Pilih Mana, Smartphone Android Dengan Prosesor Lebih Cepat Atau RAM Yang Lebih Besar?

“Kalau dulu sebelum era smartphone, berbagai macam merek ponsel seakan berlomba di sisi dimensi ukuran ponsel. Setiap produk anyar yang keluar ukurannya selalu lebih kecil dari sebelumnya”

Rasanya sudah lama juga saya tidak menyambangi padepokan kita yang sama-sama kita sayangi ini. Sejujurnya, karena kesibukan di sana-sini, disamping saya tidak sempat mengisi artikel, saya juga seperti kehilangan inspirasi harus mengisi artikel apa di padepokan kita ini. Tapi saya cukup senang, karena walaupun jarang ada artikel baru, padepokan kita ini tetap stabil pengunjungnya dari hari ke hari. Mohon maaf juga bila pertanyaan-pertanyaan yang dilayangkan di pojok komentar jarang atau lama mendapatkan tanggapan dari saya.

Kalau dulu sebelum era smartphone, berbagai macam merek ponsel seakan berlomba di sisi dimensi ukuran ponsel. Setiap produk anyar yang keluar ukurannya selalu lebih kecil dari sebelumnya, namun dari sisi fitur menjadi lebih baik dan lengkap dari waktu ke waktu. Kebalikan dari jaman itu, sekarang masuk era smartphone, tiap produk baru yang keluar menjadi lebih besar, dan lebih tipis dari segi ukuran, namun dengan fitur dan fungsi yang lebih baik. Smartphone kini sulit dibedakan dengan komputer PC, karena fungsi-fungsi yang disediakan di PC kini juga bisa dilakukan di smartphone.

Oleh karena itu, smartphone pun kini mempunyai spesifikasi seperti PC, yaitu dia punya CPU sebagai alat pemrosesan utama, RAM, -dan yang cukup mengejutkan- yaitu adanya GPU sebagai pemroses tampilan grafis.

Pertanyaan dan keluhan yang muncul dari para pengguna smartphone yang sudah seperti PC ini sudah pasti sama, yaitu tidak jauh dari kecepatan buka-tutup aplikasi, berpindah antar aplikasi (multi tasking), dan kemampuan menampilkan grafis resolusi tinggi dan tampilan 3D dari GPU.

PC-Smartphone-Tablet. Akankah PC akan digantikan oleh si kecil itu? (Gambar: Google)

PC-Smartphone-Tablet. Akankah PC akan digantikan oleh si kecil itu? (Gambar: Google)

Pertanyaan klasik pun sudah pasti muncul:

“Apakah kisanak akan memilih smartphone dengan CPU yang lebih cepat, atau RAM yang lebih besar?”

Pertanyaan tersebut sudah pasti akan saya jawab bergantung dari kebutuhan penggunaan smartphone tersebut. Tapi karena smartphone secara umum belum dapat menggantikan secara keseluruhan fungsi sebuah PC, maka saya akan menjawab pilihlah smartphone dengan RAM yang lebih besar, karena CPU belum begitu vital untuk operasional sebuah smartphone.

Smartphone berbasis Android masa kini mempunyai RAM minimal 256Mb hingga 4Gb. Bila kisanak menginginkan sebuah smartphone Android yang lebih singkat waktu booting nya, lebih cepat dan lebih mulus berpindah antar aplikasi, pilihlah smartphone dengan RAM minimal 1Gb. RAM dibawah 1Gb sulit untuk diajak bermanuver cepat. Belum lagi bila kisanak banyak memasang aplikasi yang menggunakan RAM, smartphone Android kisanak pasti akan sering bertemu dengan hantu kehabisan RAM.

Sebagai contoh, berikut aplikasi yang terpasang di Asus Zenfone 5-RAM 2Gb yang sekarang saya gunakan:

Dengan RAM 2Gb, masih banyak sisa RAM untuk aktifitas lainnya.

Dengan RAM 2Gb, masih banyak sisa RAM untuk aktifitas lainnya.

Bagaimana dengan smartphone dengan RAM dibawah 1Gb? Praktis tidak banyak aplikasi yang kodratnya berjalan di latar belakang yang bisa diinstal. Apalagi smartphone dengan RAM 256Mb seperti Evercoss A12 saya dahulu, hanya bisa diinstal BBM saja. Lebih dari itu akan kambuh gejala lag dan macet-macet😀

Bagaimana mengakali sempitnya RAM? Ya kisanak tentu bisa me-root Android dan menginstal berbagai macam fungsi perbaikan, atau bisa juga dengan menggunakan Custom ROM yang lebih ringan. Tapi saya menyarankan lebih baik kisanak cari smartphone dengan RAM yang besar saja, karena pengalaman saya pribadi, kini saya tidak perlu me-root Asus Zenfone 5, karena secara umum kerjanya sudah baik di segala sisi. Bukankah rooting bertujuan melakukan perbaikan kinerja smartphone? Bila kerja smartphone sudah baik, masihkah kisanak perlu rooting?

Sampai berjumpa di edisi Go….!!!! BLOG selanjutnya ya. Pembahasan di artikel ini kayaknya bersambung😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: