Lampu Sen Kedip Cepat ala Bis Malam? Bisa!

Berawal dari iseng punya iseng ngusili Yamaha Soul GT saya supaya mirip sama Bis Malam, jadinya saya oprek lampu sen-nya.

Kisanak barangkali sudah sering lihat di jalan, atau di Youtube, ada bis-bis malam yang lampu sen nya berkedip cepat-secepat bis tersebut selap-selip di keheningan malam demi mengejar waktu tiba di tujuan. Nah, saya juga pingin lampu sen motor saya berkedip cepat juga seperti bis malam. Dan seperti biasa, sebelum bongkar-bongkar bodi motor, saya mencari wangsit dulu di padepokan Google.

Wangsit yang saya dapatkan dari padepokan Google ada bermacam-macam, tapi supaya artikel ini nggak terlalu panjang, langsung saja saya sajikan jurus-jurus mempercepat kedipan lampu sen tersebut. Langkah-langkah dibawah ini hanya berlaku untuk flasher mekanis, bukan untuk flasher tipe elektronik.

Alat yang diperlukan:

1. Solder dan timah

2. Kemampuan dasar elektronika dan penyolderan komonen

3. Kapasitor bi-polar 560uF (mikro Farad)/12 V atau lebih.

4. Obeng min

Langkah kerja:

1. Cari lokasi dimana flasher berada di dalam bodi motor. Untuk flasher mekanis saat sen dinyalakan ada bunyi “tik-tak” di flashernya. Umumnya flasher diletakkan di bodi depan, di bawah speedometer.

2. Buka bodi depan motor, dan cabut flashernya. Binatangnya biasanya berbentuk kotak hitam kecil berkaki dua atau tiga, dan ada tulisan “FLASHER.”

3. Buka casing flasher dengan obeng min. Bukanya gampang deh, nggak perlu saya tulis disini ya.

4. Setelah casing terbuka, akan terlihat bagian dalam flasher seperti dibawah:

Flasher5. Di dalam flasher hanya ada empat komponen: 1. Kumparan kawat yang berfungsi sebagai magnet penarik pelatuk saklar yang menuju lampu sen bila dialiri arus DC, 2. Pelatuk, 3. Resistor, 4. Kapasitor.

6. Lepaskan kapasitor dengan cara memanaskan timah yang menyambungkan kapasitor dengan komponen lainnya. Bisa juga dengan memotong kaki kapasitor tersebut, dan nantinya sisa kaki kapasitor yang menempel di flasher akan disambungkan dengan kapasitor pengganti. Bila ingin memahami lebih jauh tentang kapasitor, silakan klik disini.

7. Pasang kapasitor pengganti pada dudukan kapasitor lama. PERHATIKAN POLARITAS KAPASITORNYA!

8. Selesai. Masukkan kembali flasher pada casingnya, dan tes di motor.

Sedikit ulasan cara kerja flasher:

Cara kerja flasher sebenarnya cukup sederhana. Rangkaian flasher dipasangkan secara seri antara baterai dan sirkuit saklar-lampu sen. Bila flasher dialiri arus DC, kumparan akan menjadi magnet yang akan menarik-dan memutuskan pelatuk saklar. Periode ON dan OFF pelatuk ditentukan oleh kapasitor yang digunakan.

Pada Yamaha Soul GT, kapasitor standar pada flasher adalah 2200 uF/12 V. Bila nilai kapasitor dikecilkan (Pada artikel ini kapasitor diganti dengan 560 uF/25V), maka frekuensi pelatuk ditarik oleh magnet dari kumparan akan menjadi lebih cepat, dan pada akhirnya akan mengedipkan lampu sen. Silakan ber-eksperimen dengan mengubah nilai kapasitor sesuai dengan selera kisanak.

Dari artikel ini, saya juga mendapatkan pemahaman baru, bahwa bila ada tanda-tanda flasher rusak, lampu sen akan menyala terus dan tidak berkedip, sebenarnya ini bisa diperbaiki dengan mengganti kapasitornya saja, karena kapasitor elektrolit punya batas usia pakai, dan elektrolit dalam kapasitor akan mengering bila sudah sampai batas umurnya. Pada akhirnya kapasitor akan mati dan berada dalam keadaan SHORT-alias kumparan flasher jadi ON terus nggak bisa ngedip.

Sekian.

 

47 Responses

  1. gan kapasitor ukuran itu susah
    aku dapat 460/16v bisa sih tapi seinnya kurang terang
    apa voltasenya itu pengaruh dengan pencahayaannya
    apa harus ganti resistor juga,kalau iya ukuran berapa

    solusinya gan
    thanks

    • 460 uF terlalu kecil gan. Jadinya ngedipnya terlalu cepat. Efeknya ngedip terlalu cepat, bohlam jadi nggak sempat bercahaya penuh karena keburu udah di kedipkan. Coba cari diatas 560 uF, misal 1000 uF juga masih kedip cepat loh.

  2. Gan kapasitor bipolar’nya yang bener yang mana ? 560 uF / 12v atau 560 uF / 25v ??

  3. pakai 2200 uF/16 v mLh gk biSA Kedip

  4. saya mau tau bagimana caranya memodifikasi mtr saya ingin di modifikasi seperti bus malam lampu sen mau di percepat kedipnya mau di rombak semua kira kira abis berapa yah semuanya mtr saya mio tahun 2007 apakah masih bisa di modifikasi mtr saya

  5. selamat siang agan2 pakar elektronic, maaf sya mu numpang konsultasi, agan2 saya punya flasher reting vespa kapasitornya di kedua kaki melembung dan merembes 16V/1000mf, yang mau sy konsultasikan klo kapasitor diganti ke volnya diperbesar misal 25v atau 35v bisa ndak, trus ada pengaruhnya di pengapian /spull karena vespa saya belum menggunakan accu.
    trims para agan-agan mohon penceraha.nya

  6. gan, kalo Voltase kapasitornya lebih kecil efeknya apa ya ??
    punya ane dipasang 1000uF/10v

  7. mau tanya gan ??? knpa rangkaian flasher saya berbeda ya , beda kayak di gambar itu , gak ada lilitan sama sekali ? mohon bantuan nya gan

  8. Min bikin tutorial yang buat flasher elektronik nya dong…
    Nyari yg kaya gituan sush di bengkel bengkel…. Kebanyakan elktronik

  9. Bang klou motor vega zr pakai kapasitor bi polar yang berapa ya?

  10. nice info mas , Adymn

  11. Menurut saya jadi nggak aman kalo kedipnya cepat, apalagi untuk motor. Paling sebel dengan mobil yang lampu sein diganti LED warna putih, nggak jelas. Sein warna kuning dan kedipan standar pabrik itu yang pas… Modifikasi boleh tapi tetap, utamakan keselamatan.

  12. gan ko flasher saya elconya 10uf 50v klo mw cepet timing sennya diganti elco yg ukuran brp ya mohon pencerahannya gan

  13. artikel menarik , Afra

  14. info yang bagus ,

  15. NVL saya semula 2200uf/12v tak ganti 1000uf/16v bisa kedip cepat juga. pernah nyoba yg 470uf terlalu rapat.

  16. termakasih infonya, sangat bermanfaat ,

  17. min.. kalu montor SCORPIO pake bi polar berapa

  18. pkai 16v 1000uf aja gan, kedip nya lumayan bagus koq

  19. akhirnmya sudah jadi mas, mkasih ya tutorialnya sangat membantu haha

  20. hmm ini pengaruh ke aki gak ya mas?

  21. klo motor saya jupiter yang baru gan tahun 2010mitu letak flashernya dimana ya??terus perlu diganti yang brp volt ntr..trims

  22. gan saya mau nanya kalo cara memasang lampu sein teh gimana rangkaiannya dan apa aja yg harus di beli di motor saya lampu sein nya di copot mohon infonya

    • Yang dicopot lampu nya apa flashernya? Kalau lampu nya masih ada, kemungkinan hanya flashernya aja yang ngga ada. Tinggal beli ke toko onderdil motor, flasher untuk motor merek anu. sekalian pasang juga bisa koq gan.

  23. Gan,kalo pakek elco yang 25 v gimana?? Kalo 16 v cepet banget.. kalo 25 v gimana kedipanya ? Mohon pencerahanya

    • Untuk voltase nggak berpengaruh gan. Yang berpengaruh ke kedipan itu kapasitas elco nya dan daya beban (bohlam nya). Untuk kedip yang oke sih di kisaran 1000uF/16v sudah cocok.

  24. Gan mohon pencerahanya rencana mau rubah flasher canter seperti bus malam. Kemaren tahanan sudah aneh turunin semula 320ohm jadi 230omh tp gak ngaruh kedipanya. Apa kurang kecil apa keliru yg di ganti seharusnya elco nya? Klo elco ukuran 15uf 30V hrus di ganti brapa ya gan? Mohon pencerahanya

    • Untuk flasher mobil saya belum pernah ngoprek gan. Apakah dalemannya sama seperti punya motor? Kumparan dan Elco? Kalau sama coba ganti elco nya dengan yang lebih kecil kapasitasnya. Misal aslinya 15uF, ganti jadi 10uF. Perhatikan juga biasanya flasher mobil malah ada puteran buat ngatur kedipannya.

  25. Gan mw nanya klu utk byson kok elco nya kegedan ya,apa yg di ganti elco yg warna coklat polos atau yg kecil ada garis warna-warni…sebelumnya mksh infonya gan

  26. Gan . . Klo flasher nya king 6v di pasang ke mio sporty bisa gak?
    Sebelum dipasang Kapasitornya diganti yg 1000uf/12V gimana gan?

  27. gan klo njmx sya pngen lmpu belakang kdap kedip cepat tinggal tambahin flasher aja gk gan? flasher ny yang ukuran brapa? trus lampu ny pngen jdi rgb itu hrs gnti lampu ny jdi led dirubah dlu arusny jdi dc gak gan.?

    • saya coba jawab ya gan:
      1. Lampu belakang kedip-kedip lebih baik pakai modul blinker yang banyak dijual di pasaran yang berbasis elektronik, bukan mekanik macam flasher. Cara pasangnya juga lebih gampang karena tersedia untuk banyak model motornya.
      2. Lampu belakang kelistrikan nggak mesti berubah. Kondisi standar masih bisa, karena yang main sirkuit LED RGB nya. Kalau modifikasi lampu depan ke HID/LED/Projector baru diperlukan perubahan ke full wave DC. CMIIW sejauh yang saya tau dari ilmu elektro.

  28. gan kalo untuk mobil caranya gimana ??

    • Mobil dengan flasher mekanis caranya sama. Mobil dengan flasher elektronik kalau tidak salah malah ada trimpot buat mengatur kedipan. Silakan dilihat flasher milik kisanak.

  29. Gan elco motor supra saya 1600uf voltasenya 12-13,8 biar kedipanya kaya bus malam elconya ganti yg brapa y gan mohon konsultasinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: