Bulan Perfileman (yang kandas) nasional

Sebenarnya saya baru tahu kalau bulan Maret ini adalah Bulan Perfileman Nasional (BPN). Ada acara apa di BPN ini juga saya nggak tahu. Apakah hanya seremonial belaka ataukah ada aksi nyata di BPN ini.

Jadi teringat kembali terakhir saya menonton film bioskop indonesia adalah film Malam Jumat Kliwon

Mboseni

Sebelum filem yang diatas saya juga nonton filem Jelangkung dan adiknya jelangkung yaitu Tusuk Jelangkung..

Lagi-lagi mboseni…

Sejujurnya saya katakan…males nonton filem indonesia. Bukannya sok mbarat atau terkena wabah serba-westernisasi yang tanpa pikir panjang mengikuti apa yang dunia barat lakukan. Juga bukan sok nyeni dan hanya nonton filem-filem yang nyeni thok

Filem pertama di era booming perfileman indonesia yang saya tonton ya Tusuk Jelangkung itu. Dari awal saya sudah skeptis mengenai filem ini. Dari antriannya saja sudah mengular bak ular (ya iya laah…) dan kebanyakan yang antusias hendak menonton filem ini adalah muda-mudi yang rela mengantri sejak siang hari. Padahal filem-nya baru akan dimulai tiga hingga empat jam lagi., atau sore hari. Wuih ruame !

Kalau nggak diajak sama pacar (yang sekarang menjadi istri saya 😀 ) saya nggak mau deh ikut ngantri begitu. Tapi karena setiap nonton filem saya terus yang milih filemnya akhirnya saya berikan simbak kesempatan nonton filem indonesia.

Berikut sinopsis (atau apa ya namanya…ringkasan cerita) dari filem Tusuk Jelangkung :

1. Sekelompok pemuda-pemudi yang ganteng dan cantik secara tak sengaja nyasar atau mengganggu (secara sengaja atau nggak) hantu di tempat yang menyeramkan.

2. Hantunya marah dan balik mengganggu pemuda-pemudi tersebut

3. Terjadi kejar kejar-an sepanjang cerita diwarnai dengan efek suara dan gambar yang me(mbosankan)ngejutkan !

4. Ada yang mati !

5. Selesai

Naah…di lain kesempatan kembali saya dipaksa nonton filem indonesia lagi dengan judul Malam Jumat Kliwon (MJK). Berikut Sinopsisnya :

SAMA DENGAN SINOPSIS FILEM TUSUK JELANGKUNG

Karena bosan sudah dua judul filem indon yang saya tonton dengan jalan cerita yang sama. Akhirnya saya buat kesepakatan dengan simbak kalau tiap nonton bioskop saya yang tentukan mau nonton apa. Soalnya filem pilihan saya selalu bermutu dan nggak merasa rugi nontonnya..hehehe…

Tapi tetap saja simbak maksa nonton filem Pocong 2. Katanya filem ini lain deh dari yang lain…beda dari filem yang ditonton dulu-dulu itu.

Sinopsisnya sebagai berikut :

MASIH TETAP SAMA SEPERTI SINOPSIS FILEM YANG SEBELUMNYA…

Ah ! akhirnya saya buat perjanjian yang ketat menyoal nonton filem bioskop dengan simbak ! pemilihan filem tetap saya yang berkuasa. Kalau simbak nggak mau nonton filem pilihan saya, lebih baik nggak nonton !

Kenapa sih saya males banget nonton filem indon ?

Begini nih… :

1. Pemerannya selalu yang ganteng atau cantik dengan baju ngetat plus menor. nggak ada yang jelek atau sederhana. Kalau ada pun sebatas figuran atau kelihatan banget dandanan yang dibuat-buat.

2. Cerita gampang ditebak…dari 5 menit awal sudah ketahuan deh akhir ceritanya.

3. Mirip kayak nonton video (musik) klip. Apa karena sutradaranya ada yang berasal dari sutradara video klip, ya ?

4. Kejutannya tidak mengejutkan…awalnya sih kaget..tapi karena sepanjang durasi filem di kejutkan dengan kejutan yang begitu-begitu saja lama lama jadi mboseni…

Tapi anehnya setiap filem indon yang muncul selalu banyak yang tonton. Entah karena gengsinya nonton filem indon atau memang dipaksa nonton sama pacarnya (kayak saya…)

Tema yang diangkat pun itu-itu saja. kalau nggak hantu, ya percintaan. atau percintaan dengan hantu (?)

Durasinya pun singkat. Paling lama 90 menit. jadi rugi rasanya. Baru duduk sudah selesai. sama sekali nggak berkesan di hati….

Kesimpulan :

Dari yang saya tangkap, Di setiap filem barat (holywood) selalu ada pesan moralnya. mau itu filem ada adegan mesumnya atau banyak aksi ledak-ledakan tapi terselip sebuah pesan yang baik ( ada juga pesan yang tidak baiknya ). Apakah pesan tentang keadilan, cinta atau yang lainnya. Dan juga jalinan cerita yang cukup membuat penontonnya berpikir. Tidak jarang pula akhir kisah yang berbeda dengan yang kita tebak.

Sudah nonton The Matrix ?

ini baru filem

Setelah nonton filem ini sampai berhari-hari saya mikir tentang jalan ceritanya. Koq bisa ada mesin menguasai manusia. Lha koq bisa sebenarnya manusia dibawa ke alam mimpi secara permanen padahal tubuhnya dipakai sebagai generator listrik untuk menghidupi robot-robot yang telah menguasai bumi.

Terlepas dari semua hal diatas. Saya berani bilang perfileman Indonesia tidak beranjak dari tidurnya. masih tetap sama seperti filem-filem 80-an. Ada hantu ada cinta tapi miskin efek gambar dan suara. Ceritanya pun hambar.

Ada juga filem Indonesia yang bagus. Tapi kadang saking bagusnya sehingga terlalu nyeni dengan teknik fotografi dan suara yang mengkilap. Tapi jalan ceritanya itu…rumiiiiiit !

Sampai kapan trend antrian filem indonesia di bioskop akan berakhir ? saya pikir tidak akan berakhir karena selalu ada generasi baru penonton film indonesia. Mungkin generasi lama (seperti saya dan anda yang sudah SMU keatas) akan bosan dengan filem indonesia. Tapi generasi ABG SMP ‘kan belum tahu apa-apa…lagipula bisa dianggap baru nonton filem-filem di bioskop.

Sampeyan masih mau nonton filem indonesia ? kalau saya nggak dulu deh…..

Kehamilan…Sebuah Karunia atau Hasil Usaha Sendiri…?

Waw…Artikel kali ini betul-betul menggelitik untuk dibahas, ya ?

Saya sih bukan bermaksud menggurui, lho. Karena saya sendiri masih bau kencur untuk memberi pelajaran-pelajaran tentang hal macam ini. Artikel ini lebih saya maksudkan sebagai sarana sharing (lagi-lagi pake bahasa sunda..) dan sedikit “melihat kedalam” diri kita, apakah kita PANTAS untuk dikaruniai seorang anak, ataukah kehamilan istri-istri kita lebih karena hasil “usaha” berdua yang tak pantang lelah siang dan malam ? (memangnya kuat, ya..siang dan malam “bertempur” ?)

Baru satu bulan menikah istri saya positif hamil. Tentu saja ini berita menggembirakan bagi kami berdua. Lha wong saya nggak nyangka kalau saya se-begitu-jantannya. huehuehue… 😀

Tapi kalau mendengar cerita-cerita dari teman-teman saya ada juga yang sudah menikah lebih dari empat tahun masih belum juga dikaruniai momongan. Sudah berobat sana sini, alternatif, dokter, rumah sakit, bahkan ada juga yang meng-adopsi anak supaya “terpancing” hamil, belum ada yang membuahkan hasil. Malah saya mau menyampaikan kabar gembira saya ini agak segan, takut teman-teman saya yang belum “beranak” tersinggung dan malu atau gimana gitu.

Pada awalnya saya agak skeptis tentang bisa tidaknya saya menghamili istri saya. Malam pertama saja saya repot nggak bisa “menyelesaikan” pertempuran gara-gara gelap nggak pakai lampu dan susah meng-insert-kan file system saya ke server…Proses Upload pun selalu gagal di tengah jalan. Habis terlalu cepet “keluar” nih ! Saya takut punya penyakit itu lho, apa itu namanya….. Edukasi Dini ?

Pas kata bu dokter istri saya hamil pun saya setengah percaya. Koq bisa sih aku, ya ?! pernah sih pada satu malam file system saya itu berhasil ter-upload sempurna ! Ya itu-itunya itu yang berhasil ! (??)

Anyway sekarang kehamilan istri saya sudah hampir 6 bulan !

Cobalah anda cari literatur-literatur tentang kehamilan dan proses pembuahan. Contohnya di

HowStuffWorks – http://health.howstuffworks.com/pregnancy.htm/

Disitu dijelaskan secara utuh proses-proses kehamilan mulai dari pembuahan hingga kehamilan terjadi.

  • Kehamilan ditinjau dari segi teknis

Dari segi teknis kehamilan dimulai dari perjalanan sperma menuju sel telur yang sedang berada pada masa subur seorang wanita. Coba link dibawah ini untuk men-download buku gratis berisi detail-detail kehamilan.

http://www.freepregnancybook.com/FreePregnancyBook.zip

Nah, dari sumber-sumber yang saya baca tersebut sebenarnya proses “mbikin anak” itu quite simple, lho ! Dengan catatan baik suami maupun istri sama-sama sehat dan dalam keadaan bisa “membuahi” dan “dibuahi”.

Coba sekarang anda bertanya sama diri anda sendiri….bercinta dengan istri apakah pas waktunya ?

Masa subur seorang wanita (kata artikel di alamat diatas) adalah dua minggu setelah masa haid wanita selesai. Jadi misalkan istri anda selesai haid tanggal 1 Februari 2008, berarti puncak kesuburan istri anda adalah kira-kira diantara tanggal 12 sampai 16 Februari 2008, sebelum dan sesudahnya bisa dibilang mempunyai potensi keberhasilan pembuahan yang rendah, sesuai dengan rumus naegele yang terkenal itu untuk menghitung usia kehamilan, yaitu :

(hari pertama haid terakhir+7), (bulan–3), (tahun+1)

Jadi sekarang coba “menyuntik” istri anda sesuai dengan perhitungan diatas, jadi jangan istri anda baru beres “dapet” sudah jos..plass !! Artinya TIMING IS ESSENTIAL !!

Selain itu masih berkaitan dengan Timing cobalah mengeluarkan si spermie (awas jangan keseleo dengan merek mi instan) saat anda berdua berada di….yes….Puncak Kenikmatan ! huehuehuhue….

Kenapa harus pas timing-nya ? soalnya (lagi-lagi kata HowStuffWorks) pas si spermie di “tembakkan.” Dinding Va-g-Na juga harus keluar cairan yang licin-licin itu supaya memudahkan si spermie “berenang” menuju sel telur. Wah ! saya sok tahu banget, ya !?

Kalau yang lain-lainnya sih standar-standar saja…jangan pas lagi stress, lagi capek, lagi ngantuk, apalagi pas lagi mikirin angsuran motor yang telat dua bulan…Wah pasti nggak Jos Plass, mas !!!!

  • Kehamilan ditinjau dari segi non-teknis

Coba anda tanyakan pada diri anda sendiri beberapa pertanyaan berikut ini :

Sudah siapkah anda menjadi Bapak ?, sudah siapkah anda menjadi Emak ? sudah siapkah anda menjalani rutinitas merawat si jabang bayi ?

Seberapa kuatkah keinginan anda untuk memiliki seorang anak ?

Saat anda melihat seorang bayi atau balita dihadapan anda, inginkah anda mengajaknya ngobrol, inginkah anda mengajaknya bercanda ? Seberapa baiknya anda dapat merebut perhatian-dan juga hati seorang anak kecil ?

Bagi para wanita – Siapkah anda mengesampingkan semua karir anda demi menyusui secara EKSKLUSIF si jabang bayi ?

Jika semua jawabannya adalah : YA, SAYA SIAP !

Berarti insya 4JJI anda akan dikaruniai anak….

Masalah momongan memang bukan melulu masalah teknis. Ada faktor lain yang menjadi-semacam penghambat- kehadiran si beibi di rumah anda.

Saya beri contoh ada kawan saya (yang perempuan) menikah lebih dulu daripada saya. Suaminya punya kerjaan sebagai teknisi/Maintenance listrik gedung. Kadang-kadang suka mabok miras, dan temperamental. Kawan saya ini suka cerita kalau di ranjang suaminya hot abis ! kuat sampe subuh !!! tapi suka memarahi istrinya.

Nah, saya bertanya pada siapa saja pembaca artikel ini. Apakah tipe keluarga diatas akan dikaruniai anak ? jawabannya bisa YA dan bisa TIDAK, tergantung seberapa kuatnya keinginan mereka sesuai dengan pertanyaan di awal paragraf diatas.

Coba andaikan anda pemilik sebuah barang yang sangat berharga . Anda ingin memberikan barang tersebut pada seseorang. Tapi anda lihat orang tersebut meragukan dan anda menjadi tidak yakin karenanya. Apakah anda ingin memberikan barang tersebut untuk orang itu ?

Sama juga dengan urusan beibi. Anda harus meyakinkan Yang Maha Kuasa dulu, baru anda diberi !

Seorang anak juga bisa menjadi cobaan disamping karunia. Bisa juga anda tidak menginginkan anak, tapi sebentar-sebentar hamil ! walaupun sudah pakai program KB tetap saja hamil ! Ada juga yang seperti ini. Marilah kita lihat sisi positifnya, berarti anda dipercaya untuk mengurus seorang manusia !

Sebagai bahan perenungan marilah kita tengok gambar yang bagus dibawah ini hasil googling dan mampir di alamat http://flexiland.telkomflexi.com/blog/index.php?userId=MTk3NzQ=&y=2006&m=09

Donita Chantique

MAAF SALAH GAMBAR……..Maksud saya yang dibawah ini :

Bayi andakah ini ?

Terima kasih buat link diatas dan si pemilik gambar (entah siapa). Mohon maaf kalau tidak minta ijin dulu langsung masang gambar punya sampeyan disini 🙂 Saya yakin anda tahu maksud gambar diatas….

Sampai disini dulu deh perjumpaan kita. Lain waktu kita akan berjumpa kembali dengan artikel-artikel yang tidak kalah menariknya dari Simbah…

  • Simbah mau punya anak berapa ?

3 (tiga) aja ah…

Jangan Dalem-dalem Mas…

Ahh…Simbah mau cerita waktu kawinan, nih.

Kawinan saya tuh tanggal 11 Agustus 2007.  Saya mempersunting seorang dara cantiq bernama R.A. Indah Nurhayati asli wong Jakarta.

Singkat kata setelah penjajakan 4 tahun, akhirnya saya memberanikan diri menikahi beliau.

Kenapa baru sekarang posting di Blog ? Lha wong saya baru bisa nge-Blog sekarang-sekarang ini thomas.. 😀

Monggo bagi yang berkenan silaken dilihat poto-poto saya dan simbok..

Raja dan Ratu Negri Sembriwing

Poto simbah kayak wong gedean yah….

Raja Negri Sembriwing

Kapan film-nya dimulai, dik..?

Yang dibawah ini adalah Pak De saya bertindak sebagai Saksi. Terima kasih banyak atas kesediaannya datang jauh-jauh dari Surabaya Pak De 🙂 It means so much for us….

Great Man

Alhamdulillah..Ternyata saya langsung diberi kepercayaan oleh Yang Maha Kuasa untuk mengurus bocah. Setelah sebulan menikah simbok langsung hamil. Tentu saja ini kebahagiaan yang luar biasa bagi saya. Pastinya bagi anda juga.

Bagi anda yang belum dikaruniai momongan, mungkin setelah sekian lama menikah belum juga dikaruniai, saya cuma bisa sarankan jangan putus asa. Berusahalah terus. Bangun suasana harmonis dan penuh cinta kasih agar tercipta apa yang anda inginkan.  Ngomong-ngomong tentang masalah momongan ini akan saya buatkan satu artikel khusus di Blog ini.

Pesan saya bagi yang belum menikah dan masih pacaran : SEGERALAH KAWIN, MAS !

Setelah saya menikah saya merasa ada penyesalan begitu lho. Penyesalannya karena kenapa nggak dari dulu saya menikah !

Bukan karena uenak-nya bisa mbikin film sendiri, tapi lebih karena setelah menikah saya melihat ke belakang ternyata pacaran itu capek juga, ya ?

Coba deh sampeyan sendiri juga pasti ngerasani (merasakan-red) bagi yang masih pacaran. Malem minggu harus ngapel, malam liburan kudu ngapel, bentar-bentar makan, minum, nonton, jalan-jalan.  Habis duwit habis bensin habis kesabaran dan habis-habisan lainnya.

Pulang kuliah si doski minta jemput, sakit minta dianterin ke dokter, sampeyan pulang malem-pulang malem nggak habis-habisnya .Mau nggak mau kan harus begitu, ya toh ? nanti kalo nggak perhatian dibilang cowok dinginlah, nggak romantis (rokok makan gratis) lah, dan lah-lah yang lainnya masih panjang berjejer. Belum lagi faktor persaingan karena cewek sampeyan muanis bhanget dan jadi idola se-kelurahan.

Coba kalo sudah kawin duit jadi jelas perginya kemana. Buat istri buat anak buat keluarga. Nggak usah malem mingguan lagi kan ? lha wong istri sudah ada di rumah, kok !

Sekarang saya ngerti kenapa laki-laki kalo sudah menikah kelihatan agak gemuk alias bertambah berat badan…Karena mereka jadi makan teratur, istirahat teratur, ada yang merhatiin, kalo laper dimakanin, haus diminumin, ngantuk di….tidurin…huehuehue…. :-))

Doain saya dan simbok ya biar anakku lahir selamat dan ibunya juga selamat. makasi…

  • Lho, hubungannya dengan judul artikel ini apa, mbah ?

Nggak ada tuh…

TVSN. Stasiun teve baru dari MNC

text2164.png

Teringat obrolan saya dan teman beberapa waktu yang lalu.

Waktu itu saya bilang “enak kali, ya tinggal di Amerika. Banyak peluang yang bisa diambil….. .” Tapi teman saya itu malah bilang begini, “enak apane” (maksudnya-enak apaan !-dalam bahasa jawa) “Lha kamu kalau disini baru punya keahlian sedikit sudah bisa hidup dan dihargai orang, coba kamu di Amerika sana, punya keahlian sedikit mati kamu jadi gelandangan…”

Ada betulnya juga, ya. kalau disini-misalnya punya keahlian mbenerin sepatu-nah pasti bisa menjalani usaha sol sepatu keliling. Kalau bisa bawa kendaraan pasti bisa usaha jadi supir angkot atau ojek, dan masih banyak contoh lainnya. Coba kalau di negaranya Paman Sam sana, atau di Inggris misalnya.

Kata koran (soalnya saya sendiri belum pernah ke Inggris) mengganti lampu bohlam saja harus menggunakan jasa teknisi listrik yang qualified yang akan menghabiskan dana kurang lebih Rp. 1.500.000. kalau coba-coba ganti bohlam sendiri bisa kena pasal pelanggaran dan akan ditindak secara hukum-cmiiw. Itu tentu saja sesuai dengan standar hidup sono, ya :-p

Lha apa hubungannya dengan TVSN yang akan kami luncurkan ini ?

Ya itulah, baru punya keahlian sedikit, tambal sana sini, tambahkan ini itu-akhirnya jadilah Stasiun TV Kebanggaan Bersama Milik Bangsa ini dengan saya sendiri sebagai CEO-nya.

Saya pribadi nggak peduli tuh dengan moral, pendidikan dan tetek bengek tayangan yang bermutu dalam siaran saya nantinya. Yang penting banyak yang mau masang iklan di stasiun saya.

Apa sih siaran dari TVSN ini :

Beberapa tayangan unggulan diantaranya :

1. SINETRON.

20 jam sehari akan ditayangkan sinetron-sinetron mimpi yang hanya menghibur dan tidak mendidik. Tayangan Sinetron yang hanya menceritakan kehidupan orang-orang kaya dengan mobil-mobil mewahnya. Kalaupun ada peran orang miskin, itu hanya pelengkap saja, tapi tetap saja pemerannya cantik-cantik dan ganteng-ganteng. pakaiannya juga minim dan ketat. sesuai dengan keinginan anda.

Akan banyak juga judul-judul sinetron yang berisikan tahayul dan mitos. Naga dan kuda terbang akan menghiasi layar kaca anda. Cerita-cerita legenda yang dibungkus dengan setting masa kini yang pasti anda suka,

Sinetron yang anda suka tidak ingin berakhir ? gampang…akan kami perpanjang selamanya sampai anda bosan atau pengiklan tidak berminat lagi. Lagipula di Indonesia ini lembaga-lembaga yang me-rating tayangan kurang independen (Provokatif sekalee…tapi dangkal)

2. INFOTAINMENT FULL GOSIP NYATA ATAU TIDAK NYATA

Yang ini pasti anda suka. Artis cantik dan ganteng akan kami ikuti kegiatannya dan buat gosipnya. Sampai ada artis yang masak telur ceplok gosong pun akan kami liput. semuanya demi kepuasan penonton kami. yaitu anda, kan ?

3. MUSIK BERKUALITAS DALAM DAN LUAR NEGERI

Saksikan penampilan dari penyanyi dalam dan luar negeri, penyanyi solo, duet, trio, kuartet, atau grup band dari berbagai jenis musik dan gaya. Semua goyangan ada disini ! Mau goyang ngebor-ngecor-gergaji-ikan hiu-telor ayam semuanya ada.

4. BERITA YANG ( kurang ) AKURAT DAN TERPERCAYA

Motto siaran berita kami : Semua Berita Itu Penting.

Buat apa berita yang akurat dan benar ? Hanya menambah penderitaan saja. Lebih baik menonton berita yang menyenangkan. Berita tempat-tempat dugem dan aktivitasnya, berita tentang restoran elit dimana saja dan masih banyak yang lainnya.

5. SPORTS

TVSN tidak menayangkan acara olahraga karena membuat penonton sehat.

TVSN akan mulai tayang 30 Februari 2008 di channel 43 UHF. Stasiun lain yang menempati channel ini akan di “overwrite”.

TVSN adalah bagian dari MNC (Monggo Nonton Cak !) Group.

Salam Hangat,

Mbah Ekos.

CEO TVSN

There’s no resemblance between this TVSN and the real TVSN Network.

Maksudnya tidak ada kemiripan dengan stasiun yang bernama sama atau kesengajaan memojokan siapa-siapa lho.

What the H**l is Nge-Blog !

Saya Sendiri

Orang lain mungkin sudah berabad yang lalu nge-blog. Tapi saya baru saja memulainya. Sebelumnya saya malah bingung sesuai dengan judul diatas. Nge-blog tuh ngapain sih ?! Masa nggak ada kerjaan yang lain apa, tulas tulis di internet.

Eh ternyata sekarang saya punya tujuan nge-blog. Yaitu bisa nulis ngalor ngidul (kesana kemari-red) tanpa ada yang marahin …. 😀

Kalau ada yang cemberut gara-gara tulisan-tulisan saya yang ada disini, mbok ya pardon-in ya..(maafkan maksudnya..)