[Android] Mengecilkan Resolusi Gambar dengan Image Shrink Lite

Yang namanya kamera smartphone jaman sekarang, rasanya nggak ada lagi yang beresolusi 1.3 MP kebawah.

Coba deh tengok kamera smartphone kisanak. Berapakah resolusi yang mampu dihasilkannya? Saya yakin, minimal kamera 1.3 Mega Pixel udah pasti tersemat disitu. Dengan resolusi kamera yang kian besar, kualitas gambar yang dihasilkan juga semakin baik, dan ukuran file image-nya juga semakin besar. Contohnya di Samsung Galaxy Y saya yang berkamera 2 MP (1600 x 1200), ukuran file yang dihasilkan rata-rata 500-600 kb.

Kalau buat koleksi pribadi sih, resolusi gambar yang besar pastinya nggak jadi masalah. Karena resolusi besar akan sangat cocok buat peng-editan gambar di Photoshop, atau buat sekedar koleksi album gambar di komputer. Tapi bila gambar hasil jepretan kamera akan digunakan untuk konsumsi web, gambar yang besar pastinya akan membutuhkan waktu lama untuk di-upload, dan juga untuk ditampilkan di halaman web tersebut.

Contoh lain yang berkaitan dengan ukuran gambar yang nggak begitu jadi masalah adalah seperti file image untuk Blog pribadi kita, atau bahkan untuk album foto di Facebook. Untuk konsumsi publik sih, buat apa kita kasih file image yang besar? Apalagi di Facebook. Secara umum, kualitas gambar dengan resolusi 640 x 480 juga udah cukup baik, dan mempersingkat waktu loading gambar.

Masalahnya, kalau hasil jepretan kamera kita hasilnya besar, gimana caranya untuk mengecilkan resolusi gambar tersebut, supaya ukuran file yang dihasilkan jadi kecil?

Jangan bimbang, jangan ragu. Lagi-lagi ada aplikasi Android yang bisa melakukan tugas tersebut secara otomatis, yaitu Image Shrink Lite.

Cara pakainya juga gampang, download dulu aplikasinya di Android Market, dan instal seperti biasa.

Setelah terinstall, buka aplikasinya, dan tentukan sendiri setting yang sesuai dengan kemauan kisanak seperti pada contoh gambar:

Setting Image Quality di Image Shrink Lite.

Pada menu Image Shrink Lite, kisanak bisa menentukan resolusi gambar yang diinginkan, kualitas gambar, nama file,dan attribut yang menyertai sebuah file image.

Gimana cara mengecilkan gambar dengan Image Shrink Lite? Gampang saja, buka gambar yang diinginkan di Gallery, atau di File Manager, tap menu Share, lalu tap Image Shrink Lite:

..Sejurus kemudian, file image akan dikecilkan, dan selanjutnya Image Shrink Lite akan menawarkan, apakah file yang sudah dikecilkan akan dikirimkan ke e-mail, Facebook, atau aplikasi lainnya yang membutuhkan. File hasil pengecilan kemudian akan disimpan di folder Image Shrink Lite.

Gimana kisanak? Gampang kan?

2 Responses

  1. kalo udah di share ti saiznya lngsung berubah sendiri pa gimana ya

  2. kan hp q g bs di liat sizenya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: