, smartphone Android kisanak harus punya fitur GPS. Yah, betul! Kita akan membaca kecepatan sebuah kendaraan dengan menggunakan bantuan GPS.

Sebelumnya, download dan instal dulu aplikasi Android Speedometer di Android Market, dan instal seperti biasa.

Cara pakainya juga gampang. Cukup nyalakan GPS, dan aktifkan aplikasi Android Speedometer. Malahan, Android Speedometer bisa juga dipajang sebagai widget untuk kemudahan akses. Berikut contoh penggunaan Android Speedometer saat saya berada di bus Pahala Kencana menuju Yogyakarta, posisi tepatnya di Tol Cikampek, 31 Desember 2011:

Pahala Kencana at Tol CIkampek

Lumayan kenceng yah? 🙂 :).

Kembali ke masalah akurasi Speedometer Vs. GPS. Menurut kisanak, mana yang lebih akurat? GPS atau speedometer di dashboard? Untuk masalah teknisnya, saya sendiri nggak begitu paham. Tapi setidaknya, adanya Android Speedometer bisa menjadi pembanding dalam akurasi pembacaan kecepatan kendaraan kisanak.

Oke, silakan dicoba. Wusz..Wusz..

[Android] Menghitung Periode Menstruasi Dengan Aplikasi My Days

Ada banyak manfaat bila kisanak mengetahui periode menstruasi pasangan kisanak. Terutama bagi yang sedang menjalankan program kehamilan.

Lho koq ada hubungannya periode menstruasi dengan program kehamilan? La iya lah kisanak. Dengan mengetahui awal dan akhir periode menstruasi pasangan kita, kita dapat mengetahui kapan masa kesuburan seorang wanita, dan dengan demikian kita dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk “membuahi” pasangan, he he he. Ah..jadi pengen malu! 🙂 🙂

Untungnya bagi kisanak yang memiliki smartphone Android, kini nggak perlu susah-susah lagi menghitung periode menstruasi pasangan. Kisanak tinggal download aplikasi My Days di Android Market dan jalankan aplikasinya. Cara pakainya juga gampang  koq. Segampang membalikkan telapak tangan, yang sedang keseleo.

Jadi gimana cara pakainya? Gampang saja:

1. Tap pada salah satu tanggal di kalender My Days, dan pilih pilihan Add ‘Period Start’ untuk menandai awal menstruasi, dan tap di tanggal lainnya dan pilih pilihan ‘Add Period End‘ untuk menandai akhir menstruasi.

Tampilan utama My Days. Tap di salah satu tanggal untuk mengisi data bulanan.

Inilah menu yang muncul bila salah satu tanggal di kalender My Days di-tap.

2. Bila tanggal awal menstruasi, dan akhir menstruasi sudah ditandai, maka My Days akan menghitung periode awal dan akhir menstruasi untuk bulan-bulan berikutnya secara otomatis.

Nah, kalau sudah begini, kisanak tinggal lihat warna-warna yang ditandai di kalender My Days. Secara default, warna merah di My Days berarti periode menstruasi, warna jingga berarti periode dengan tingkat kesuburan tertinggi. Tingkat kesuburan tertiggi berarti, ada potensi keberhasilan kehamilan bila kisanak dan pasangan rajin “bermain” di tanggal-tanggal tersebut.  dan warna jingga cerah berarti sel telur sudah matang dan siap dikunjungi oleh pasukan sperma. Jadi kisanak tinggal atur deh, kapan waktu untuk “main” dengan pacar… eh istri kisanak!

 

Udah ah, selamat mencoba yah!