Setting Lanjutan SoftPerfect Bandwidth Manager

Selamat malam kisanak,

Sekedar update cepat saja mengenai SoftPerfect Bandwidth Manager (SBM). Seperti yang telah kita ketahui bersama, SBM bersifat Trial 30 hari dengan fungsionalitas penuh. Setelah masa Trial berakhir, SBM mogok beroperasi hingga kisanak membeli software tersebut, atau mengubahnya menjadi mode Lite.

Bila tidak perlu sekali, atau jaringan di tempat kisanak berskala kecil, bolehlah dicoba versi Lite nya. Versi Lite hanya bisa membuat 5 rules, atau 5 streams. Silakan copy/paste kode aktifasi mode Lite nya dari sini ke menu Help-Enter License Key. Kebetulan di tempat saya yang berwujud warnet dan game online ada PC berjumlah 6 unit ditambah satu server/gateway, dengan game unggulan yaitu Cyberindo PointBlank.

Tanpa ba-bi-bu lagi, silakan disimak saja gambar dibawah ini untuk mengelola bandwidth sebanyak 6 PC (klik untuk perbesar)

new

Setting 6 PC dengan SBM versi Lite

Berikut penjelasan untuk rule yang saya praktekkan di padepokan saya:

  1. Rule Name PB: Disini saya menempatkan rule untuk game PointBlank di prioritas tertinggi. Kabar terbaru dari Garena, karena koneksi ke servernya bermasalah khusus untuk pelanggan Telkom Speedy dan Indihome, setelah saya intip lalu-lintas paketnya, saya temukan Garena kini menggunakan VPN dengan port 1194. Jadi untuk traffic ke port 1194 saya anugerahkan bandwidth unlimited.
  2. Rule Name Ignore LAN: Sesuai namanya, lalu-lintas data di LAN tidak dihiraukan oleh SBM.
  3. Rule Name Grup 1 dst.: Karena versi SBM LITE hanya mengijinkan 5 rules, makanya saya buat 6 PC dibagi menjadi 3 grup. Perhatikan entry Source saya masukkan dua IP PC secara berurutan.

Rule Name Grup 1 dan seterusnya ini agak istimewa, karena per 1 grup rule saya anugerahkan bandwidth sebesar 1.2 Mbps. Saya menggunakan koneksi Speedy sebesar 3 Mbps yang dibagi ke 6 PC.

Ditambah lagi adanya tambahan Penalty seperti gambar dibawah:

new2Enable long transfer penalty berkhasiat untuk menurunkan bandwidth bagi PC yang melakukan koneksi internet dengan transfer panjang. Pada rule saya, PC dengan transfer data panjang selama 10 detik akan dikenai hukuman pengurangan bandwidth sebesar 30% dari jatah bandwidth sebenarnya. Penalty ini berguna untuk menindak Youtuber yang sudah pasti menghabiskan bandwidth.

Enable large transfer penalty mujarab untuk menurunkan bandwidth bagi si penggemar download. Pada rule saya, bila ada yang men-download file diatas 4Mb akan dikenai hukuman pengurangan bandwidth sebesar 30% dari jatah bandwidth sebenarnya.

Sudah barang tentu, rules yang saya buat diatas silakan disesuaikan dengan kondisi jaringan kisanak. Sepanjang saya menggunakan rules ini, yang main PointBlank tetap aman tidak lag, Youtuber tetap ceria menyaksikan video-video kesayangannya, dan para penggemar download tetap bisa men-download, walaupun kecepatannya berkurang. Yang penting semua dapat jatah yang adil.

Jangan malu-malu untuk berkeluh kesah di pojok komentar, karena saya juga masih dalam tahap belajar.

Leave a Reply

