10 Program Windows yang Bermanfaat dan Free!

 

Selamat pagi buat anda semuanya😀

Buat para pecinta Windows pasti selalu ada rutinitas menggunakan software untuk kegiatan sehari-hari. Entah itu mengetik, mengedit gambar, mendengarkan musik dan masih banyak yang lainnya.

Tapi bencana bisa datang kapan saja…MIsalnya komputer terkena virus, harddisk tiba-tiba rusak atau kerusakan lain yang kita nggak tau kapan datangnya. Bila saat itu datang maka kita harus siap-siap menginstal ulang Windows kita. Nah, berikut ini saya sarikan software apa saja yang bermanfaat dan gratis (atau equivalen open sourcenya) yang bisa digunakan setelah instalasi kembali Windows. 

1. Aida32 :

Setelah Windows selesai diinstal maka pastinya kita harus mencari driver yang sesuai untuk sistem kita. Syukur-syukur CD-CD driver pendukung anda masih tersimpan rapi di lemari. Tapi bagaimana jika kita sama sekali tidak tahu driver atau hardware apa yang digunakan di komputer kita?

Ada dua cara untuk mengetahui driver yang cocok untuk komputer kita; 1. Melihat langsung ke hardware yang kita gunakan. Catat chip utama hardwarenya lalu cari di internet, 2. Menggunakan software identifikasi hardware. 

Cara ke dua inilah yang akan kita gunakan. Nama softwarenya adalah Aida32.

 

Aida32

Aida32

Penggunaannya pun cukup mudah. Anda tinggal klik kategori di sebelah kiri, maka nama hardware, nama produsen dan lokasi download driver akan muncul di jendela sebelah kanan.

 

2. AVG Anti Virus :

Oke-oke untuk urusan pemilihan anti virus ini saya serahkan pada anda saja. Tapi saya merekomendasikan menggunakan AVG Anti Virus 8.0. Keuntungannya selain free dia juga tidak terlalu memakan banyak resource komputer dan cukup ampuh menangkis serangan-serangan virus.

 

AVG

AVG

 

3. IZArc :

Untuk urusan kompresi jangan serahkan pada utiliti internal Windows XP! urusannya akan jadi lambat. Pakai IZArc untuk menangani format kompresi file yang populer dan yang tidak begitu populer (.zip, .rar, .tar.gz dan lainnya)

 

IZArc

IZArc

 

4. Foxit PDF Reader :

Untuk urusan membaca file format PDF serahkan pada Foxit PDF Reader. Selain free dia juga cepat dalam loading dirinya sendiri dan tidak memakan banyak resource komputer. Tidak seperti pesaingnya yang komersil Adobe Acrobat Reader (Bleh!)

 

Foxit PDF Reader

Foxit PDF Reader

 

5. OpenOffice.Org dan AbiWord :

Software satu ini pasti akan sering anda gunakan. Yap ini adalah software Office yang Open Source. Dengan fitur yang lengkap OpenOffice.Org nggak kalah koq dengan Microsoft Office! Yah paling hanya menyesuaikan sedikit dalam penggunaannya. Oh ya satu lagi untuk pengganti Microsoft Word selain dengan OpenOffice.Org Writer bisa juga menggunakan AbiWord yang super kompak dan gesit! Anda harus coba deh!

 

OpenOffice.Org

OpenOffice.Org

6. XnView :

Image viewer pasti berguna buat anda. Nah ini ada software yang bernama XnView. Selain cepat, kompak, gesit, dia juga bisa mengakses scanner atau kamera digital anda dengan driver TWAIN. Dengan XnView anda juga bisa mengedit gambar secara sederhana

 

XnView

XnView

 

7. The GIMP :

ini dia software image editing yang powerful yang dapat disejajarkan dengan Adobe Photoshop. Penggunaannya sih beda-beda tipis. Saya sendiri juga sempat bingung memakainya karena terbiasa dengan Photoshop. Tapi coba dulu deh..😀 Keuntungannya dia tidak seberat Adobe Photoshop dalam loading maupun dalam image processing.

 8. Inkscape :

Kalau Software The GIMP bisa disejajarkan dengan Adobe Photoshop, maka Inscape bisa disejajarkan dengan Corel Draw

9. CCleaner :

Utiliti kecil ini berguna untuk membersihkan harddisk dari file-file sampah yang tak berguna. Mirip dengan utiliti Disk Cleanup di Windows.

 

CCleaner

CCleaner

 

10. ProceXP :

ProceXP adalah utiliti pengganti Task Manager, namun dengan fitur yang lebih canggih. Kini sysinternals (Produsen pembuat ProceXP) berada dibawah naungan Microsoft Corp. 

 

 

 

 

Sysinternals ProceXP

Sysinternals ProceXP

 

Nah itulah 10 program Windows yang bermanfaat dan free atau open source. Dengan kesepuluh program ini maka komputer anda sudah bisa mengerjakan berbagai macam tugas. Masih ada banyak program yang gratis dan berkinerja baik di luar sana.  Oleh karena itu berterima kasihlah pada para software developer yang rela tidak dibayar untuk program-program bagus ini.  Lalu pertanyaannya adalah, jika tidak dibayar lalu darimana mereka dapat uang? Mereka mendapatkan penghasilan dari donasi para pengguna program buatannya atau iklan yang ditempatkan di programnya. Jadi, apakah anda mau mendonasikan sedikit uang anda untuk mereka?

5 Responses

  1. thanks atas infonya

  2. Kembali ^^ Smoga Bermanfaat

  3. Mantab

  4. […] Lihat entri terdahulu di blog ini yang berkaitan dengan cek entri startup, dan gunakan Procexp sebagai pengganti Task Manager bawaan Windows, karena Procexp lebih lengkap melihat proses yang […]

  5. […] Lihat entri terdahulu di blog ini yang berkaitan dengan cek entri startup, dan gunakan Procexp sebagai pengganti Task Manager bawaan Windows, karena Procexp lebih lengkap melihat proses yang […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: