Headset Rusak? Perbaiki Sendiri Saja

Headset untuk PC-apalagi yang dipakai bersama seperti di Warnet sudah barang tentu cepat rusak.

Apalagi pemakainya rata-rata anak-anak kecil, umur headset rasanya hanya bertahan dua bulanan, setelah itu muncul gejala-gejala penyakit seperti mati sebelah, atau bahkan tidak ada suara di kedua speakernya. Untungnya ada Go….!!!!BLOG disini yang siap membantu para kisanak dalam memperbaiki headset demi atas nama penghematan, alias daripada beli yang baru.

Penyakit headset yang paling umum yaitu kabel yang seringkali putus di antara jalur colokan ke PC dan yang masuk ke speaker akibat dari sering tertarik, atau malah jatuh karena kesenggol. Metode pada artikel kali ini yaitu memotong kabel yang dicurigai putus, dan menyambungkan kembali kabel dengan speakernya. Sebagai contoh yaitu headset merek Keenion tipe KDS-688. Tapi rata-rata cara membuka headset merek lain juga sama dengan kelinci percobaan untuk artikel ini.

Peralatan yang dibutuhkan

  1. Solderan minimum 40W
  2. Timah
  3. Gunting
  4. Obeng plus kecil
  5. Obeng min kecil
  6. Pinset (bila ada)
  7. Mata yang jeli

Langkah Kerja

a. Buka casing headset pada sisi yang terhubung dengan kabel ke PC. Biasanya baut-bautnya berada di balik cover merek headset seperti contoh dibawah:

Jpeg

Congkel cover putih dengan obeng min, nanti kelihatan bautnya

Jpeg

Buka baut dengan obeng plus

b. Bila casing sudah terbuka, akan terlihat papan sirkuit (PCB) kecil tempat bersarangnya kontrol volume, jalur ke speaker sebelah, dan jalur masukan dari kabel PC.

Jpeg

Perhatikan kabel yang masuk dari PC ada 5 jalur, yaitu 3 jalur audio (GND, L, R) dan 2 jalur mikrofon (GND, MIC). Lepaskan jalur yang menempel ke PCB menggunakan solder, dan perhatikan warna kabelnya supaya tidak terbalik saat memasang kabel yang baru.

Jpeg

Tampilan PCB tanpa kabel PC

c. Sekarang fokus pada sisi kabel PC. Karena kita tidak tahu bagian mana kabel yang putus di jalan, umumnya yang sering putus yaitu kabel di pangkal yang masuk ke headset hingga jarak 5-10 cm dari headset. Caranya gampang saja, potong sekitar 10-15cm dari pangkal kabel dan kupas kabelnya sehingga tampak serabut dalamnya, dan lapisi dengan timah solder pada ujung serabut supaya mudah nantinya di solder ke PCB:

Jpeg

Jalur audio untuk merek Keenion: Warna tembaga untuk GND (Ground), Biru untuk channel R, Hijau untuk channel L

Jpeg

Penampakan ujung serabut yang sudah dilapisi solder

d. Solder kembali kabel ke PCB headset dengan rapih, dan buat semacam penahan supaya kabel dan solderan ke PCB tidak tertarik langsung, karena bila tidak dibuat penahan, solderan akan mudah putus karena tertarik kabel. Saran saya buat semacam ikatan simpul longgar pada kabel, sehingga solderan akan tertahan simpul. Silakan kisanak ber-eksperimen untuk material penahan ini.

Jpeg

Kabel sudah tersambung ke PCB

Jpeg

Contoh simpul penahan kabel pada gambar yang dilingkari merah

e. Silakan tes bunyi ke PC. Bila sudah berfungsi normal, selamat! Kisanak sudah berhasil memperbaiki headset kisanak.

Sampai jumpa pada artikel Go….!!!!BLOG lainnya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: