[Android] Speedometer Vs. GPS, Lebih Aktual Mana?

Kalau bicara masalah kecepatan sebuah kendaraan, selalu ada Speedometer untuk mengukurnya.

Tapi yang jadi masalah, itu si Speedometer akurat apa nggak dalam membaca kecepatan, ya kan? Coba deh kisanak berkunjung ke situs-situs atau forum kendaraan roda dua. Disitu selalu ada perdebatan, apakah motor merek H lebih cepat dari merek Y, speedometer motor H ternyata dilebihkan sekian kilometer dibanding dengan speedometer di motor Y, dan seterusnya, dan seterusnya nggak habis-habis.

Dan memang pembacaan di speedometer sebuah kendaraan nggak selalu akurat. Malah sebenarnya, speedometer di sebuah kendaraan, lebih dimaksudkan untuk peranti keselamatan, yang sebenarnya bertugas memberi kesadaran pada pengemudinya, agar tidak melebihi batas kecepatan yang berlaku. Lagipula, speedometer analog bergantung pada rotasi roda depan, dan gear yang memutar kabel baja yang menuju ke pembaca kecepatan di dashboard, yang sebenarnya mempunyai toleransi kesalahan pembacaan yang tinggi. Begitu juga dengan speedometer digital, yang pembacaan aktualnya bisa di-ulik dengan metode kalibrasi.

Jadi gimana dong cara kita mendapatkan pembacaan kecepatan yang akurat?

Jangan khawatir, kisanak. Lagi-lagi smartphone Android kisanak bisa membantu. Syaratnya, smartphone Android kisanak harus punya fitur GPS. Yah, betul! Kita akan membaca kecepatan sebuah kendaraan dengan menggunakan bantuan GPS.

Sebelumnya, download dan instal dulu aplikasi Android Speedometer di Android Market, dan instal seperti biasa.

Cara pakainya juga gampang. Cukup nyalakan GPS, dan aktifkan aplikasi Android Speedometer. Malahan, Android Speedometer bisa juga dipajang sebagai widget untuk kemudahan akses. Berikut contoh penggunaan Android Speedometer saat saya berada di bus Pahala Kencana menuju Yogyakarta, posisi tepatnya di Tol Cikampek, 31 Desember 2011:

Pahala Kencana at Tol CIkampek

Lumayan kenceng yah? 🙂 :).

Kembali ke masalah akurasi Speedometer Vs. GPS. Menurut kisanak, mana yang lebih akurat? GPS atau speedometer di dashboard? Untuk masalah teknisnya, saya sendiri nggak begitu paham. Tapi setidaknya, adanya Android Speedometer bisa menjadi pembanding dalam akurasi pembacaan kecepatan kendaraan kisanak.

Oke, silakan dicoba. Wusz..Wusz..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: