Memperbesar RAM Evercoss A12 Dengan Virtual Memory (Plus Bonus Rooting)

Ahoy kisanak. Baru genap 8 hari handset Evercoss A12 di tangan, saya sudah nggak sabar untuk mengusilinya.

Ditambah pengalaman yang mengesalkan seperti yang sudah saya sampaikan pada artikel sebelumnya, yaitu karena RAM nya hanya 256 Mb, buka tutup dan penggunaan aplikasi jadi lambat dan semakin lama kesabaran semakin menipis. Akhirnya seperti biasa saya mencari terawangan dari Padepokan Google, dan saya mendapatkan wangsit bahwa untuk mengobati penyakit lambat Evercoss A12 dibutuhkan jamu Virtual Memory yang berfungsi sebagai pendamping RAM.

Apa itu Virtual Memory?

Seperti pada sistem Unix yang disebut juga Swap Memory dan pada Windows yang disebut Virtual Memory dibuat sebagai alternatif keterbatasan RAM. Bila RAM sudah habis terpakai untuk berbagai macam aplikasi, maka sistem akan membuat RAM virtual di media penyimpanan lokal seperti harddisk atau memory card. Dengan demikian gejala kehabisan RAM tidak akan terjadi.

Baik kisanak, kita langsung saja dengan langkah-langkah kerjanya dengan contoh Evercoss A12:

1. Rooting

2. Instalasi Busybox

3. Instalasi aplikasi Simple Root Swap

4. Membuat dan meng-aktifkan Swap Memory.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

1. Handset Evercoss A12

2. Download BusyBox di Playstore (Bebas pilih yang mana saja)

3. Download Simple Root Swap di Playstore

4. Micro SD Card dengan free space >500 MB, tidak usah di partisi.

Perhatian:

Rooting berakibat gugurnya garansi. Walaupun semua yang tertera pada artikel ini sudah saya coba dengan perangkat sendiri dengan hasil yang baik, bukan jaminan bahwa hasil yang sama akan didapat pada handset kisanak. Segala resiko yang timbul menjadi tanggung jawab kisanak.

Langkah Kerja:

1. Download dan install Framaroot

– Buka Framaroot. Pilih Install SuperSU, dan pilih exploit Boromir. Tunggu hingga muncul notifikasi proses rooting selesai, dan restart handset.

framaroot

2. Download dan install Busybox

– Buka Busybox dan klik Install untuk instalasi Busybox sesungguhnya kedalam sistem.

BusyBox

3. Download dan install Simple Root Swap

– Buka Simple Root Swap, masukkan space memory card yang akan dibuat virtual memory, atau biarkan standar di 200 MB

– Tap Re/Create. Tunggu sebentar sampai proses pembuatan virtual memory selesai,

– Tap Auto Start,

– Tap On.

SRS1 SRS2

Dengan demikian proses pembuatan virtual memory telah selesai!

Perlu diingat bahwa free space memory card akan berkurang sebesar nilai file swap memory/virtual memory, dan file swap memory tersebut disimpan di root folder memory card:

Perhatikan adanya file SimpleSwap dengan size 200 MB, sesuai dengan setting pada Simple Root Swap.

Perhatikan adanya file SimpleSwap dengan size 200 MB, sesuai dengan setting pada Simple Root Swap.

Setelah semua proses selesai, silakan kisanak gunakan handset seperti biasa, dan khasiatnya akan segera terasa. Membuka-tutup dan olah aplikasi akan terasa lebih gegas, tidak seperti sebelumnya.

Silakan dicoba, dan sampai jumpa pada artikel bermutu lainnya di Go….!!!!BLOG.

81 Responses

  1. barusan praktek 100% work gan, a12 ane jd makin wus wus…

  2. Om, saya sudah coba caranya. Terima kasih, android saya jadi tidak pending. Tapi, diperbokehkan tidak untuk menghapus ketiga aplikasi tersebut?

  3. di simple root swap itu ada angka 200, itu apa akan di jumlahkan ke ram, kalu aq ganti 300 ato 400 gimana efeknya. Makasih.

  4. Lancar di hp saya jg hp teman 🙂 gan @santoso bs koq saya memory kpasitas 2GB pake set 300 hp jdi smoot !!

  5. Makasih gan tutornya sangat detail mudah dipahami walau emg pertama agak ragu jg takut hehe tpi klo gk dicoba mana bisa kan 😉

  6. klo maen game hd lag gk ?

  7. Masih lag gan kan cuman biar lega RAMnya dan hp gk lemot klo biar bs main game hp lum ktemu tutornya? Masih searching nie!!

  8. […] Memperbesar RAM Evercoss A12 Dengan Virtual Memory (Plus Bonus Rooting) […]

  9. Mas kalo misalnya,, simpel root swapnya di ganti jadi 400mb bukan 200mb bisa kah ?

  10. Gan,ane udah selasai mengerjakanya..
    Tpi file simple swapnya nggk ada..
    Gmana tu gan berhasil nggk ya..???
    Trimakasih

  11. Ane dah lakuin semua langkah2nya gan.
    Tpi filenya nggk ada tersimpan gan.
    Brhasil nggk tu ya???

  12. Ane dah jlnin wangsit kisanak,hasilnya baaguusss…..Tapi hbs ane aktifin init.d nya..hh jd lambat respon’a..mohon wangsit’a kisanak…matur suwun

  13. bro. wajib diroot dulu ya. saya takut.

  14. ini semua ngefek gak sih ke baterai. aq udah nyoba dan berhasil sihhh. horeeee

  15. Virtual room paling mentok bsa brp mb kisanak

  16. Gan framaroot tu yang didownload yg mana nya??

  17. swapnya kesimpan tapi kenapa ramnya tak bertambah?

  18. Min saya pernah coba cara kyak gtu tpi gk bisa malah hp evercoss saya error trus hrus di Flash

  19. root swap na yg mn

  20. Bisa pake memori internal ga gan, takutnya sd card nya jadi rusak.

  21. untuk game getrich leg gak

  22. untuk game getrich leg gak

  23. harus pke ram a12 ..??

  24. kenapa buysbox saya nggak bisa dibukak?? mohon bantuannya

  25. pengn smoth. pake tweak aja gan

  26. gan masalah nya gue msuk play store nya sma aja lola, trus solusinya gmna ni ????

  27. it’s work, great ! thanks (y)

  28. thanks gan semua game hd jadi ga lag lagi, tapi klp 3 apl tu di hapus gimana efeknya gan,

  29. thanks gan semua game hd jadi ga lag lagi

  30. gan mau nanya cara supaya keyboard muncul saat main coc saya lama baru keluarnya hp saya evercoos A12BT

  31. handset di situ maksudnya apa’an?

  32. Handset mksudnya hp evas a12 agan… Wes mantap btul gan dulu pake sdcard 2GB trus 8GB sekarang saya terapkn pake yg 16GB masih smoot bs main game PSP,PS1,NDS jg beberapa game hd yg support evas a12 pdhal sisa memory 1GBan hehehe top aman gan ktimbng pake tweak berisiko klo gk paham btul

  33. gan ko busybox saya ga bisa kebuka ya??apa busy box nya udh angus ??

  34. gan kok instal busy box nya lama banget .. emang berapa lama sih instal nya kelar gan ?? numpang tanya

  35. makasih gan… lumayan jadi gak lemot lagi hehehee 😀

  36. Gak lemot lagi gan tapi batre kami jadi cepet abis trus di cash ga penuh2..gimana nih,,,pencerahan nya gan

  37. ijin praktek dulu gan, tengkyuu..

  38. is good artikel Thank you so much , info yang bagus

  39. smalem aku dah praktekin angka 200 ganti jdi 400 sdh bisa dan lncar makasih gan cuman ada pertyaan itu apk busybok dan simple root swap nya boleh di copot pemasangnya ga? biar ga trllau byk nemplok gmbar apk ny . makasi gann..

  40. gan kok jadi lag buka facebook padahal dlu enggak

  41. saya mau pasang tapi bagay mana caraya ya

  42. gan kenapa framarootnya ga bisa di install?

  43. Kalo A5T bagaimana?

  44. Lalu jika gunakan HP evercoss A5T bgmn gan?

  45. gatel cooooooooooolklklkj;jki;lkjm

  46. A12 puny q kok g bs di root sesuai ptnjuk di atas gan.tlg di bntu ya

  47. kok ram nya nggak jadi 512

  48. gan bagaimana cara menghapus peluncur android soalnya pelepas aplikasinya dan paksa berhenti tidak dapat di klik

  49. enggak ngaruh gan…

  50. saya mao nanya kalo handset itu apa ya?

  51. makasih ilmu nya,Gan.. ane swap 556 mb.. di tambah dengan tweak sebelum nya, sekarang virtual ram ane jadi 811mb… lancar tanpa lag..
    yang mau cek virtual ram, silahkan instal diskinfo..

    yang bilang gagal dan nggak ngaruh, mungkin ada problem tuh dengan hh ato cara swap nya..

  52. gan,busy box nya kok lama nge-installnya ya? ,kasih pencerahanya dong!?

  53. hehe..akhirnya bisa gan,saya mau tanya andai saya swap 200mb berhasil lalu saya buat lagi 400mb total virtual nya jadi tetep 400 atau malah 600?? mohon pencerahanya 😀

  54. headset fungsinya buat apa gan?

  55. kok pny ku g bsa kluar d explorermya ya

  56. kenapa ya bos yg punya q mah ga ada simple swap di memori sd q

  57. gan ko yg super su nya di pencet bromir failed knpa ya?
    tolong dibantu?

  58. Memori slod 2 gb harus keadaan kosong kah. Trus klo masalah handset itu klo bukan pumya evercos tp punya asus gmna gan ngaruh nggak kira2 Maaf blm pernah root. Hp. Mohon bantuan infonya sekian trimaksih.

  59. rotting tu apa ?

    • Rooting secara garis besar berarti membuka akses ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan meraih akses root, kita dapat melakukan pengaturan-pengaturan lebih lanjut yang tidak diberikan di hak akses biasa gan.

  60. Gan klo ngeroot hp nya pake kingroot work gk gan?

  61. Itu pake hp apaa melalui komputer gan ??

  62. […] saya, HH (Handheld) terakhir yang saya root adalah Evercoss A12 pada 2014 lalu. Setelah itu HH Android yang saya gunakan notabene tidak begitu memerlukan rooting, […]

  63. […] swap memory yang saya pasang di Evercoss A12 kala itu, proses yang sama juga saya lakukan pada Asus Zenfone 4 dengan langkah-langkah sebagai […]

Leave a Reply

