[Android] Cara Root Zenfone 4 Dengan PC

Rasanya sudah lama saya tidak melakukan rooting HH Android.

Seingat saya, HH (Handheld) terakhir yang saya root adalah Evercoss A12 pada 2014 lalu. Setelah itu HH Android yang saya gunakan notabene tidak begitu memerlukan rooting, ditambah sayanya juga males sih.

Lagipula coba kisanak pikir, dengan spesifikasi Android level menengah-atas sekarang ini apakah masih memerlukan root? Berbeda kasusnya pada jaman Android Jelly Bean kebawah yang masih berspesifikasi rendah, demi mendongkrak performanya rasanya rooting jadi menu wajib waktu itu.

Begitu juga yang saya rasakan pada HH Android yang saya gunakan sekarang ini, yaitu Asus Zenfone 4 dan Zenfone 5 dari buka bungkus baru sampai sekarang saya belum pernah colek-colek lebih dalam ke sistem, karena tanpa rooting pun pemakaian sehari-hari hampir tidak ada keluhan.

Sampai akhirnya saya menemui hal yang menjengkelkan di Zenfone 4 yang membuat saya harus melakukan rooting. Apakah yang bikin jengkel di Zenfone 4? Yaitu error insufficient storage saat akan menginstal aplikasi baru. Insufficient Storage menandakan space storage kurang untuk menyimpan aplikasi yang akan diinstal. Tapi yang bikin jengkel, sebenarnya storage internal masih ada space >500MB, dan storage external malah masih kosong >5GB. Disamping itu, aplikasi yang hendak saya instal pun hanya punya size <20 MB. Aneh kan?

Dengan rooting, permasalahan insufficient storage bakal hilang, karena aplikasi akan dipaksa pindah ke storage eksternal (Micro SD) menggunakan aplikasi Link2SD yang memang memerlukan privilege Root.

Baik langsung saja sediakan dulu beberapa hal untuk proses rooting Asus Zenfone 4:

  1. PC berbasis Windows. Saya menggunakan PC dengan Windows 7.
  2. Intel USB Driver for Android disini
  3. APK SuperSU dan Update Root Zenfone 4 (Root_V2_Zenfone 4_T001.rar) disini
  4. Kabel Data

Langkah Kerja

  1. Instal Intel USB Driver
  2. Ekstrak/Unzip file Root_V2_Zenfone 4_T001.rar
  3. hasil ekstrak copykan ke C:\Program Files\Intel Android Device USB driver
  4. Aktifkan USB Debugging di Zenfone 4 kisanak. Tap Settings-Developer Options-Centang USB Debugging. Bila Developer Options tidak muncul, silakan googling untuk cara memunculkannya.
  5. Matikan HH, nyalakan HH ke modus DroidBoot/FastBoot dengan cara menekan tombol Volume + dan Power bersamaan
  6. Hubungkan HH dengan PC
  7. Buka C:\Program Files\Intel Android Device USB driver di Windows Explorer, kemudian jalankan file Open.CMD (akan membuka command prompt)
  8. 37Ketik fastboot flash update root_zenfone4_v2.zip –>enter
  9. Tunggu hingga proses instalasi selesai yang akan tampak pada layar HH, dan HH akan reboot setelah instalasi selesai.
  10. Cek di HH apakah ada app SuperSU. Bila sudah ada, berarti Asus Zenfone 4 kisanak sudah ter-root.

photo_2016-10-26_22-22-05

Selanjutnya silakan manfaatkan privilege Root yang telah kisanak dapatkan pada Asus Zenfone 4.

Sampai jumpa pada artikel bermutu Go….!!!!BLOG lainnya.

 

One Response

Leave a Reply

