[Android] Rooting IMO Normandy X2

Menyandang status sebagai smartphone baru pengganti Samsung Galaxy Y ternyata nggak menahan keinginan saya untuk mengusilinya.

Dan benar saja, tidak sampai 1 bulan saya sudah penasaran untuk melakukan perubahan pada smartphone IMO X2. Tentu saja langkah pertama kegiatan usil ini adalah urusan rooting. Tapi ternyata proses rooting IMO X2 urusannya tidak semudah seperti proses rooting pada Samsung Galaxy Y. Untung saja ada lapak tetangga sebelah yang menyediakan urutan-urutan kerjanya, hingga saya bisa me-rooting smartphone IMO X2. Berikut saya sampaikan cara-cara rooting IMO X2 dengan gaya bahasa saya sendiri. Mudah-mudahan kisanak tidak tambah bingung mengikutinya. Bila bingung, langsung saja kunjungi si nara sumber disana.

Catatan:

Seperti biasa, kegiatan rooting menggagalkan garansi smartphone IMO X2 kisanak, dan segala resiko yang timbul adalah tanggung jawab penumpang.

Bahan-bahan yang diperlukan

1. Smartphone IMO Normandy X2

2. Kabel data

3. Komputer dan port USB aktif. Sebagai contoh saya gunakan PC dengan Windows XP SP3. Spesifikasi sembarang

4. SP Flash Tool

5. Driver MT65x3

6. UnlockRoot

7. Driver kabel data PDANet

Langkah-langkah pengerjaan

–> Penggantian BOOTIMG dan RECOVERY IMG

1. Install driver MT65x3 (installernya adalah file InstallDriver.exe)

2. Aktifkan mode USB Debugging pada smartphone dengan cara tap Settings-Applications-Development-aktifkan pilihan USB Debugging

3. Matikan smartphone dan setelah itu colok kabel USB baik ke komputer dan ke smartphone, dan proses instalasi driver akan berjalan. Tunggu hingga instalasi driver selesai, dan cabut kembali kabel USB

4. Jalankan software SP Flash Tool (Flash_tool.exe), dan pastikan USB Mode di menu Options sudah terpilih:

5. Klik File-Open Scatter-loading file, pilih file MT6573_ImoX2_scatter yang ada di dalam folder ROM, maka SP Flash akan memuat file IMG yang ada di file Scatter tersebut.

6. Klik tombol Download, dan dalam jeda waktu 15 detik, segera colok kembali kabel USB ke smartphone. Proses penggantian BOOTIMG dan RECOVERY IMG akan segera berjalan. Tunggu hingga prosesnya selesai.

7. Tutup software SP Flash Tool, dan cabut kabel dari smartphone.

–> Proses Rooting

1. Install PdaNet, dan ikuti saja langkah-langkah yang muncul

2. Install UnlockRoot, dan ikuti saja langkah-langkah yang muncul

3. Nyalakan smartphone, sambungkan kembali kabel data

4. Luncurkan UnlockRoot, klik tombol ROOT, software akan mengenali perangkat IMO X2.

Tunggu hingga proses Rooting selesai, nanti akan ada pilihan untuk menginstal app Battery Power Saver, terserah pilihan kisanak apakah mau diinstal atau tidak

5. Terakhir UnlockRoot akan meminta smartphone untuk di restart. Ikuti saja kemauannya

6. Tunggu hingga smartphone restart. dan proses rooting pun selesai!

Proses rooting ini juga punya nilai plus, karena si empunya file sudah menyertakan CWM Recovery di file Scatter yang digunakan di SP Flash Tool, jadi ke depannya bila ada custom ROM, atau hendak mem-back up ROM akan menjadi mudah adanya. Tapi pasti kisanak bertanya, “gimana mau masuk ke recovery mode nya gan?”

Gampang saja, dari kondisi smartphone mati, tekan tombol POWER+VOLUME UP+VOLUME DOWN bersamaan.

Bagaimana kisanak? Berani mencoba. Silakan diikuti petunjuk diatas, dan seperti biasa saya doakan semoga berhasil 🙂

[Sumber: http://www.android-indonesia.com/forum/75-apps-tips-trick-rom-and-others/162873-root-imo-x2-normandy%5D

Saya mau minta ijin ke si empunya tutorial untuk memuat di blog ini, tapi kok registrasi di forumnya susah ya? Tunggu punya tunggu e-mail aktivasi registrasi forum tidak datang jua 🙂

14 Responses

  1. […] [Android] Rooting IMO Normandy X2 […]

  2. Gan request tutorial root imo groovy dong..? Sy mau root hh sy gagal terus

  3. Official Normandy dan Groovy kaskus
    http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016340213

    disana udah ada kok rooting kedua smartphone tersebut. kalo mentok, tanya2 aja sama TS nya

  4. gan recovery nya g kena pa kh bisa berhasil

  5. gan saya masih blum mrngerti yg bagian no. 5 nya , nyari MT6573_ImoX2_scatter nya dimana? kok saya ga ada 😦 ,tolong respon gan

  6. gan saya masih blum mrngerti yg bagian no. 5 nya , nyari MT6573_ImoX2_scatter nya dimana? kok saya ga ada 😦 ,tolong respon gan

  7. gan ada link cwm recovery nggak download nya dimana ya gan

  8. kenapa ya imo x2 yg sy gunakan tidak bisa terima data/file dari hp lain? ( via bluetooth ) padahal saya sudah setting dari pengaturan bluetooth… apakah ada pengaruhnya krn di setting ulang pabrik..?

  9. bisa di upgrade ke ics ga ni imo x2

  10. gan kalo upgrede OS android gingerbread ke ICS ada aplikasi nya ga.. mohon dijawab..

    • Kalo major upgrade OS harusnya dari vendor handset yang bersangkutan ngeluarin updatenya gan.
      Kalo mau icip-icip ICS pake custom ROM aja gan.

  11. langkah ke enam susah gagal terus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: