[Android] Memperbesar RAM dengan Swap Memory di Asus Zenfone 4

Makin hari, kebutuhan RAM di HH Android menyaingi kompatriotnya yaitu Desktop PC.

Rasanya mengikuti perkembangan Android bisa bikin orang tambah gila. Tengok RAM terpasang di smartphone Android yang sudah melebihi RAM di PC. PC saya saja RAM 2GB rasanya sudah cukup untuk keperluan sehari-hari dan game kelas menengah. Tapi coba tengok Android, rasanya RAM 1GB pun sudah keteteran untuk menjalankan >5 aplikasi.

Entah apa yang salah di Android, tapi bila kisanak jeli, berapapun RAM terpasang di Android kisanak, pada titik tertentu memory tersisa akan terus berkurang dan bahkan gejala lag akan muncul.

Disinilah peran swap memory muncul. Fungsi dasarnya yaitu menggunakan ruang kosong pada media penyimpanan untuk bertugas sebagai virtual memory. Sebagai contoh, bila ada proses yang tidak aktif pada RAM, proses tersebut akan dipindahkan ke virtual memory pada SD Card, dan selanjutnya RAM akan bisa digunakan untuk menangani proses yang aktif.

Fungsi swap memory diatas seolah-olah RAM yang terpasang menjadi lebih besar, karena ada bantuan dari virtual memory. Kira-kira begitu penjelasannya, kisanak.

Seperti swap memory yang saya pasang di Evercoss A12 kala itu, proses yang sama juga saya lakukan pada Asus Zenfone 4 dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Bahan-bahan yang diperlukan:

  1. Asus Zenfone 4 dengan stock ROM Android Kitkat ROOTED
  2. App BusyBox
  3. App Swapper
  4. Ruang kosong di SD Card sesuai selera. Catatan: Menggunakan SD Card sebagai swap memory akan mempersingkat umur SD Card karena pemakaian konstan. Gunakan SD Card yang bermutu tinggi, kalau bisa SD Card Class 10.

Langkah Kerja:

  1. Instal BusyBox
  2. Instal Swapper
  3. Buka Swapper, atur berapa ruang kosong di SD Card yang akan digunakan untuk virtual memory. Sebagai contoh, bila ingin menggunakan 1GB sebagai virtual memory, masukkan 1024 MB pada Swapper.

photo_2016-11-09_23-39-51

4. Biarkan Swappiness value pada posisi standarnya, centeng pilihan Enable SWAP to start Android

5. Klik CHANGE SWAP PATH, dan ubah path swap ke posisi root SD Card, lalu langkah terakhir klik CREATE SWAP. Tunggu beberapa saat sampai pembuatan file swap selesai.

6. Cek apakah file swap berhasil dibuat dengan file manager, lihat file swapper_swapfile pada root SD Card.

photo_2016-11-09_23-40-01

7. Dengan demikian, pembuatan swap memory telah selesai. Silakan dicoba pengaruhnya pada kinerja Android kisanak. Mudah-mudahan Android kisanak akan lebih gesit, segar bugar seger waras.

Sampai jumpa pada artikel Go….!!!!BLOG selanjutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: